Pengertian dan Penyebab Pengangguran di Indonesia

adsense 336x280
Loading...
Setelah kamu mengetahui indikator pertumbuhan perekonomian maka pembahasan kali ini akan membahas tentang pengertian pengangguran, akibat pengangguran  masalah pengangguran di indonesia, dan Penyebab pengangguran di Indonesia.

Pengangguran 

Pengertian Pengangguran

Pengangguran adalah orang yang masuk dalam angkatan kerja (15 sampai 64 tahun) yang sedang mencari pekerjaan dan belum mendapatkannya.

Orang yang tidak sedang mencari kerja contohnya seperti ibu rumah tangga, siswa sekolah smp, sma, mahasiswa perguruan tinggi, dan lain sebagainya yang karena sesuatu hal tidak/belum membutuhkan pekerjaan.

Penyebab Terjadinya Pengangguran

Pada umumnya, faktor utama yang menyebabkan terjadinya pengangguran adalah kekurangan permintaan agregat (kekurangan permintaan secara keseluruhan). Mengapa permintaan agregat bisa kurang? Berikut jawabannya.

Pengusaha memproduksi barang dan jasa dengan tujuan memperoleh keuntungan. Keuntungan bisa diperoleh bila barang dan jasa yang diproduksi bisa dijual.

Pengertian dan Penyebab Pengangguran di Indonesia
Pengangguran
Semakin besar permintaan, akan semakin banyak barang dan jasa yang mereka produksi. Semakin banyak produksi akan menambah pemakaian tenaga kerja. 

Semakin banyak produksi berarti semakin banyak pula pendapatan nasional, karena pendapatan nasional di antaranya dihitung dari nilai barang dan jasa yang diproduksi.

Dengan demikian, terdapat hubungan yang erat antara tingkat pendapatan nasional dengan tingkat pemakaian tenaga kerja. Semakin banyak pendapatan nasional berarti semakin banyak pula pemakaian tenaga kerja.

Akan tetapi pada umumnya tingkat permintaan agregat yang terjadi dalam perekonomian ternyata lebih rendah dari permintaan agregat yang dibutuhkan untuk mencapai tingkat perekonomian tenaga kerja penuh.

Karena pemakaian tenaga kerja tidak penuh maka dalam perekonomian terjadi pengangguran.

Pengangguran memiliki dampak-dampak buruk di antaranya mengurangi tingkat kemakmuran atau kesejahteraan masyarakat, meningkatnya kejahatan dan kerusuhan, serta menurunnya penerimaan negara dari sektor pajak penghasilan.

Oleh karena itu, pemerintah harus selalu berusaha untuk menekan angka pengangguran.

Selain kekurangan permintaan agregat sebagai faktor utama penyebab pengangguran, masih ada faktor-faktor lain yang menjadi penyebab pengangguran, yaitu pemakaian mesin-mesin modern, ketidakcocokan keterampilan yang dimiliki tenaga kerja dengan keterampilan yang dibutuhkan perusahaan, perubahan musim dan perubahan struktur perekonomian yang menuntut jenis keterampilan tertentu.

Loading...
adsense 336x280
Loading...

0 Response to "Pengertian dan Penyebab Pengangguran di Indonesia"

Post a Comment