Pengertian dan Macam Macam Kebutuhan Manusia: Menurut Sifat

Pertemuan kali ini akan mengkaji tentang kebutuhan manusia menurut sifat, macam macam kebutuhan manusi menurut sifat, kebutuhan manusia menurut sifatnya, kebutuhan menurut sifat, macam macam kebutuhan manusia menurut sifatnya dan penjelasan kebutuhan manusia menurut sifatnya.

Kebutuhan Menurut Sifat


Kebutuhan menurut sifat terdiri atas kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.

1) Kebutuhan Jasmani

Pengertian dan Macam Macam Kebutuhan Manusia: Menurut Sifat
Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang diperlukan oleh jasmani atau badan. Contoh: untuk menjaga kesehatan badan, manusia memerlukan makanan, minuman, pakaian, dan olahraga yang teratur.

Dalam agama Islampun di anjurkan agar menjaga kesehatan jasmani dan lebih dicintai Allah dari pada mu'min yang lemah sebagai mana hadits nabi yang di riwayatkan oleh Muslim


عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اَلْـمُؤْمِنُ الْقَـوِيُّ خَـيْرٌ وَأَحَبُّ إِلَـى اللهِ مِنَ الْـمُؤْمِنِ الضَّعِيْفِ، وَفِـيْ كُـلٍّ خَـيْـرٌ ، اِحْـرِصْ عَـلَـى مَا يَـنْـفَـعُـكَ وَاسْتَعِنْ بِاللهِ وَلَا تَـعْجَـزْ ، وَإِنْ أَصَابَكَ شَـيْءٌ فَـلَا تَقُلْ: لَوْ أَنِـّيْ فَعَلْتُ كَانَ كَذَا وَكَـذَا ، وَلَـكِنْ قُلْ: قَـدَرُ اللهِ وَمَا شَاءَ فَعَلَ، فَإِنَّ لَوْ تَـفْـتَـحُ عَمَلَ الشَّيْطَانِ

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu , beliau berkata, Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allâh Azza wa Jalla daripada Mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan. Bersungguh-sungguhlah untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allâh (dalam segala urusanmu) serta janganlah sekali-kali engkau merasa lemah. Apabila engkau tertimpa musibah, janganlah engkau berkata, Seandainya aku berbuat demikian, tentu tidak akan begini dan begitu, tetapi katakanlah, Ini telah ditakdirkan Allâh, dan Allâh berbuat apa saja yang Dia kehendaki, karena ucapan seandainya akan membuka (pintu) perbuatan syaitan.
(Diriwayatkan oleh Muslim (no. 2664))


2) Kebutuhan Rohani

Kebutuhan Rohani adalah kebutuhan yang diperlukan oleh rohani atau jiwa.

Contoh: untuk menyegarkan pikiran, manusia memerlukan hiburan; untuk menguatkan iman, manusia memerlukan siraman rohani berupa petunjuk dan nasihat keagamaan; untuk mencerdaskan pikiran dan meningkatkan keterampilan, manusia memerlukan pendidikan.

0 Response to "Pengertian dan Macam Macam Kebutuhan Manusia: Menurut Sifat"

Post a Comment

wdcfawqafwef