Pengertian, Ciri-Ciri dan Tujuan Konsumsi Lengkap Beserta Contoh

Setelah kamu mengetahui pengertian konsumen maka pemabahasan kali ini akan membahas mengenai  pengertian konsumsi, ciri-ciri konsumsi, tujuan konsumsi, faktor yang mempengaruhi konsumsi, contoh konsumsi, pengertian konsumen, contoh benda yang dikonsumsi oleh konsumen, setatus sosial, barang substitusi, kebiasaan konsumen, pendapatan, selera konsumen dan Faktor Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Konsumsi Barang/Jasa.

Perilaku Konsumen

Pengertian konsumsi adalah kegiatan menghabiskan atau mengurangi nilai guna suatu barang dan jasa. 
Conothnya : makan nasi adalah merupakan kegiatan konsumsi karena menghabiskan nilai guna nasi, memakai baju juga merupakan kegiatan konsumsi karena mengurangi nilai guna baju.

Kita harus berhati-hati untuk menentukan apakah suatu kegiatan dalam menggunakan suatu benda termasuk dalam lingkup konsumsi atau tidak, karena selain untuk tujuan konsumsi suatu benda juga dipergunakan sebagai benda produksi.

Contohnya :
Pak Amir memiliki mobil. Pada hari senin-sabtu mobil tersebut digunakan untuk mengangkut penumpang. Sedangkan pada hari Minggu mobil tersebut digunakan untuk rekreasi bersama keluarga.

Perlu anda ketahui penggunaan mobil dari hari senin-sabtu merupakan penggunaan barang untuk tujuan produksi (menghasilkan uang) atau digunakan sebagai benda produksi. Sebalinya penggunaan mobil pada hari minggu adalah merupakan penggunaan mobil untuk kegiatan konsumsi.

Tujuan Konsumsi

Tujuan utama orang melakukan kegiatan konsumsi adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup secara langsung. Kadang kala orang mengonsumsi barang atau jasa bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup, tapi juga ingin mendapat penghargaan/pujian dari orang lain.

Contoh, orang memakai mobil mewah selain untuk memenuhi kebutuhan akan mobil, juga ingin mendapat penghargaan dari orang lain.

Ciri-ciri Konsumsi 

1. Benda-benda yang dikonsumsi adalah benda ekonomi, sehingga kegiatan menghirup udara, berjemur pada sinar matahari bukan merupakan kegiatan konsumsi.

2. Benda yang dikonsumsi ditujukan langsung untuk memenuhi kebutuhan hidup. Penggunaan gergaji, cangkul, mesin-mesin dan barnag modal lainnya yang bertujuan menambah manfaat barang tidak dikategorikan sebagai kegiatan konsumsi. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan produksi.

3. Manfaat, nilai, atau volume benda-benda yang digunakan tersebut akan habis sekaligus ataupun berangsurangsur habis.

Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Melakukan Konsumsi Barang/Jasa

Pendapatan

Semakin besar pendapatan yang diterima oleh seseorang, semakin besar pula daya belinya. Akan tetapi sebaliknya jika pendapatan seseorang semakin kecil, maka kemampuan membeli akan barang dan jasa jugasemakin kecil, semakin sedikit barang atau jasa yang dapat dibeli/dimiliki.

Selera Konsumen

Di antara orang-orang yang usianya sama, namun pengeluaran konsumsinya tidak sama, karena
perbedaan sikap menghemat atau attitude toward thrift dan selera masyarakat dalam berkonsumsi.

Pengertian, Ciri-Ciri dan Tujuan Konsumsi Lengkap Beserta Contoh

Bila masyarakat memiliki selera yang menurun dalam konsumsi, maka tingkat konsumsi juga akan turun. Sebaliknya jika selera konsumsi masyarakat meningkat,hal ini akan meningkatkan konsumsi pula.

Harga Barang dan jasa

Harga barang sangat menentukan terhadap besar atau kecilnya konsumsi seseorang. Jika harga barang naik, maka seseorang akan memperkecil konsumsinya, sebaliknya jika harga barang turun, seseorang akan memperbesar konsumsinya.

Akan tetapi perubahan harga barang ini tidak berlaku untuk barang kebutuhan pokok pada umumnya yang selalu akan dibeli dalam jumlah yang relatif tetap, kendati harga mengalami perubahan.

Adat Istiadat dan Kebiasaan Konsumen

Adat istiadat dan kebiasaan cukup berpengaruh pada konsumsi seseorang atau masyarakat. Adat istiadat dan kebiasaan dapat menyebabkan seseorang berperilaku konsumtif.

Kebiasaan masyarakat yang sering dan senang melakukan pesta dan hidup berhura-hura, maka akan akan memperbesar konsumsinya. Akan tetapi masyarakat yang mempunyai adat istiadat dan kebiasaan bersikap terhadap kehematan (attitude toward thrift), maka konsumsimasyarakat tersebut akan semakin kecil.

Adanya Barang Subtitusi

Barang subtitusi/pengganti dapat mempengaruhi tingkat konsumsiseseorang/masyarakat. Jika terdapat barang yang dapat menggantikan fungsi suatu barang yang dibutuhkan seseorang dengan harga yang jauh lebih murah, maka barang tersebut dapat mempengaruhi konsumsiseseorang/masyarakat tersebut.

Contoh: Ember plastik dengan merek tertentu mahal harganya, sementaraada ember plastik merek lain atau ember seng yang harganya lebih murah,maka seseorang akan membeli ember merek lain atau ember seng yanglebih murah tersebut.

Status Sosial

Posisi seseorang di masyarakat akan membentuk pola konsumsi orang tersebut. oleh karena itu, status sosial berpengaruh terhadap pengeluaran konsumsi

Lingkungan Tempat Tinggal

Manusia tidak hidup sendirian dan selalu beradaptasi dengan lingkungan sekitar tempat tinggalnya sehingga pola konsumsinya juga dipengaruhi oleh lingkungannya.

0 Response to "Pengertian, Ciri-Ciri dan Tujuan Konsumsi Lengkap Beserta Contoh"

Post a Comment

wdcfawqafwef