Pengertian Manfaat, Faktor Pendorong, dan Keuntungan Perdagangan Internasional

Setelah banyak mengetahui pengertian keunggulan komparatif dan keunggulan absolut yang dimana keuda keunggulan tersebut sangat mempengaruhi perdagangan internasional suatu negara. Berkenaan dengan itu materi ini akan membahas tentang faktor-faktor perdagangan internasional, keunggulan perdagangan internasional,  manfaat perdagangan internasional dan perdagangan internasional.

Pedagangan Internasional 

Perdagangan internasional adalah kegiatan yang sangat  mempengaruhi pembangunan negara yang menganut sistem perekonomian terbuka, yang dimana unsur ekspor dan impor sangat erat juga kaitannya dengan perdagangan internasional. Semua itu telah dibahas di pelaku kegiatan ekonomi 4 sektor dan peran perekonomian luar negri.
Perdagangan internasional yaitu ketika terjadi kegiatan transaksi jual-beli barang dan jasa yang di dalamnya melibatkan sejumlah pelaku. Penjual dan pembeli sebagai pelaku biasa dalam batas wilayah tertentu (lokal) atau wilayah luas dalam suatau negara (nasional) samapai antarnegara (internasional).

Faktor-faktor Pendorong

a. Adanya keanekaragaman kondisi produksi

Perdagangan diperlukan disebabkan adanya keanekaragaman kondisi produksi di setiap negara. Misalnya, negara X yang memiliki iklim tropis berspesialisasi dengan memproduksi pisang dan kopi untuk ditukarkan dengan barang dan jasa dari negara lain.

b. Adanya penghematan biaya

Dengan adanya increasing returns to scale, yaitu penurunan biaya pada skala produksi yang besar, artinya proses produksi cenderung memiliki biaya produksi rata-rata yang lebih rendah ketika volume produksi ditingkatkan. Produksi yang dihasilkan selanjutnya akan dijual ke pasar global.

c. Adanya perbedaan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)

Perbedaan iptek antara negara satu dengan negara lainnya akan menyebabkan perbedaan jenis barang yang dihasilkan.

Negara-negara yang ipteknya sudah lebih maju akan cenderung menghasilkan lebih banyak barang-barang industri, sedangkan negara-negara yang ipteknya masih belum maju atau terbatas akan lebih banyak memproduksi barang-barang agraris.

d. Adanya perbedaan selera

Dengan adanya perbedaan selera akan memungkinkan suatu negara melakukan perdagangan. Misalnya, negara X dan Y sama-sama menghasilkan daging sapi dan daging ayam dengan jumlah yang hampir sama.
Pengertian Manfaat, Faktor, dan Keuntungan Perdagangan Internasional
Gambar: Perdagangan Internasional
Penduduk negara X tidak menyukai daging sapi, sedangkan penduduk negara Y tidak menyukai daging ayam maka dapat terjadi ekspor yang saling menguntungkan di antara kedua negara tersebut, dengan cara negara X mengimpor daging ayam dan mengekspor daging sapi, sebaliknya negara Y mengimpor daging sapi dan mengekspor daging ayam.

e. Adanya perbedaan kebudayaan dan gaya hidup

Perbedaan kebudayaan dan gaya hidup di masing-masing negara juga dapat mendorong terjadinya perdagangan antarnegara, misalnya barang-barang seni atau kerajinan yang dihasilkan oleh suatu negara sangat diwarnai oleh kebudayaan dan gaya hidup masyarakat di negara yang bersangkutan.

Manfaat Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional memiliki peran penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dunia. Berikut beberapa manfaat yang diperoleh dari pelaksanaan perdagangan internasional.

a. Menciptakan efisiensi dan spesialisasi, negara kita tidak harus memproduksi semua produk yang dibutuhkan oleh masyarakat, tetapi memproduksi produk yang paling efisien dibandingkan negara lain. Hal ini menciptakan efisiensi dan spesialisasi dalam perekonomian suatu negara.

b. Memungkinkan konsumsi yang lebih luas bagi penduduk suatu negara, dengan adanya perdagangan internasional, masyarakat Indonesia dapat menikmati berbagai produk elektronik buatan negara Jepang seperti televisi, komputer, telepon gengam, kamera digital, dan playstation.

Sebaliknya, masyarakat di negara lain dapat menikmati berbagai produk kerajinan dan karya seni bangsa Indonesia yang sangat indah dan beragam.

c. Mendorong semangat berprestasi dan bersaing, karena dalam perdagangan internasional dituntut produk yang memiliki mutu dan daya saing tinggi, masing-masing negara berupaya lebih produktif dan lebih efisien dalam menciptakan produk-produk yang inovatif, yang memiliki keunggulan lebih dari negara lain.

d. Sumber pemasukan kas negara, produk yang memiliki daya saing tinggi, karena diproduksi dengan efisien dan inovatif, akan meningkatkan ekspor sehingga dapat meningkatkan pendapatan negara.

e. Menjalin kerja sama dan persahabatan antarnegara, dengan adanya perdagangan internasional secara langsung akan menciptakan kerja sama dan persahabatan antarnegara untuk mencapai kemakmuran bersama.

Keuntungan Perdagangan Internasional

Ada dua keuntungan yang akan diperoleh oleh suatu negara dengan melakukan perdagangan antarnegara, yaitu keuntungan produksi yang berkaitan dengan kegiatan ekspor suatu negara dan keuntungan konsumsi yang berkaitan dengan kegiatan impor suatu negara.

a. Keuntungan produksi

1. Perdagangan internasional dapat meningkatkan efisiensi dalam menghasilkan produk tertentu sesuai dengan keunggulan komparatifnya.

2. Peningkatan efisiensi akan menghasilkan produk berkualitas tinggi sehingga memiliki daya saing tinggi pula di pasar global.

b. Keuntungan konsumsi

1. Perdagangan internasional memungkinkan negara-negara mengonsumsi sejumlah barang dan jasa.

2. Perdagangan internasional memungkinkan negara memperoleh sumber bahan mentah dan bahan baku produksi yang tidak tersedia di dalam negeri.

0 Response to "Pengertian Manfaat, Faktor Pendorong, dan Keuntungan Perdagangan Internasional"

Post a Comment

wdcfawqafwef