Kelebihan, Kelemahan dan Negara Yang Menganut Sistem Ekonomi Liberal (Kapital).

Pembahasan kali ini akan membahas tentang kelebihan sistem ekonomi liberal, kelemahan sistem ekonomi liberal, negara yang menganut sistem ekonomi liberal, ciri ciri eknonomi kapitalis, sistem ekonomi liberal dan sistem ekonomi kapitalis.

Perspektif  Sistem Ekonomi Kapitalis

Ekonomi kapitalis bisa juga di sebut dengan ekonomi liberal dikarnakan pengertian dan ciri ciri nya sama. kapitalis hanya saja istilah lain dari sistem ekonomi liberal.

Kelebihan, Kelemahan dan Negara Yang Menganut Sistem Ekonomi Liberal (Kapital).
Gambar: Adam Smith


a. Ciri-ciri Ekonomi Kapitalisme :

Pengakuan yang luas atas hak-hak pribadi dimana Pemilikan alat-alat produksi di tangan individu dan Inidividu bebas memilih pekerjaan/ usaha yang dipandang baik bagi dirinya.

Perekonomian diatur oleh mekanisme pasar dimana Pasar berfungsi memberikan “signal” kepda produsen dan konsumen dalam bentuk harga-harga.

Campur tangan pemerintah diusahakan sekecil mungkin. “The Invisible Hand” yang mengatur perekonomian menjadi efisien. Motif yang menggerakkan perekonomian mencari laba

Manusia dipandang sebagai mahluk homo-economicus, yang selalu mengejar kepentingan sendiri. Paham individualisme didasarkan materialisme, warisan zaman Yunani Kuno (disebut hedonisme).

Kebaikan sistem ekonomi liberal adalah sebagai berikut.

a. Adanya kebebasan berusaha, berinovasi, dan berkreativitas dalam melakukan kegiatan ekonomi.

b. Persaingan antarpengusaha mendorong kemajuan teknologi.

c. Hak milik perorangan diakui.

d. Para pepndukung sistem ekonomi kapitalis menyatakan bahwa kebebasan ekonomi sangat bermanfaat untuk masayrakat.

Mereka menyebut “dasar hukun”  ekonomi dan menegaskan bahwa jika hukum diterapakan deengan bebas, ia akan meningkatkan kekayaan negara tapi  dapat mewujudkan distribusi kekayaan yang rasional dalam masyarakat.

e. Persaingan bebas dalam individu akan mewujudkan tahap “produksi” dan “harga”  pada tingkat yang wajar dan akan membantu mempertahankan penyesuaian yang rasiaonal diantara kedua variabel tersebut. Persaingan akan mempertahankan  semua perkara pada tahap yang mendasar.

f. Pengawasan politik dan sosial minimal, karena tenaga waktu dan biaya yang diperlukan lebih kecil.


Keburukanatau kelemahan sistem ekonomi liberal adalah sebagai berikut.

a. Bisa menimbulkan penindasan (eksploitasi) oleh manusia kepada manusia.

b. Adanya jurang pemisah antara yang kaya dan yang miskin karena tidak adanya pemerataan pendapatan.

c. Banyak timbul praktik monopoli yang merugikan masyarakat.

d. Tidak ada persaingan sempurna. Yang ada persaingan tidak sempurna dan persaingan monopolistik.

e. Sistem harga gagal mengalokasikan sumber-sumber secara efisien, karena adanya faktor-faktor meksternalitas (tidak memperhitungkan yang menekan upah buruh dan lain-lain).

b. Kecenderungan Bisnis dalam Kapitalisme

Perkembangan bisnis sangat dipengaruhi oleh sistem ekonomi yang berlaku. Kecenderungan bisnis dalam kapitalisme dewasa ini adalah: adanya spesialisasi, adanya produksi massa, adanya perusahaan berskala besar, adanya perkembangan penelitian.

c. Negara yang menganut sistem ekonomi kapitalis

Amerika, Inggris, Jerman, Prancis, dan Jepang. Hanya saja pelaksanaan di negara-negara tersebut sudahdisesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing.

0 Response to "Kelebihan, Kelemahan dan Negara Yang Menganut Sistem Ekonomi Liberal (Kapital)."

Post a Comment

wdcfawqafwef