Pengertian Jenis-Jenis Kode Akun Lengkap

Setelah kamu mempelajari penggolongan akun maka pembahasan kali ini akan membahas tentang pengertian kode akun, jenis-jenis kode akun, kode numerial, kode desimal, kode kelompok dan kode blok.

Kode Akun

Pengertian Kode Akun

Kode akun dicantumkan untuk memudahkan proses pencatatan, pencarian, penyimpanan, serta pembebanan pada setiap akun.

Kode akun adalah pemberian tanda/nomor tertentu dengan memakai angka, huruf, atau kombinasi angka dan huruf pada setiap akun.

Jenis-jenis Kode Akun

Ada beberapa kode akun yang dapat digunakan, seperti kode numerial, kode desimal, kode mnemonik, serta kode kombinasi huruf dan angka. Kode akun yang dibahas di sini adalah kode numerial dan kode desimal.
Pengertian Jenis-Jenis Kode Akun Lengkap

a. Kode Numerial

Kode numerial adalah cara pengkodean akun berdasarkan nomor secara berurutan, yang dapat dimulai dari angka 1, 2, 3, dan seterusnya.

b. Kode Desimal

Kode desimal adalah cara pemberian kode akun dengan menggunakan lebih dari satu angka dan setiap angka mempunyai arti. Kode desimal ini dapat dibedakan atas kode kelompok dan kode blok.

1. Kode Kelompok

Kode kelompok merupakan cara pemberian kode akun dengan mengelompokkan akun. Setiap kelompok akun diberi nomor kode sendiri-sendiri. Amatilah ilustrasi berikut ini!

Contoh
Piutang usaha termasuk kelompok akun harta diberi nomor 1, untuk harta termasuk golongan akun harta lancar yang diberikan nomor kode 1, dan merupakan jenis harta lancar yang kedua sehingga diberi nomor urut 2. Dari cara mengelompokkan tersebut, nomor akun piutang usaha
diberikan nomor kode tiga angka yaitu 112.

2. Kode Blok

Kode blok adalah pemberian kode akun dengan cara memberikan satu blok kode di setiap kelompok akun. Misalnya, harta diberikan nomor 100–199, kewajiban diberi nomor 200–299, modal diberikan nomor 300–399, pendapatan nomor 400–499, dan beban nomor 500–599.

0 Response to "Pengertian Jenis-Jenis Kode Akun Lengkap"

Post a Comment

wdcfawqafwef