Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli (Kelangkaan, Opportunity Cost dan Choices)

Pembahasan kali ini akan membahas mengenai pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli, definisi ilmu ekonomi  pengertian kelangkaan, kelangakaan sumberdaya alam, kelangkaan ekonomi, kelangakaan sumber daya, cara mengatasi kelangkaan, pengertian opportunity cost, opportunity cost adalah dan contoh opportunity cost.

Ilmu ekonomi


Ilmu ekonomi sering dikaitkan dengan uang. Kalau belajar ekonomi harus bisa mengatur dan memiliki uang.

Padahal seorang sarjana ekonomi tidak harus kaya dan belum tentu dapat hidup hemat. Uang memang dipalajari dalam ilmu ekonomi.

Terapi bukan satu-satunya materu studi. Bahkan Uang hanya sebagian kecil materi studi ilmu ekonomi. Jadi apa yang sebenarnya dipelajari dalam ilmu ekonomi?

Pengertian ilmu ekonomi

Jawaban atas pertanyaan di atas, dimulai dengan pertanyaan tentang siapakah diri kita (manusia)? Salah satu jawaban paling setring adalah makhluk yang serba terbatas. Tidak semua cita-cita atau keinginannya dapat tercapai.

Karna itu manusia harus menentukan pilihan. Keputusan dalam menentukan pilihan bukanlah pekerjaan mudah. Sebab harus ada pertimbangan-pertimbangan tertentu. Karnanya manusia perlu belajar bagaimana menentukan pilihan. Hal ini lah yang di pelajari dalam ilmu ekonomi.

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli (Kelangkaan, Opportunity Cost dan Choices)
Gambar: Uang

Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku individu dan masyarakat dalam menentukan pilihan untuk menggunakan sumber daya-sumber daya yang langka (dengan dan tanpa uang) dalam upaya meningkatkan kualitas hidup.

 a. Kelangakaan (Scarcity)

Keterbatasan kita menyebabkan banyakhal terasa langka. Kelangkaan mencangkup kuantitas, kualitas, tempat dan waktu.

Sesuatu tidak akan langka jikalau jumlah (kuantitas) yang tersedia sesuai denga kebutuhan, berkualitas baik, tersedia dimana saja (disetiap tempat) dan kapan saja (waktu) dibutuhkan.

Udara (oksigen) untuk bernapas manusia, dipedasaan yang masih hijau dan bersih, belum langka. Sebab tersedia dalam jumlah banyak , berkualitas baik, tersedia dimana saja dan kapan saja.

Karna itu mereka yang tinggal di pedesaan tidak perlu mengeluarkaan uang sedikitpun untuk memenuhi kebutuhan oksigen bagi pernapasannya.

Tidak demikian halnya dengan mereka yang tinggal di wilayah industri di Jepang. Polusi udara yang sudah parah membuat mereka tidak leluasa lagi menghirup udara berkualitas baik dalam jumlah banyak.  Untuk menikamatinya diperlukan biaya.
Jadi pengertian kelangkaan adalah.


b. Pilihan-pilihan (choices)

Dalam setiap masyarakat selalu dipadati banyak kebutuhan manusia tidak terbatas banyaknya. Manusia tidak pernah merasa puas atas apa yang mereka peroleh dan mereka capai. Apabila keinginan sebelumnya sudah tercapai, maka akan muncul keinginan-keinginan lainnya.

Terbatasnya sumberdaya tersedia dibandingkan kebutuhan/keinginan, menyebabkan manusia harus menentukan piliha-pilihan yang bersifat individu maupun kolektif.

Pilihan yang bersifat individu miisalnya, baju apa yang akan dipakai hari ini. Pilihan kolektif misalnya kemana kita piknik hari sabtu besok. Ada juga pilihan-pilihan yang kompleks (sulit). Misalnya mana yang kita dahulukan antara sekolah dulu apa cepat-cepat bekerja.

c. Biaya Kesempatan (Opportunity cost)

Ilmu ekonomi memandanga manusia sebagai makhluk rasional. Pilihan yang dibuatnya berdasarkan pertimbangan untung rugi, dengan membandingkan biaya yang harus dikeluarkan dan hasil yang akan diperoleh. Biaya yang dimaksudkan dalam ilmu ekonomi (ekonomic kost) berbeda dengan konsep biaya akuntansi (accounting cost).

Bagi seorang akuntan, biaya adalah total uang yang dikeluarkan untuk memperoleh  atau menghasilkan sesuatu. Misalnya nona lia berbisnis jual beli mobil bekas.

Di bawah tahun, ia membeli sebuah mobil bekas dengan harga Rp70 juta. Mobil itu diperbaiki dengan biaya Rp10 juta. Maka total harga perolehan mobil tersebut menurut konsep akuntansi adalah Rp80 juta. Di akhir tahun mobil tersebut terjual seharga Rp92 juta. Nona Lia untung Rp12 juta. Benarkah demikian?\

Ekonomi memandang dalam sudut lebih luas, yaitu alternatif penggunaan uang sebesar Rp80 juta, jika tidak digunakan untuk membeli mobil bekas.

Alternatif yang paling umum adalah menyimpannya dalam deposito berjangka. Jika bunga deposito 20%per tahun, diakhir tahun Nona Lia menjadii Rp90 juta.

Jadi walau secara akuntansi Nona Lia untung Rp12 juta, secara ekonomi rugi Rp4 huta. Sebab dengan mendepositkan uangnnya dia bisa memperoleh Rp4 juta lebih banyak dibanding menjual mobil bekasya.

Konsep yang dijelaskan adalah biaya kesempatan (opportunity cost), Yaitu kesempatan (untuk memperoleh sesuatu) yang hilang karena kita telah memilih alternatif lain.

Pengertian biaya kesempatan (opportunity cost) Adalah hilangnya kesempatan karna telah memilih kesempatan lainnya.

sampai di sini ilmu ekonomi sudah dapat didefinisikan. Kita dapat merumuskannya sebagai ilmu memilih (study of choice), karena mempelajari perilaku manusia dalam menentukan pilihannya. Definisi yang lebih rinci misalnya:

ilmu ekonomi mempelajari perilaku individu dan masyarakat dalam menetukan pilihan untuk menggunakan sumber daya-sumber daya yang langka dalam upaya meningkatkan kualistas hidup.

0 Response to "Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli (Kelangkaan, Opportunity Cost dan Choices)"

Post a Comment

wdcfawqafwef