Pengertian Perbedaan Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro

Untuk memperluas pengetahuan kamu mengenai cabang ilmu ekonomi maka  pembahasan kali ini akan membahas tentang pengertian ekonomi makro dan mikro,  perbedaan ekonomi makro dan mikro dan ekonomi makro.

Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro

Ekonomi berasal dari bahasa Yunani, yakni dari kata oikos yang berarti rumah tangga dan nomos yang berarti peraturan. Jadi, ekonomi berarti peraturan rumah tangga atau mengatur rumah tangga.

Sejalan dengan perkembangan zaman, ekonomi berkembang menjadi suatu ilmu seperti halnya ilmu fisika, ilmu kimia, dan ilmu matematika.
Pengertian dan Perbedaan Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro

Ilmu ekonomi dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari usaha-usaha manusia dalam memenuhi kebutuhannya, baik secara individu maupun kelompok dalam rangka mencapai kemakmuran.

Pengertian Ekonomi makro

Ekonomi makro merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari mekanisme bekerjanya perekonomian secara keseluruhan.

Dengan demikian hubungan kausal yang dipelajari dalam ekonomi makro, pada intinya adalah hubungan antar variabel-variabel ekonomi agregatif (secara keseluruhan), seperti tingkat pendapatan nasional, tingkat kesempatan kerja, pengeluaran konsumsi rumah tangga, saving (tabungan), investasi nasional, tingkat bunga, jumlah uang yang beredar, neraca pembayaran, stok kapital nasional, utang pemerintah dan sebagainya.

Pengertian Ekonomi Mikro

Kata mikro berasal dari bahasa Latin “micros” yang berarti kecil. Jadi ekonomi mikro merupakan penjelasan dari variable ekonomi yang lebih kecil seperti konsumsi, investasi dan tabungan. Ekonomi mikro sering di sebut sebagai teori harga (Price Theory).

Perbedaan Ekonomi Mikro dengan Ekonomi Makro

Perbedaan ekonomi mikro dengan ekonomi makro bisa dilihat dari tiga hal, yakni corak analisis, titik berat analisis, dan materi yang dibahas. Selengkapnya lihat tabel berikut.



0 Response to "Pengertian Perbedaan Ekonomi Makro dan Ekonomi Mikro"

Post a Comment

wdcfawqafwef