Loading...

Pengertian Alat Pemuas Kebutuhan Manusia dan Contoh: Menurut Hubungan dan Kualitasnya

Loading...
Setelah kamu pelajari 8 faktor yang mempengaruhi kebutuhan dan macam macamkebutuhan maka pembelajaran kali ini akan membahasalat pemuas kebutuhan menurut kualitas , alat pemuas kebutuhan manusia menurut hubungan dengan barang lain,  pengertian alat pemuas kebutuhan, contoh alat pemuas kebutuhan, jenis jenis alat pemuas kebutuhan, pemuas kebutuhan manusia, pengertian dan contoh alat pemuas kebutuhan manusia dan  kebutuhan manusia.

Kebutuhan Manusia



Macam Barang Menurut Hubungannya dengan Barang Lain

Pengertian Aalat Pemuas Kebutuhan Manusia dan Contoh: Menurut Hubungan dan Kualitasnya


Macam barang menurut hubungannya dengan barang lain terdiri atas barang substitusi dan barang komplementer.

1) Barang Substitusi

Barang substitusi adalah barang yang dapat berperan sebagai pengganti barang lain. Contoh: jagung dapat menggantikan beras, bemo dapat menggantikan bus, margarin dapat menggantikan mentega.

2) Barang Komplementer

Barang komplementer adalah barang yang berperan melengkapi barang lain. Contoh: minyak tanah dan sumbu melengkapi kompor, bensin melengkapi kendaraan, tinta melengkapi bolpoin.

Macam Barang Menurut Kualitas

Macam barang menurut kualitas terdiri atas barang superior, barang inferior, dan barang pertengahan.

1) Barang Superior

Barang superior adalah barang yang memiliki kualitas tinggi sehingga mampu memberikan prestise (martabat) tersendiri bagi pemakainya. Umumnya barang superior dikonsumsi oleh orang berpenghasilan tinggi. Contoh: mobil mewah dan pakaian mewah.

2) Barang Inferior

Barang inferior adalah barang yang memiliki kualitas rendah. Umumnya barang inferior dikonsumsi oleh orang berpenghasilan rendah.

Contoh: barang-barang bekas, barang-barang seperti sepatu, tas dan baju yang berkualitas rendah yang dijual dengan harga murah.

3) Barang Pertengahan

Barang pertengahan adalah barang yang memiliki kualitas sedang. Umumnya barang pertengahan dikonsumsi oleh orang berpenghasilan menengah.

Contoh: beras, sepatu, tas dan baju yang berkualitas menengah yang dijual dengan harga sedang (tidak murah, tidak mahal).

Macam Barang Menurut Jaminan

Macam barang menurut jaminan terdiri atas barang bergerak dan barang tidak bergerak.

1) Barang Bergerak

Barang bergerak adalah barang yang digunakan sebagai jaminan untuk memperoleh pinjaman atau kredit jangka pendek.

Contoh: televisi, perhiasan, motor, kulkas, dan radio. Barang tersebut disebut bergerak karena dapat dipindah-pindahkan dengan mudah.

2) Barang Tidak Bergerak

Barang tidak bergerak adalah barang yang digunakan sebagai jaminan untuk memperoleh pinjaman atau kredit jangka panjang.

Contoh: tanah dan rumah. Barang tersebut disebut tidak bergerak karena umumnya bendabenda tersebut tidak dapat dipindahkan dengan mudah.

Dan, secara umum barang tidak bergerak bernilai lebih mahal dibanding barang bergerak sehingga bisa digunakan sebagai jaminan untuk memperoleh pinjaman jangka panjang yang jumlahnya besar

 Untuk mengetahui jenis-jenis kebutuhan bisa klik di sini

Loading...
Loading...

0 Response to "Pengertian Alat Pemuas Kebutuhan Manusia dan Contoh: Menurut Hubungan dan Kualitasnya"

Post a Comment