Loading...

Pengertian dan Contoh Biaya Peluang dan Ciri Cirinya.

Loading...
Loading...
Pembahasan kali ini akan membahas tentang pengertian biaya peluang, contoh biaya peluang, biaya peluang adalha, biaya peluang ekonomi, ciri ciri biaya peluang dan biaya peluang

Biaya Peluang

Pengertian Biaya Peluang

Pengertian dan Contoh Biaya Peluang dan Ciri Cirinya.


Pembahasan mengenai biaya peluang sangat berkaitan dengan kebutuhan manusia yang bersifat tidak terbatas.

Ketakterbatasan kebutuhan manusialah yang memunculkan terjadinya biaya peluang.

Ketakterbatasan kebutuhan manusia mengharuskan manusia melakukan pilihan dalam memenuhi kebutuhannya. Pilihan inilah yang menciptakan biaya peluang (opportunity cost).

Dalam kehidupan sehari-hari kita akan selalu bertemu dengan biaya peluang.

Biaya peluang atau biaya kesempatan (bahasa Inggris: Opportunity Cost) adalah biaya yang dikeluarkan ketika memilih suatu kegiatan.

Berbeda dengan biaya sehari-hari, biaya peluang muncul dari kegiatan alternatif yang tidak bisa kita lakukan. Sebagai contoh, jika setelah melalui sebuah semester yang panjang maka di akhir tahun karena nilai kira baik ayah memberikan hadiah liburan atau updrade PC yang baru.

Nah saat kita memilih liburan maka kesempatan untuk mendapatkan pc baru yang lebih canggih adalah biaya peluang yang hilang, jadi bisa di simpulkan bawa biaya peluang adalah hilang nya kesempatan atau peluang karna kita telah memilih peluang yang lain.

Contoh Biaya Peluang

1. Bila Tina memutuskan bekerja atau berproduksi sebagai karyawan pabrik maka Tina kehilangan kesempatan bekerja sebagai karyawan toko. Di sini biaya peluangnya adalah bekerja sebagai karyawan toko.

2. Bila Feri pada malam hari memilih menghabiskan waktunya untuk menonton pertandingan sepak bola maka Feri akan kehilangan waktu tidurnya. Di sini biaya peluangnya adalah kepuasan tidur semalam.

3. Bila Taufan memutuskan untuk menggunakan uangnya yang terbatas untuk membeli buku pelajaran maka Taufan kehilangan kesempatan untuk membeli satu kaset Jikustik.

Di sini biaya peluangnya adalah satu kaset Jikustik. Dari tiga contoh di atas maka biaya peluang dapat diartikan sebagai biaya yang dikorbankan untuk menggunakan sumber daya bagi tujuan tertentu, yang diukur dengan manfaat yang dilepasnya karena tidak digunakan untuk tujuan lain.

Atau dengan bahasa yang lebih singkat, biaya peluang adalah biaya yang dikorbankan untuk memperoleh sesuatu yang lain.
Loading...
Loading...

2 Responses to "Pengertian dan Contoh Biaya Peluang dan Ciri Cirinya."


Loading...