Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan Menurut Para Ahli Serta Cara Bisnis Sukses

Pembahasan kali ini akan membahasa mengenai pengertian kewirausahaan, pengertian wirausaha, pengertian wirausaha dan kewirausahaan, pengertian wirausaha menurut para ahli, wira usaha, wirausaha mandiri, wirausaha modal kecil dan cara bisnis sukses.

Kewirausahaan


Kewirausahaan berasal dari kata wira yang berarti gagah/berani, dan usaha. Secara sederhana, wirausaha adalah orang yang berani berusaha dan berani menanggung risiko atas usaha yang dilakukannya.

Kewirausahaan adalah kemampuan seorang manajer resiko (risk manager) dalam mengoptimalkan segala sumber daya yang ada, baik itu materil, intelektual, waktu, dan kemampuan kretivitasnya untuk menghasilkan suatu produk atau usaha yang berguna bagi dirinya dan bagi orang lain.

Kewirausahaan tidak dapat dipisahkan dari kreativitas dan inovasi. Sedang inovasi sendiri tercipta karena ada kreativitas yang tinggi. Dengan demikian, orang yang kreatif akan membentuk dirinya menjadi mandiri dan bersikap wirausaha.

Tidak semua orang mampu menjadi wirausaha. Hanya orang yang berkemauan keras untuk mencapai sukses, mempunyai semangat, dan yang selalu mempunyai gagasan untuk menghasilkan produk kreatiflah yang mampu menjadi seorang wirausaha.

Kewirausahaan bisa dipelajari dan dikembangkan. Upaya pengembangan kewirausahaan dapat dilaksanakan sepanjang masa.

Perhatikan contoh berikut yang menunjuk-kan kreativitas, kemandirian, dan kewirausahaan seseorang hingga meraih sukses.

1. Eka Cipta Wijaya adalah pemilik PT Tjiwi Kimia, PT Indah Kiat Pulp and Paper yang menghasilkan kertas dalam semua jenis dan ukuran. Dia juga pemilik Bank International Indonesia (BII). Pendidikan formalnya hanya SD.

Usahanya dimulai dengan menjual biskuit dan kembang gula, kemudian berjualan semen dan berdagang kopra.

Karena semangat kreativitas, kemandirian, dan jiwa kewirausahaannya, akhirnya ia mampu mengembangkan usahanya dengan mendirikan dan memiliki ketiga perusahaan besar itu (PT Tjiwi Kimia, PT Indah Kiat Pulp and Paper, dan Bank International Indonesia).

2. Lieng Seang Tee pendiri HM Sampoerna yang memproduksi rokok Dji Sam Soe. Pada awalnya, ia hanya berjualan makanan di kereta api jurusan Surabaya – Jakarta sambil berjualan arang dan tembakau dengan naik sepeda berkeliling Surabaya.

Dengan kreativitas yang dimilikinya ia membuka juga warung pinggir jalan yang menjual bahan makanan dan tembakau. Sayang warungnya terbakar.

Namun dengan tekad, kemandirian, dan jiwa kewirausahaannya yang tetap besar, ia memulai lagi membangun usahanya dengan nama Handel Maastchpaij Sampoerna yang kemudian berubah nama menjadi PT Hanjaja Mandala Sampoerna (HM Sampoerna) dengan produksi rokok Dji Sam Soe yang sangat terkenal hingga sekarang karena mutunya terjamin.

Contoh-contoh di atas memberikan gambaran kepada kita betapa dibutuhkannya kreativitas, kemandirian, dan jiwa kewirausahaan dalam kehidupan karena akan memberikan kesuksesan yang luar biasa besarnya.

Trik Sukses dalam berbisnis 

Buddy Rahmadinov memberikan sebelas rahasia meraih sukses sebagai berikut.

1. Berdoa kepada Tuhan

Berdoa merupakan salah satu cara mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa, sang pencipta, pemilik, dan pengatur semesta alam. Manusia hanya menjalani sekaligus berusaha menyesuaikan dengan kebutuhannya.

