Loading...

Pengertian Alat Pemuas kebutuhan Manusia dan Contoh

Loading...
Setelah kamu pelajari 8 faktor yang mempengaruhi kebutuhan dan macam macamkebutuhan maka pembelajaran kali ini akan membahasalat pemuas kebutuhan, alat pemuas kebutuhan manusia,  pengertian alat pemuas kebutuhan, contoh alat pemuas kebutuhan, jenis jenis alat pemuas kebutuhan, pemuas kebutuhan manusia, pengertian dan contoh alat pemuas kebutuhan manusia dan  kebutuhan manusia.



Alat Pemuas Kebutuhan

Pengertian Alat Pemuas kebutuhan Manusia dan Contoh

Bermacam-macam kebutuhan seperti yang telah diuraikan di atas harus dipuaskan atau dipenuhi agar manusia dapat mempertahankan hidup dan memperoleh kesejahteraan serta kenyamanan.

Dengan apa manusia dapat memuaskan atau memenuhi kebutuhannya? Yaitu dengan barang dan jasa. Barang adalah alat pemuas kebutuhan yang berwujud.

Adapun jasa adalah alat pemuas kebutuhan yang tidak berwujud. Contoh barang, yaitu makanan, rumah, buku, pakaian, mobil, dan jembatan.

Contoh jasa, yaitu nasihat ulama, nasihat pengacara, penjelasan guru, petunjuk dokter, hiburan, jasa tukang pijat, dan jasa kuli angkut.

Berikut ini akan diuraikan macam-macam barang berdasarkan cara memperoleh, tujuan penggunaan, proses produksi, kualitas, hubungan dengan benda lain, dan jaminan.

Macam Barang Menurut Cara Memperolehnya

Macam barang menurut cara memperolehnya terdiri atas barang ekonomi dan barang bebas.

1) Barang Ekonomi

Barang ekonomi adalah barang yang untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan. Contoh: untuk memperoleh beras, pakaian, dan perabot rumah tangga umumnya orang harus membelinya dengan menggunakan uang.

2) Barang Bebas

Barang bebas adalah barang yang untuk memperolehnya tidak diperlukan pengorbanan. Contoh: sinar matahari dan udara kita peroleh setiap hari tanpa memerlukan pengorbanan.

Macam Barang Menurut Tujuan Penggunaan

Macam barang menurut tujuan penggunaan terdiri atas barang konsumsi dan barang produksi.

1) Barang Konsumsi

Barang konsumsi adalah barang yang digunakan dengan tujuan untuk langsung memenuhi kebutuhan manusia. Barang konsumsi disebut juga barang siap pakai. Contoh: tas, makanan, dan lain-lain.

2) Barang Produksi

Barang produksi adalah barang yang digunakan dengan tujuan untuk menghasilkan barang lain, bukan untuk langsung memenuhi kebutuhan manusia.

Contoh: mesin dan bahan-bahan mentah, seperti tepung gandum. Tepung gandum di pabrik roti merupakan barang produksi karena digunakan untuk membuat roti.

Adapun setelah berbentuk roti maka roti sudah merupakan barang konsumsi yang langsung bisa dikonsumsi manusia.

Macam Barang Menurut Proses Produksi

Macam barang menurut proses produksi terdiri atas barang dasar atau barang mentah, barang setengah jadi, dan barang jadi.

1) Barang Dasar atau Bahan Mentah

Barang dasar atau bahan mentah adalah barang-barang yang belum diolah dan merupakan bahan baku untuk membuat produk tertentu.

Bahan mentah dapat berupa hasil pertanian seperti padi dan kedelai, hasil pertambangan seperti minyak mentah dan biji timah, hasil perkebunan seperti daun teh dan biji kopi, serta hasil hutan seperti kayu gelondongan dan kayu
rotan.

2) Barang Setengah Jadi

Barang setengah jadi adalah barang yang sudah diolah tapi belum menjadi barang yang siap pakai. Barang setengah jadi harus diolah lagi agar menjadi barang jadi yang siap pakai.

Contoh barang setengah jadi, yaitu kopra untuk industri minyak goreng, benang untuk industri kain, serta kulit yang mudah disimak untuk industri tas dan jaket.

3) Barang Jadi

Barang jadi adalah barang yang sudah diolah dan menjadi barang yang siap pakai. Contoh barang jadi, yaitu pakaian, meja, kursi, kulkas, televisi, sepatu, dan minyak goreng.

Loading...
Loading...

1 Response to "Pengertian Alat Pemuas kebutuhan Manusia dan Contoh"