Loading...

Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan

Loading...
Setelah kamu mempelajari tentang pengertian permintaan dan macam macamnya maka ada beberapa hal yang harus kamu ketahui yaitu tentang Faktor faktor yang mempengaruhi elastisitas permintaan.

Faktor yang Memengaruhi Permintaan


Permintaan tidak selalu tetap. Permintaan bisa naik atau turun, bertambah atau berkurang. Kita lihat bila menjelang Idul Fitri permintaan akan pakaian, sepatu, asesoris rumah, dan kue-kue akan meningkat. Dan bila Idul Fitri usai, permintaan akan barang-barang tersebut akan turun kembali.

Demikian pula menjelang tahun baru, permintaan akan jasa hotel/ penginapan di daerah-daerah wisata akan melonjak tinggi, kemudian berangsur-angsur turun kembali bila tahun baru lewat.

Faktor Yang Mempengaruhi Elastisitas Permintaan
Ternyata ada banyak faktor yang dapat menyebabkan naik turunnya permintaan. Salah satunya adalah faktor harga. Bila harga satuan barang atau jasa naik maka permintaan terhadap barang atau jasa tersebut cenderung turun.

Mengapa demikian? Karena orang umumnya tidak suka membeli sesuatu yang harganya berubah menjadi mahal.

Tetapi sebaliknya, bila harga suatu barang atau jasa turun maka permintaan terhadap barang atau jasa tersebut cenderung akan meningkat, karena orang lebih suka membeli sesuatu dengan harga yang lebih murah.

Masih banyak faktor lain yang bisa memengaruhi naik turunnya permintaan. Berikut akan diuraikan secara rinci faktor-faktor yang memengaruhi permintaan.

a. Faktor Harga Barang atau Jasa

Pada uraian di atas sudah dijelaskan, bila harga suatu barang atau jasa naik maka permintaan terhadap barang atau jasa tersebut akan turun. Dan sebaliknya, bila harga turun maka permintaan akan naik.

b. Faktor Pendapatan

Bila pendapatan pembeli/konsumen meningkat maka permintaan terhadap barang atau jasa cenderung akan bertambah. Sebaliknya, bila pendapatan menurun maka permintaan terhadap barang dan jasa pun akan berkurang.

c. Faktor Intensitas Kebutuhan

Intensitas kebutuhan adalah mendesak tidaknya suatu kebutuhan. Bila kebutuhan akan barang atau jasa bersifat mendesak maka permintaan akan barang atau jasa tersebut akan meningkat.

Contohnya, menjelang musim hujan orang akan terdesak untuk membeli payung dan jas hujan, sehingga permintaan terhadap dua barang tersebut akan meningkat.

d. Faktor Selera

Bila selera konsumen pada suatu barang atau jasa sedang naik, permintaan terhadap barang atau jasa tersebut akan meningkat.

Selera remaja yang meningkat pada grup band SOS (Sheila on Seven) membuat permintaan akan kaset SOS meningkat. Demikian pula sebaliknya.

e. Faktor Jumlah Penduduk

Semakin banyak jumlah penduduk, otomatis yang semakin kecil akan menambah permintaan. Sebaliknya, jumlah penduduk dapat mengurangi permintaan.

Jumlah penduduk dapat berkurang dengan berbagai cara di antaranya karena bencana alam dan peperangan.

f. Faktor Perkiraan terhadap Harga pada Masa yang akan Datang

Bila diperkirakan harga akan naik pada masa yang akan datang maka konsumen akan cepat-cepat menambah permintaannya sebelum harga betulbetul menjadi naik.

Sebaliknya, bila diperkirakan harga akan turun, konsumen cenderung mengurangi permintaannya sambil menunggu harga benar-benar turun.

g. Faktor Perkiraan terhadap Pendapatan pada Masa yang akan Datang

Bila diperkirakan pendapatan akan naik pada masa yang akan datang maka konsumen akan lebih berani menambah permintaannya. Sebaliknya, bila pendapatan diperkirakan akan turun maka konsumen akan mengurangi permintaannya.

h. Faktor Harga Barang Substitusi

Bila harga barang pengganti (substitusi) turun, maka permintaan terhadap barang yang digantikan akan turun, karena orang akan beralih membeli barang pengganti (substitusi).

Contoh: jeruk mandarin merupakan pengganti jeruk medan, bila harga jeruk mandarin turun maka orang akan lebih banyak membeli jeruk mandarin dibanding jeruk medan. Dengan demikian, permintaan terhadap jeruk medan akan menurun.

i. Faktor Harga Barang Komplementer (Pelengkap)

Tinta adalah barang komplementer bagi pulpen. Bila harga tinta naik maka permintaan terhadap tinta akan turun. Turunnya permintaan terhadap tinta akan berakibat pada menurunnya permintaan terhadap pulpen.

j. Faktor Promosi

Bila promosi terhadap suatu barang atau jasa dilakukan secara gencar dan menarik maka permintaan terhadap barang atau jasa tersebut akan meningkat. Sebaliknya, bila promosi sedikit dan tak menarik maka permintaan umumnya akan susah meningkat.
Loading...
Loading...

0 Response to "Faktor Yang Mempengaruhi Permintaan "

Post a Comment