Manusia hanya mengubah bentuk, bukan menciptakan bentuk. Usaha dan upaya mengubah bentuk ini merupakan kreativitas sekaligus sebagai tanda syukur kita kepadaNya.

2. Tidak menyia-nyiakan waktu

Sebagian orang mengatakan waktu adalah uang. Maknanya adalah jangan menyia-nyiakan waktu, bekerjalah terus agar tidak kehilangan uang (tidak merugi). Waktu tidak pernah akan berulang, waktu akan berjalan terus.

Sangat tepat jika kita mengisi waktu dengan hal-hal yang bermanfaat. Orang bijak mengatakan bahwa keberhasilan dan kegagalan seluruhnya tergantung pada bagaimana kita memanfaatkan waktu kita.

3. Mau bekerja keras

Adam Smith seorang ahli ekonomi, mengatakan bahwa sumber kemakmuran adalah bekerja. Bekerja merupakan tugas kita dalam menjalani hidup sekaligus sebagai tanda pengabdian kita kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Jalaluddin Rumi mengatakan bahwa orang yang bekerja atau berusaha merupakan manifestasi rasa syukur kepada Allah, sedangkan yang bermalas-malasan sama halnya dengan mengingkari nikmat tersebut. Bekerja keras akan menghasilkan sesuatu baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri, keluarga, atau masyarakat.

4. Tidak mengikuti gengsi

Semua pekerjaan yang halal dan menghasilkan uang adalah baik, mengapa kita harus gengsi apalagi malu melakukannya? Bekerja dengan tekun tanpa gengsi diikuti dengan keikhlasan akan mendatangkan ketenangan dan kenikmatan hati.

5. Jujur

Proklamator dan mantan wakil presiden Republik Indonesia Bapak Muhammad Hatta mengemukakan bahwa kurang cerdas dapat diperbaiki dengan belajar, kurang cakap dapat dihilangkan dengan pengalaman, tetapi kurang jujur, payah dan susah dibetulkannya.

Jika kita harus berlaku dan bertindak jujur dalam segala hal, hasil yang diperoleh akan memberikan berkah dan menenangkan hati. Seseorang yang melakukan tindakan kreatif akan berpedoman pada kata hati nuraninya yang selalu menganut kejujuran.

6. Pantang menyerah

Kegagalan merupakan kesuksesan yang tertunda. Hal ini bermakna bahwa kita harus berusaha pantang menyerah, gagal satu kali, kita perbaiki dan dijadikan pelajaran untuk maju dan terus berusaha. Umumnya orang sukses pernah mengalami kegagalan, kemudian bangkit untuk memperoleh kesuksesan.

7. Mewujudkan impian menjadi kenyataan

Orang yang kreatif memiliki impian yang sekaligus mampu mewujudkannya menjadi kenyataan. Seseorang yang mempunyai impian diikuti keyakinan untuk mewujudkannya, memberikan dorongan untuk berusaha dan berkreasi untuk meraihnya sehingga impian tersebut menjadi kenyataan.

Walt Disney mengatakan bahwa semua impianimpian kita dapat menjadi nyata jika kita memiliki keyakinan untuk mewujudkannya.

8. Berani mengubah nasib

Tuhan memberikan kemampuan kepada manusia untuk mengubah nasibnya. Tidak berubah nasib seseorang (kaum) jika bukan dia (kaum) itu sendiri yang mengubahnya.

Ini memberikan makna bahwa kita diberikan jalan untuk berusaha sekuat tenaga untuk meraih keberhasilan. Namun usaha yang kita lakukan didasari dengan pikiran yang terarah, punya keberanian mengubah, dan memanfaatkan kesempatan baik yang diperoleh.

9. Sukses YES, stres NO

Ada beberapa orang yang mengalami stres jika usaha dan cita-citanya tidak tercapai. Orang kreatif tidak mengenal kegagalan sehingga tidak pernah merasa stres.

Ia mengetahui cara mengelola dirinya dengan memanjatkan doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, melakukan kegiatan refreshing (penyegaran), melakukan kegiatan bermanfaat, melakukan olah raga teratur dan relaksasi (peregangan otot), mendengarkan musik, selalu berpikir positif, tidak iri hati, dan selalu tertawa ceria. Bekerja dan belajar, sukses YES, stres NO.

