3 Cara Menghitung Harga Keseimbangan dan Contohnya

Setelah kamu mengetahui terbentuknya harga keseimbangan maka ada  hal yang harus kamu ketahui yaitu cara-cara menghitung  harga keseimbangan dan jumlah keseimbangan.

Menghitung Harga Keseimbangan dan Jumlah Keseimbangan

Ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk mencari atau menghitung besarnya harga keseimbangan dan jumlah keseimbangan, yaitu dengan menggunakan tabel, kurva, dan pendekatan matematis.

a. Menggunakan Tabel

Untuk mencari harga dan jumlah keseimbangan, di sini kita harus menyusun tabel yang berisi P (harga), Qd (jumlah yang diminta), dan Qs (jumlah yang ditawarkan).

Melalui tabel tersebut, kita akan bisa melihat pada harga berapa Qd (jumlah yang diminta) sama dengan Qs (jumlah yang ditawarkan).

Itulah harga dan jumlah keseimbangan yang kita cari. Berikut ini sebuah tabel yang sudah disusun Tanti dari data-data yang ada. Tugas kita sekarang menentukan berapa harga dan jumlah keseimbangannya.

Dari tabel di atas terlihat bahwa pada harga Rp4.000,- jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan. Ini berarti, harga keseimbangan terjadi pada saat harga sebesar Rp4.000,- dan jumlah keseimbangan terjadi pada saat pensil berjumlah 60 unit

b. Menggunakan Kurva

Adakalanya kita mendapatkan tabel yang tidak memperlihatkan secara langsung adanya harga dan jumlah keseimbangan, seperti tabel berikut.

Oleh karena itu untuk mendapatkan harga dan jumlah keseimbangan, kita harus menggambar kurvanya. Berikut kurva permintaan dan kurva penawaran ketela rambat.

Dari perpotongan kurva permintaan dan kurva penawaran di atas didapat titik keseimbangan (E). Pada titik keseimbangan (60,350) inilah kita mendapatkan harga dan jumlah keseimbangan.

Harga keseimbangan yang terjadi adalah Rp350,- dan jumlah keseimbangannya 60 ton. Berikut ini contoh kedua mencari harga dan jumlah keseimbangan dengan menggunakan kurva. Diketahui tabel berikut:

Tabel di atas tidak memperlihatkan secara langsung berapa harga dan jumlah keseimbangan. Oleh karena itu, kita harus mencarinya dengan membuat kurva permintaan dan kurva penawarannya.

Dari perpotongan kurva permintaan dan penawaran, kita memperoleh harga keseimbangan sebesar Rp3.250,- dan jumlah keseimbangan sebesar 425 unit.

c. Menggunakan Pendekatan Matematis

Pendekatan matematis kita gunakan dalam mencari harga dan jumlah keseimbangan apabila data yang kita miliki berbentuk fungsi permintaan dan fungsi penawaran.

Untuk mencari harga dan jumlah keseimbangan dari kedua fungsi tersebut, kita menggunakan rumus syarat keseimbangan berikut:
Qd = Qs atau Pd = Ps
dimana Qd = jumlah yang diminta        Pd = harga yang diminta
             Qs = jumlah yang ditawarkan   Ps = harga yang ditawarkan

Contoh:

Diketahui fungsi permintaan Qd = 40 – P dan fungsi penawaran Qs = 4P – 50. Tentukanlah berapa harga jumlah dan keseimbangan!

Jawab: Syarat keseimbangan adalah Qd = Qs atau Pd = Ps (kita gunakan yang pertama).

         Qd = Qs
   40 – P = 4P – 50
- P – 4P = -50 – 40
      - 5P = -90
          P = -19/-5 = 18

Diperoleh P (harga) keseimbangan = 18. Untuk mencari Q (jumlah) keseimbangan kita harus memasukkan P keseimbangan (18) ke salah satu fungsi di atas. Bisa dimasukkan ke fungsi permintaan atau ke fungsi penawaran.

P = 18 => Q = 40 – P
                 Q = 40 – 18
                 Q = 22

Maka didapat Q (jumlah) keseimbangan sebesar 22.

0 Response to "3 Cara Menghitung Harga Keseimbangan dan Contohnya"

Post a Comment

wdcfawqafwef