Loading...

Laporan Laba/Rugi Perusahaan Jasa Lengkap

Loading...
Loading...
Pembahasan kali ini akan membahas tentang laporan laba rugi perusahaan jasa, unsur-unsur laporan laba rugi perusahaan jasa, pengertian pendapatan, revenue, expenses atau pendapatan dan langkah akhir proses akuntansi.

Laporan Laba/Rugi Perusahaan Jasa

Setelah kalian menyusun kertas kerja, berikutnya adalah menyusun laporan keuangan sebagai langkah akhir proses akuntansi. Laporan yang pertama-tama disusun adalah laporan laba/rugi.

Secara umum, isi dari laporan laba/rugi terdiri dari dua unsur, yaitu
1. revenue (hasil) atau pendapatan, dan
2. expenses (beban-beban).

Pendapatan adalah hasil yang diperoleh dari kegiatan perusahaan, seperti penjualan barang dagangan, memberikan jasa kepada pelanggan, sewa dari hak milik, penerimaan bunga dari meminjamkan uang, dan pekerjaan lain yang dilakukan untuk mendapatkan hasil. 

Karena pendapatan merupakan hasil perusahaan yang mengakibatkan bertambahnya kapital/modal, pendapatan dicatat di sisi kredit.

Laporan Laba/Rugi Perusahaan Jasa Lengkap
Gambar: Contoh Perusahaan Jasa

Beban adalah pengeluaran uang atas prestasi yang diterima untuk menjalankan perusahaan atau untuk membiayai proses produksi yang digunakan dalam rangka mendapatkan hasil. Beban perusahaan mengakibatkan berkurangnya kapital/modal maka dicatat di sisi debit.

Laporan laba/rugi dapat disusun dalam dua langkah.


a. Single step (langkah tunggal)

Penyajiannya dibuat dengan menjumlahkan semua pendapatan kemudian dikurangi seluruh beban yang ada pada periode laporan.


b. Multi step (langkah ganda)

Penyajiannya dibuat dengan mengelompokkan pendapatan atas pendapatan usaha dan pendapatan di luar usaha. Beban dikelompokkan menjadi beban usaha dan di luar usaha.

Dari penyajian dengan langkah ganda akan dapat dilihat laba yang diperoleh dari usaha dan laba yang diperoleh dari luar usaha.

Laporan laba/rugi harus memuat hal-hal berikut.

1. Nama perusahaan.
2. Jenis laporan, dalam hal ini laporan laba/rugi.
3. Periode laporan.
4. Pendapatan dan beban; beban ditulis secara rinci dan lengkap dari beban

yang terbesar ke beban terkecil, kecuali beban lain-lain ditulis paling bawah. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai penyajian laporan laba/rugi, baik dalam penyajian langkah tunggal (single step) maupun langkah ganda (multi step), kalian dapat mempelajari ilustrasi kertas kerja Bengkel Mobil ”Maverick” per 31 Desember 2005.

Fungsi kertas kerja ini sebagai bahan untuk menyusun laporan laba/rugi. Berdasarkan kertas kerja perusahaan Bengkel Mobil “Maverick” maka dapat disusun laporan keuangan sebagai berikut.

1. Laporan penghitungan laba/rugi

a. Penyajian dalam bentuk stafel (format laporan) dengan langkah tunggal.

Kesimpulan:
Pada laporan laba/rugi bentuk stafel dengan langkah tunggal, tidak ada pemisahan antara pendapatan usaha dan pendapatan di luar usaha, juga tidak ada pemisahan antara beban usaha dan beban di luar usaha.

b. Penyajian dalam bentuk stafel (format laporan) dengan langkah ganda

Kesimpulan:
Pada bentuk stafel, langkah ganda dapat dibedakan menjadi pendapatan usaha dan pendapatan di luar usaha atau beban usaha dan beban di luar usaha.

c. Penyajian dalam bentuk skontro (sebelah-menyebelah).

Kesimpulan:
Pada laporan laba/rugi bentuk skontro (sebelah-menyebelah), semua beban ada di sebelah kiri dan semua pendapatan ada di sebelah kanan.

Loading...
Loading...

0 Response to "Laporan Laba/Rugi Perusahaan Jasa Lengkap"

Post a Comment