Pengertian Macam-Macam dan Fungsi Neraca Pembayaran

adsense 336x280
Loading...
Setelah kamu mengetahui Pengertian pengangguran dan indikator pertumbuhan ekonomi maka pembahasan kali ini akan membahas tentang fungsi  neraca pembayaran, pengertian neraca pembayaran dan macam macam pembayaran.

Defisit (Neraca Pembayaran)

Pengertian Neraca Pembayaran

Neraca pembayaran adalah suatu catatan sistematis yang berisi transaksitransaksi ekonomi antara penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain selama periode tertentu, umumnya satu tahun.

Semua transaksi ekonomi dapat digolongkan menjadi dua, yakni transaksi debet dan transaksi kredit. Transaksi debet adalah transaksi yang menimbulkan kewajiban melakukan pembayaran kepada penduduk lain.

Sedangkan transaksi kredit adalah transaksi yang menimbulkan hak menerima pembayaran dari penduduk lain.
Pengertian Macam-Macam dan Fungsi Neraca Pembayaran
Gambar: Neraca

Contoh transaksi debet adalah kegiatan impor dan melakukan penanaman modal di negara lain. Contoh transaksi kredit adalah kegiatan ekspor dan menerima penanaman modal dari negara lain.

Neraca pembayaran memiliki beberapa macam neraca. Dua neraca penting dalam suatu neraca pembayaran adalah neraca perdagangan dan neraca secara keseluruhan.

Neraca perdagangan menunjukkan perimbangan antara ekspor dan impor, sedangkan neraca secara keseluruhan menunjukkan perimbangan antara keseluruhan pembayaran ke luar negeri dan keseluruhan penerimaan dari luar negeri.

Defisit neraca pembayaran terjadi bila pembayaran ke luar negeri melebihi penerimaan dari luar negeri. Penyebab terjadinya defisit neraca pembayaran di antaranya adalah nilai impor yang melebihi ekspor, dan pengaliran modal ke luar negeri yang melebihi pengaliran modal ke dalam negeri.

Neraca pembayaran yang defisit memiliki dampak buruk terhadap kegiatan dan kestabilan ekonomi negara.

Defisit yang terjadi akibat impor yang berlebihan dapat mengakibatkan penurunan kegiatan ekonomi di dalam negeri, karena konsumen lebih suka menggunakan barang impor dibanding barang dalam negeri. Impor yang berlebihan juga mengakibatkan peningkatan permintaan atas valuta asing yang digunakan untuk membayar impor.

Akibat selanjutnya, harga valuta asing akan bertambah. Harga valuta asing yang bertambah akan menyebabkan harga barang-barang dalam negeri menjadi lebih mahal. Selain itu, penurunan kegiatan ekonomi di dalam negeri menyebabkan para pengusaha tidak bersemangat melakukan kegiatan produksi, apalagi untuk membangun unit usaha baru.

Macam-Macam Neraca Pembayaran

a. Neraca Pembayaran Defisit

Neraca pembayaran defisit adalah neraca pembayaran yang menunjukkan jumlah transaksi pembayaran luar negeri (transaksi debet) lebih besar dibandingkan transaksi penerimaan dari luar negeri (transaksi kredit).

b. Neraca Pembayaran Surplus

Neraca pembayaran surplus adalah neraca pembayaran yang menunjukkan transaksi debet lebih kecil

c. Neraca Pembayaran Seimbang

Neraca pembayaran seimbang adalah neraca pembayaran yang menunjukkan transaksi debet sama dengan transaksi kredit.

Fungsi Neraca Pembayaran

a. Alat bagi pemerintah untuk menentukan kebijakan moneter.

b. Alat untuk menerangkan kegiatan ekonomi internasional suatu negara.

c. Alat untuk menerangkan tentang sumber -sumber pendapatan dan penggunaan devisa luar negeri.

d. Alat untuk mendapatkan gambaran tentang pengaruh transaksi luar negeri terhadap pendapatan nasional.
Loading...
adsense 336x280
Loading...

0 Response to "Pengertian Macam-Macam dan Fungsi Neraca Pembayaran"

Post a Comment