Contoh Cara Pemanfaatan Sumber Daya Alam Ekonomi

Dengan adanya sumberdaya alam yang begitu melimpah terutama di Negara Indonesia yang di kenal sebgai negara agraris, Bukan berarti sewena-wena memakainya tanpa memikirkan dampak dari cara pengambilan manfaatnya. Sehingga manfaat sumber daya alam  yang seharusnya sampai 50 -an namun hanya bertahan 5 tahun atau kurang dari 50 th. Lalu bagai mana pemanfaatan sumber daya alam, cara pemanfaatan sumber daya alam yang benar? Nah....oleh sebab itu pembahasan kali ini akan membahas mengenai contoh pemanfaatan sumber daya alam, pengertian eksploitasi, pemanfaatan faktor produksi.

Pemanfaatan sumber daya ekonomi


Pemanfaatan sumber daya ekonomi sewajarnya memperhatikan budaya masyarakat setempat agar tidak terjadi pertentangan dan perselisihan yang merugikan masyarakat pemilik dan pengguna faktor produksi.

Cara cara pemanfaatan sumber daya ekonomi 

a. Pemanfaatan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui harus dilakukan dengan bijaksana, jangan sampai ada yang terbuang percuma. Begitu pula dalam pemanfaatan sumber daya alam yang dapat diperbarui, kita harus terus meningkatkan jumlah dan kualitasnya.

Pemanfaatan sumber daya alam selayaknya juga dikelola dengan menyesuaikan budaya masyarakat, menjaga kelangsungan ekosistem flora dan fauna, menjaga kelestarian lingkungan, dan meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat sekelilingnya. Hasil yang diperoleh dari sumber alam tersebut tidak menggeser bahkan mematikan budaya masyarakat atau menjadikan kelangkaan sumberdaya.

b. Tenaga kerja yang digunakan pada proses produksi hendaknya dilakukan secara manusiawi, memperhatikan budaya dan adat istiadat yang telah tertanam dan dipelihara masyarakat.

Artinya, pada saat tenaga kerja dimanfaatkan dalam proses produksi, harus disadari bahwa kemampuan mereka ada batasnya, baik tenaga maupun keahliannya.

c. Penggunaan modal uang dan peralatan dalam menghasilkan barang dan jasa tidak bertentangan dengan agama, adat istiadat, dan budaya yang telah ada. Penggunaan modal pun harus dengan perhitungan agar modal tidak habis dan hilang sia-sia.

d. Pemanfaatan jiwa kewirausahaan dilakukan dengan terus menggali informasi tentang hal-hal yang baru dan menambah penguasaan ilmu pengetahuan, baik dengan membaca, menonton televisi, maupun dengan mengikuti pelatihan-pelatihan.

Pemanfaatan faktor produksi tidak hanya memperhatikan budaya masyarakat setempat, namun memperhatikan pula etika ekonomi.

Pemanfaatan faktor produksi

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemanfaatan faktor-faktor produksi yang sesuai dengan etika ekonomi.

a. Tidak melakukan eksploitasi

Pengertian eksploitasi adalah pengambilan sumber daya alam untuk dipakai dipergunakan atau dimanfaatkan dalam berbagai keperluan manusia dalam hidupnya.
Pemanfaatan faktor produksi alam tidak dilakukan di luar kemampuan faktor produksi alam (faktor produksi alam dieksploitasi). Eksploitasi akan mengakibatkan kehancuran faktor produksi alam dan selanjutnya akan merugikan masyarakat umum.

Contoh Cara Pemanfaatan Sumber Daya Alam Ekonomi
Gambar: Eksploitasi Alam

b. Saling menguntungkan

Faktor produksi yang digunakan dalam proses produksi untuk menghasilkan barang atau jasa selayaknya saling menguntungkan, maksudnya tidak merugikan penyedia maupun pengguna faktor produksi. Misalnya,

Kayu yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan mebel, lemari, dan perabot lainnya, tidak selayaknya diambil dari hutan jati yang dilindungi, apalagi mengambil jati dan diselundupkan.

Pabrik yang menghasilkan limbah selayaknya mengolah ulang limbahnya sampai tidak berbahaya bagi penduduk.

1 Response to "Contoh Cara Pemanfaatan Sumber Daya Alam Ekonomi"

  1. makasih atas informasinya,sangat menambah ilmu pengetahuan.
    http://www.sinidomino.com/

    ReplyDelete

wdcfawqafwef