Jelaskan Pengertian, Tujuan dan Contoh Pembangunan Ekonomi

Pembahasan kali ini akan membahas tentang pengertian ekonomi pembangunan,  pengertian pembangunan ekonomi, tujuan pembangunan ekonomi dan coontoh pembangunan ekonomi.

Ekonomi Pembangunan

a. Pengertian ekonomi pembangunan dan pembangunan ekonomi


Ekonomi Pembangunan Adalah :

Jelaskan Pengertian, Tujuan dan Contoh Pembangunan EkonomiSuatu cabang ilmu ekonomi yang menganalisis masalah-masalah yang dihadapi oleh  negara2 sedang berkembang dan mendapatkan cara untuk mengatasi masalah tersebut  supaya negara-negara berkembang dapat  dapat membangun ekonominya dengan lebih Cepat Lagi..


Pembanguna Ekonomi Adalah :

Kegiatan kegiatan yang dilakukan untuk mengembangkan ekonomi dan taraf hidup  masyarakatnya atau suatu proses yang menyebabkan pendapatan perkapita penduduk  meningkat dalam jangka panjang.


b. Sifat Pembangunan Ekonomi atau Ekonomi Pembangunan


  1. Suatu proses yang berarti perubahan yang terjadi terus menerus 
  2. Usaha untuk menaikkan pendapatan perkapita, dan
  3. Kenaikkan pendapatan perkapita itu harus terus berlangsung dalam jangka panjang


c. Sasaran Pembangunan Ekonomi atau Ekonomi Pembangunan

Meningkatkan persediaan dan memperluas pembagian /pemerataan bahan pokok yang dibutuhkan untuk bisa hidup, seperti perumahan, kesehatan dan lingkungan.

Mengangkat taraf hidup termaksut menambah dan mempertinggi pendapat dan penyedian lapangan kerja,  pendidikan yang lebih baik, dan perhatian yang lebih besar terhadap nilai-nilai budaya manusiawi, yang semata-mata bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan materi, tetapi untuk meningkatka kesadaran akan harga diri baik individu maupun nasional.

Memperluas jangkauan pilihan ekonomi dan sosial bagi semua individu dan nasional dengan cara
 membebaskan mereka dari sikap budak dan ketergantungan, tidak hanya hubungan dengan orang lain dan negara lain, tetapi juga dari sumber-sumber kebodohan dan penderitaan.

d. Strategi Pembangunan Ekonomi atau Ekonomi Pembangunan


Meningkatkan output nyata /produktivitas yang tinggi yang terus menerus meningkat. Karena dengan output yang tinggi ini akhirnya akan dapat meningkatkan persedian dan memperluas pembagian bahan  kebutuhan pokok untuk hidup. termasuk penyediaan perumahan, pendidikan, dan kesehatan.

Tingkat pembangunan tenaga kerja yang tinggi dan pengangguran yang rendah yang ditandai dengan tersedianya lapangan kerja yang cukup.

Pengurangan dan pemberantasan ketimpangan Perubahan sosial, sikap mental, dan tingkah laku masyarakat dan lembaga pemerintah.

 Evolusi fokus ekonomi pembangunan

Tahun 1940-an negara di kawasan  Asia, Afrika dan Amerika Latin terbebas dari belenggu penjajahan Dekade 1950-1960 kebijakan pembangunan ditujukan pada maksimisasi pertumbuhan GNP melalui proses akumulasi modal dan  industrialisasi Dekade 1960 akhir dan awal dekade 1970 pembangunan ekonomi  mengalami redifinisi Dekade 1970 dan 1980 merupakan era kebangkitan ekonomi neoklasik

0 Response to "Jelaskan Pengertian, Tujuan dan Contoh Pembangunan Ekonomi"

Post a Comment

wdcfawqafwef