Kebijakan Non Moneter dan Non Fiskal

Setelah kamu mempelajari pengertian kebijakan moneter dan fskal maka pembahasan kali ini akan membahas tentang kebijakan non mometer dan kebijakan non fiskal.

Kebijakan Bukan Fiskal dan Bukan Moneter

Selain kebijakan fiskal dan moneter, untuk mengatasi masalah-masalah di bidang ekonomi, pemerintah dapat melakukan kebijakan sebagai berikut:

a. Kebijakan mengendalikan tuntutan kenaikan pendapatan para pekerja.

Tujuannya untuk menghindari kenaikan biaya produksi yang berlebihan, karena kenaikan biaya produksi yang berlebihan dapat menaikkan harga jual sehingga memicu terjadinya inflasi.

b. Kebijakan mendorong para pengusaha meningkatkan efisiensi produksi.

Kebijakan ini dilakukan di antaranya dengan cara memberi insentif (misal, berupa pengurangan atau pembebasan pajak) bagi pengusaha yang melakukan inovasi.

Atau, menyediakan dana yang besar untuk kegiatan litbang (penelitian dan pengembangan) dalam rangka meningkatkan mutu barang.

Kebijakan Non Moneter dan Non Fiskal

c. Kebijakan mengembangkan infrastruktur 

Contohnya seperti jalan, jembatan, bandara, sarana listrik, telepon, dan sejenisnya untuk memperlancar kegiatan perekonomian.

d. Kebijakan membuat peraturan-peraturan yang kondusif.

Untuk mengembangkan perekonomian sekaligus untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah di bidang ekonomi, pemerintah perlu membuat berbagai peraturan yang kondusif (mendukung) tujuan-tujuan pemerintah.

Misalnya dengan membuat peraturan tentang PMA (Penanaman Modal Asing), peraturan tentang pasar modal, dan lainlain.

0 Response to "Kebijakan Non Moneter dan Non Fiskal"

Post a Comment

wdcfawqafwef