Pemakai (Pengguna) dan Kegunaan Sistem Informasi Akuntansi

Setelah kamu mempelajari pengertian akuntansi dan sejarahnya ternyata banyak kegunaan kegunaa lainnya  yang akan kita kaji pada materi ini berkaitan dengan  kegunaan informasi akuntansi, pemakai sistem informasi akuntansi baik dari pemakai internal maupun eksternal, kegunaan sistem informasi akuntansi dan pengguna sistem informasi akuntansi.

Pemakai Informasi Akuntansi dan Kegunaannya

Pemakai Internal

Dalam hal ini adalah pimpinan perusahaan (manajer) yang bertanggung jawab dalam pengambilan suatu keputusan.

Setiap rumah tangga konsumsi dan rumah tangga produksi memerlukan informasi keuangan untuk mencapai tujuan yang diharapkan, yaitu mencapai laba maksimal dengan pengorbanan tertentu.
Pemakai internal adalah pihak yang menyelenggarakan usaha, seperti rumah tangga konsumsi (RTK) dan rumah tangga produksi (RTP). 
Oleh karena itu, diperlukan cara pencatatan yang sistematis agar dapat menganalisis transaksi keuangan menjadi informasi ekonomi yang berguna.

Pemakai (Pengguna) dan Kegunaan Sistem Informasi Akuntansi


Pemakai Eksternal

Pihak eksternal adalah pihak-pihak yang berkepentingan dengan suatu usaha atau perusahaan, tetapi merupakan pihak di luar perusahaan. Sebagai contoh, bank yang memberikan kredit (pinjaman). 

Bank perlu memastikan apakah debiturnya (perusahaan) yang diberikan fasilitas kredit dapat melunasi seluruh pinjamannya pada waktu yang telah ditetapkan sehingga bank terhindar dari permasalahan kredit macet?

Kegunaan Informasi Akuntansi

Akuntansi menyajikan teknik pengumpulan data. Peran tersebut menjadi bahasa komunikasi ekonomi, baik bagi perseorangan maupun badan usaha.

Proses penggunaan akuntansi dalam menyajikan informasi kepada para pemakainya dapat dilihat pada diagram berikut.
Pemakai (Pengguna) dan Kegunaan Sistem Informasi Akuntansi

Setelah memerhatikan diagram di atas, dapat diketahui siapa saja yang menggunakan informasi akuntansi mereka adalah investor, kreditor, pemerintah, karyawan, juga manajer atau pemimpin perusahaan.

Informasi akuntansi berguna bagi mereka sebagai dasar pengambilan keputusan serta sebagai bukti pertanggungjawaban manajemen kepada pemilik, di samping bukti untuk mengetahui perkembangan perusahaan dari tahun ke tahun.

Dengan demikian, kegunaan akuntansi adalah
a. untuk mendapatkan informasi keuangan perusahaan;
b. untuk bukti pertanggungjawaban manajemen kepada pemilik;
c. untuk mengetahui perkembangan perusahaan.

0 Response to "Pemakai (Pengguna) dan Kegunaan Sistem Informasi Akuntansi"

Post a Comment

wdcfawqafwef