10. Berguna untuk sesama

Pernahkah kamu memikirkan betapa pentingnya listrik bagi hidup kita, bahkan kita hampir sudah mengalami ketergantungan dengan listrik.

Sehari saja tanpa listrik terasa hampir semua pekerjaan kita terhenti. Namun pernahkah juga kamu memikirkan siapa yang pertama kali menciptakan listrik dan mesin pembangkit listriknya? Alangkah mulianya orang yang memberi kita kemudahan dalam hidup ini.

Orang tersebut berguna untuk semua. Orang kreatif dapat melahirkan satu karya cipta yang membuat orang lain menjadi lebih mudah hidupnya.

Sartono Mukadis mengatakan setiap orang bisa menjadi lilin kalau tidak bisa menjadi obor. Kalau tidak bisa menjadi lilin ia bisa menjadi geretan atau korek api yang memberi setitik cahaya di lorong-lorong hidup yang gelap.

11. Bersyukur kepada Tuhan

Sebagai manusia yang beriman tentu selalu memiliki sandaran kepada Tuhan Yang Maha Esa. Semua yang dikerjakan dengan susah payah disertai keikhlasan yang diikat dengan rasa syukur kepada Tuhan, akan membuat hati kita damai. Rasa syukur dapat pula direalisasikan dalam bentuk bersedekah kepada orang lain.

Pemenuhan kebutuhan masa depan memerlukan usaha yang kreatif. Usaha kreatif dapat berbentuk fisik, seperti berusaha/bekerja menggunakan kekuatan fisik, dan berbentuk nonfisik, seperti bekerja menggunakan pikiran.

Berikut beberapa gagasan kreatif yang dapat dipelajari dan dikembangkan seorang pelajar yang nantinya dapat digunakan untuk melakukan tindakan/usaha kreatif.

a. Berjualan kue atau makanan di sekolah atau dari rumah ke rumah.

b. Jasa pelayanan pengetikan naskah, seperti pengetikan makalah, proposal, dan skripsi.

c. Jika sudah ada bakat memotong rambut, nantinya bisa dikembangkan dengan membuka salon kecil-kecilan di rumah atau mungkin dapat mendatangi para pelanggan.

d. Jasa pengambilan gambar (memotret diri atau objek lainnya), seperti memotret upacara perkawinan, ulang tahun, dan foto keluarga, yang dapat dikembangkan untuk memperoleh kesenangan sekaligus penghasilan.

e.Jika memiliki keterampilan dan bakat memasak dapat dikembangkan dengan mengajar les masak atau membuat kue.

f. Jika tinggal di sekitar tempat wisata, dapat menjadi penunjuk jalan (guide) untuk para wisatawan.

g. Saat membeli barang konsumsi langsung, misalnya makanan dan minuman jangan lupa periksa tanggal berlakunya.  Apakah sudah lewat waktu pemakaian atau belum? Jika sudah lewat waktu jangan sekali-kali dikonsumsi karena sangat berbahaya bagi tubuh.

Gagasan kreatif yang dapat dilakukan bukan saja seperti yang tercantum di atas, tetapi masih banyak lagi yang lain yang menunjang adanya kemandirian.

Kemandirian selayaknya dimulai dari kemampuan menolong diri sendiri, misalnya seorang siswa SMP selayaknya menyiapkan segala keperluan untuk sekolahnya sendiri, bangun pagi, belajar,

dan mengerjakan pekerjaan rumahnya. Semakin mampu menolong diri sendiri, semakin memberi peluang untuk tumbuh dan berkembang menyongsong masa depan yang cemerlang.

Umumnya pengusaha dan pemimpin yang sukses dimulai dari gagasan kreatif yang kecil kemudian berkembang besar karena mampu menolong dirinya sendiri dan orang lain.

1 Response to "Pengertian Wirausaha dan Kewirausahaan Menurut Para Ahli Serta Cara Bisnis Sukses "

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

wdcfawqafwef