Pengertian dan Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Suatu Negara

Setelah kamu mengetahui pembangunan ekonomi maka ada beberapa hal yang harus kamu pelajari lebih dalam lagi yaitu mengenai pengertian ppertumbuhan ekonomi, faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi, bagai mana mengukur laju pertumbuhan ekonomi,  faktor nono ekonomi dan faktor ekonomi yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan Ekonomi

Pada awal pembangunan ekonomi suatu negara, umumnya perencanaan pembangunan ekonominya berorientasi pada masalah pertumbuhan.

Hal ini bertujuan untuk pembentukan modal yang memang dibutuhkan dalam pembangunan agar proses pembangunan berjalan lebih cepat dan mencapai tujuan yang diharapkan.

Dengan demikian, terdapat perbedaan antara pembangunan ekonomi (economic development) dan pertumbuhan ekonomi (economic growth) walaupun pada keduanya terdapat kaitan yang erat.

Pengertian Pertumbuhan Ekonomi

Apa yang kamu ketahui mengenai pertumbuhan ekonomi?
Menurut Simon Kuznets, pertumbuhan ekonomi adalah kenaikan kapasitas dalam jangka panjang dari negara yang bersangkutan untuk menyediakan berbagai barang ekonomi bagi penduduknya. 

Kenaikan kapasitas itu sendiri ditentukan atau dimungkinkan oleh adanya kemajuan atau penyesuaian-penyesuaian teknologi, kelembagaan, dan ideologis terhadap berbagai tuntutan keadaan yang ada.

Dari definisi di atas berarti terdapat tiga komponen pokok dalam pertumbuhan ekonomi sebagai berikut.

a. Kenaikan output secara berkesinambungan merupakan perwujudan dari pertumbuhan ekonomi, sedangkan kemampuan menyediakan berbagai jenis barang itu sendiri merupakan tanda kematangan ekonomi di suatu negara.

b. Perkembangan teknologi merupakan dasar atau prakondisi bagi berlangsungnya pertumbuhan ekonomi secara berkesinambungan.

c. Untuk mewujudkan potensi pertumbuhan yang terkandung di dalam teknologi baru, perlu diadakan serangkaian penyesuaian kelembagaan, sikap, dan ideologi. Inovasi dalam bidang teknologi harus dibarengi dengan inovasi dalam bidang sosial.

Pengertian dan Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Suatu Negara


Dari definisi tersebut, terlihat jelas perbedaan antara pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi.

Faktor-faktor yang Memengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Dalam rangka mempertahankan dan mempertinggi hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai pertumbuhan ekonomi dipengaruhi oleh banyak hal. Faktor-faktor tersebut dapat dibedakan menjadi faktor ekonomi dan faktor non ekonomi.

a. Faktor ekonomi, terdiri dari:

1. Sumber alam.

2. Akumulasi modal, yaitu semua bentuk atau jenis investasi baru yang ditanamkan pada tanah, peralatan fisik, dan modal sumber daya manusia.

3. Organisasi.

4. Kemajuan teknologi, teknologi merupakan cara bagaimana berbagai sumber alam, modal, tenaga kerja, dan keterampilan dikombinasikan untuk merealisasikan tujuan produksi.

Ada tiga macam kemajuan teknologi, yaitu kemajuan teknologi yang menghemat tenaga kerja, kemajuan teknologi yang menghemat modal, dan kemajuan teknologi yang menghemat tenaga kerja dan modal

5. Pembagian kerja.

6. Skala produksi.

b. Faktor non ekonomi, terdiri dari:

1. Manusia, suatu bangsa dapat mewujudkan kemajuan teknologi, termasuk ilmu pengetahuan dan manajemen, serta modal fisik seperti bangunan dan peralatan mesin-mesin hanya jika negara tersebut memiliki modal manusia yang kuat dan berkualitas.

Modal manusia berperan secara signifikan, bahkan lebih penting daripada faktor teknologi dalam memacu pertumbuhan ekonomi. Modal manusia tersebut tidak hanya menyangkut kuantitas, tetapi yang jauh lebih penting adalah kualitas.

2. Sosial.

3. Budaya.

4. Politik dan administratif.


Mengukur Laju Pertumbuhan Ekonomi


a. Cara tahunan
Pengertian dan Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Suatu Negara


b. Cara rata-rata setiap tahun
Pengertian dan Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Suatu Negara




c. Cara rata-rata setiap tahun
Pengertian dan Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Suatu Negara


r      = Laju pertumbuhan ekonomi rata-rata setiap tahun

n     = Jumlah tahun (dihitung mulai dengan sampai dengan)

tn    = Tahun terakhir periode

to    = Tahun awal periode

d. Cara compounding factor
Pengertian dan Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Suatu Negara

0 Response to "Pengertian dan Faktor Yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi Suatu Negara"

Post a Comment

wdcfawqafwef