Pengertian Elastisitas Penawaran dan Permintaan

Untuk memperdalam pengetahuan kamu mengenai permintaan dan penawaran maka ada hal yang harus kamu ketahui yaitu pengertian elastisitas penawaran, elastisitas permintaan, contoh elastisitas penawaran dan contoh elastisitas permintaan.

Elastisitas Permintaan dan Penawaran

Mengapa bila harga beras naik Rp1.000,- per kilogram, permintaan terhadap beras tidak berkurang banyak?

Tetapi mengapa bila harga kedondong naik Rp.1000,- perkilo gram, permintaan terhadap kedondong berkurang sangat banyak? Mengapa kenaikan harga yang sama mengakibatkan perubahan permintaan yang berbeda?
Pengertian Elastisitas Penawaran dan Permintaan
Gambar: Berjabat Tangan

Itulah yang akan kita pelajari sekarang. Peristiwa yang digambarkan di atas berkaitan dengan masalah elastisitas, yaitu elastisitas permintaan. Apa itu elastisitas dan apa pula yang dimaksud elastisitas permintaan?

1. Pengertian Elastisitas Permintaan

Elastisitas berasal dari kata elasticity (bahasa Inggris) yang berarti kekenyalan, kelenturan atau keluwesan. Elastisitas permintaan dapat diartikan sebagai tingkat kelenturan atau tingkat kepekaan permintaan dalam menghadapi perubahan harga.

Untuk mengukur tinggi rendahnya tingkat kepekaan permintaan dapat digunakan suatu angka yang disebut koefisien elastisitas permintaan (Ed).

Jadi, koefisien elastisitas permintaan adalah angka yang menggambarkan tinggi rendahnya tingkat kepekaan permintaan. Angka ini berbentuk bilangan positif. Rumus mencari koefisien elastisitas permintaan tersebut adalah:
Dari rumus model a dapat disederhanakan menjadi rumus model b dengan langkah sebagai berikut:

2. Pengertian Elastisitas Penawaran 

Pengertian Elastisitas harga  penawaran mengukur seberapa banyak penawaran  barang dan jasa berubah ketika harganya berubah atau mengukur seberapa besar perubahan jumlah yang ditawarkan sebagai respons terhadap perubahan harga.

Elastistas harga ditunjukkan dalam bentuk prosentase perubahan atas kuantitas yang ditawarkan sebagai  akibat dari satu persen perubahan harga.

0 Response to "Pengertian Elastisitas Penawaran dan Permintaan "

Post a Comment

wdcfawqafwef