Pengertian Angka Indeks dan Macam-Macam Indeks Harga

Pembahasan kali ini akan membahas mengenai pengertian angka indeks, macam-macam indeks harga, indeks harga konsumen, manfaat indeks harga konsumen, pengertian indeks harga perdagangan besar, pengertian indeks harga yang di terima dan dibayar dan pengertian indeks harga saham gabungan.

Angka Indeks 

Pengertian Angka Indeks

Angka indeks adalah angka perbandingan yang dinyatakan dalampersentase untuk mengukur perubahan relatif satu variabel atau lebih pada waktu tertentu atau tempat tertentu, dibandingkan dengan variabel yang sama pada waktu atau tempat yang lainnya. 

Singkatnya, angka indeks adalah angka perbandingan untuk mengukur perubahan variabel yang dinyatakan dalam persentase. Angka indeks digunakan untuk mengetahui perubahan-perubahanvariabel yang berkaitan dengan banyak aspek kehidupan manusia.

Macam-Macam Indeks Harga

1. Indeks Harga konsumen (IHK)/Consumer Index Price

Indeks Harga konsumen (IHK)/Consumer Index Price aldalh indeks harga yang mengukur perubahanperubahan yang terjadi pada harga eceran barang dan jasayang diminta konsumen dari waktu ke waktu. Indeks harga konsumendihitung oleh Biro Pusat Statistik. Berdasarkan buku Statistik Indonesia yang diterbitkan Biro

Pusat Statistik tahun 1998, barang dan jasa yang dihitung IHK-nya terdiri atas 249 sampai 353 jenis komoditi yang dihitung berdasarkan pada konsumsi, hasil survey biaya hidup di 44 kota besardi Indonesia.
Pengertian Angka Indeks dan Macam-Macam Indeks Harga

Seluruh komoditi tersebut digolongkan menjadi tujuh kelompok besar, yakni bahan makanan, makanan jadi, rokok dantembakau, perumahan, sandang, kesehatan, pendidikan, rekreasi danolah raga, serta transportasi dan komunikasi.

Peranan IHK bagi konsumen : masyarakat dapat mengetahui perkembangan ekonomi dengan melihat angka indeks yang dibutuhkan produsen mengani harga bahan baku dan ini dapat dijadikan pedoman pembelian barang indeks yang dibutuhkan produsen mengani harga bahan baku dan ini dapat dijadikan pedoman pembelian barang.

Manfaat Indeks harga konsumen

a. Manfaat indeks harga konsumen yaitu untuk mengetahui pengaruh kenaikan harga komoditas terhadap daya beli konsumen

b. Manfaat indeks harga konsumen yaitu dapat dijadikan indikator ekonomi untuk mengetahui tingkat inflasi

c. Manfaat indeks harga konsumen yaitu untuk mengethaui tingkat kenaikan pendapatan masyarakat

d. Manfaat indeks harga konsumen yaitu dapat dijadikan ukuran besarnya biaya produksi yang dikeluarkan

e. Manfaat indeks harga konsumen yaitu dapat digunakan untuk mengetahui daya beli nilai mata uang

2. Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB)/Whole Saler Price Index

Indeks harga perdagangan pada IHPB harga yang dipergunakan adalah harga produsen. Indeks ini berguna untuk mengukur perubahan harga selama dua periode, bukan perubahan kualitas, kuantitas atau penjualan.

Barang-barang yang diukur dengan IHPB adalah bahan mentah dan barang jadi yang diperjualbelikan di pasar primer. Jenis IHPB diklasifikasikan sebagai berikut :

a. Sektor pertanian dengan subsektor bahan makanan, tanamman perdagangan, kehutanan, perikanan, peternakan dan perkayuan.

b. Sektor pertambangan dan galian dengan subsektor batubara, aspal, pasir, batu kali dan kerikil.

c. Sektor industri dengan subsektor tekstil, pakaian jadi, barang-barang dari kulit, makanan, minuman, kertas, barang cetakan, karet dan plastik.

BPS biasanya menerbitkan laporan IHPB di sektor barang-barang ekspor, barang-barang impor, dan bahan bangunan secara berkala.

3. Indeks Harga yang Diterima dan Dibayar Petani. 

Indeks harga yang diterima dan dibayar petani adalah indeks harga barang yang dibeli dan dibayar petani, baik untuk proses produksi maupun untuk biaya hidupnya.

Jika dalam indeks harga itu ikut dihitung pajak, gaji buruh tani, dan bunga hipotik yang dibayar petani maka indeks harga yang diperoleh disebut indeks paritas.

Indeks harga yang diterima petani meliputi pendpatan yang diterima petani, sebesar 95% dari seluruh penerimaan dalam bentuk uanghasil penjualan produk agrarisnya.

Indeks harga yang dibayar petani terdiri dari dua kategori penting yaitu :

(1) Indeks pembelanjaan untuk konsumsi rumah tangga dan ;
(2) indeks pembelanjaan untuk produksi.

Indeks harga yang dibayar petani berguna untuk mengukur perubahan harga dan dipengaruhi oleh perubahan kualitas barang-barang yang disimpan oleh para pedagang.

Perbandingan antara indeks harga yang diterima dan dibayar petani disebut Nilai Tukar Petani (NTP) yang merupakan salah satu indikator secara tidak langsung dapat menunjukkan tingkat kesejahteraan petani.

Manfaat IHPB :
1. Untuk mengetahui perubahan-perubahan harga untuk pembelian barang dagangan
2. Untuk memprediksi keadaan harga pasa masa yang akan datang
3. Untuk menetapkan harga dasar bagi konsumen

Mengapa indeks harga tentang petani harus dihitung? Karena mayoritas penduduk Indonesia hidup dari sektor pertanian.

Dengan menghitung indeks harga yang diterima dan dibayar petani, pemerintah dapat menetapkan kebijakan yang tepat dalam memperhatikan dan meningkatkan kesejahteraan petani.

4. Indeks Harga Saham

Indek haaraga saham adalah yaitu indeks harga yang mengukur perubahan harga saham di pasar modal. Dengan melihat perkembangan indeksharga saham, para pelaku pasar saham dapat membuat keputusan yangtepat dalam kegiatan jual beli saham

0 Response to "Pengertian Angka Indeks dan Macam-Macam Indeks Harga"

Post a Comment

wdcfawqafwef