Pengertian dan Tujuan Kegiatan Produksi

Untuk memperdalam pengetahuan kita tentang produksi maka  pembahasan berikut akan membahas tentang pengertian faktor  produksi, pengertian produksi pengertian sistem produksi, pengertian konsep produksi dan tujuan kegiatan produksi.

A. Produksi sebagai Kegiatan Ekonomi


Untuk memperdalam pemahaman kita mengenai produksi berikut kita akan membahas pengertian produksi, tujuan produksi, bidang-bidang produki, tingkatan produk, faktor-faktor produksi, proses produksi, dan perluasan produksi.

1. Pengertian Produksi


Perhatikan tabel berikut.
Manakah dari 6 kegiatan di atas yang merupakan kegiatan produksi? Beri tanda cek (􀂗) pada kotak bila kegiatan tersebut merupakan kegiatan produksi.

Menurut kalian apakah“mengajar di kelas” termasuk kegiatan produksi? Bagaimana pula dengan “menyulam taplak meja”, apakah termasuk kegiatan produksi? Pada umumnya produksi sering diartikan sebagai kegiatan menghasilkan barang. Pengertian ini tidak salah, tetapi masih belum sempurna.
Pengertian dan Tujuan Kegiatan Produksi
Gambar: Produksi

Menurut pengertian ekonomi, produksi adalah setiap kegiatan atau usaha manusia untuk menghasilkan atau menambah guna barang dan jasa.

Contoh: menanam tebu (menghasilkan), mengambil ikan dari sungai (menambah guna tempat), menjahit kain menjadi baju (menambah guna bentuk). Agar lebih jelas, marilah kita perhatikan contoh kegiatan produksi berikut.

Manusia memerlukan gula sebagai pemanis, untuk itu manusia akan:
Contoh a
Agar anaknya mampu berbahasa Inggris, orangtua memanggil guru les bahasa Inggris untuk mengajar di rumah. Maka guru tersebut akan:
Contoh b:
Agar bisa dipakai, seorang ibu membawa kain yang dimilikinya ke penjahit pakaian. Penjahit tersebut akan:
Contoh c:
Jadi, produksi mencakup dua hal, yaitu:

1. Menciptakan atau menghasilkan barang dan jasa

2. Menambah guna barang dan jasa.

2. Tujuan Produksi

Apakah sebenarnya tujuan barang dan jasa diproduksi oleh manusia? Berikut ini adalah beberapa tujuan produksi.

a. Memenuhi kebutuhan manusia

Manusia memiliki beragam kebutuhan terhadap barang dan jasa yang harus dipenuhi dengan kegiatan produksi. Apalagi jumlah manusia terus bertambah.

b. Mencari keuntungan atau laba

Dengan memproduksi barang dan jasa, produsen (orang yang memproduksi) berharap bisa menjualnya dan memperoleh laba sebanyak-banyaknya.

c. Menjaga kelangsungan hidup perusahaan

Dengan memproduksi barang dan jasa, produsen akan memperoleh pendapatan dan laba dari penjualan produknya, yang dapat digunakan untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan termasuk kehidupan para karyawan.

d. Meningkatkan mutu dan jumlah produksi. 

Produsen selalu berusaha memuaskan keinginan konsumen. Dengan berproduksi, produsen mendapat kesempatan melakukan uji coba (eksperimen) untuk meningkatkan mutu sekaligus jumlah produksinya agar lebih baik dari produksi sebelumnya.

e. Mengganti barang-barang yang aus dan rusak karena dipakai atau karena bencana alam. 

Semua itu diganti dengan cara memproduksi barang yang baru.

0 Response to "Pengertian dan Tujuan Kegiatan Produksi"

Post a Comment

wdcfawqafwef