Pengertian dan 6 Macam Nilai Guna Barang

Suatu barang tidak akan berguna jika tidak bisa diambil manfaatnya, dan arang itu tidak akan bernilai jika tidak memiliki nilai guna barang. Lalu  apa pengertian dari nilai guna barang, macam-macam nilai guna barang? maka pembahasan kali ini akan membahas mengenai  kegunaan dasar, kegunaan waktu, kegunaan temapat, kegunaan bentuk, kegunaan pelayan dan kegunaan hak milik.

Nilai Guna Barang

Pengertian nilai guna barang adalah Sebuah nilai atas manfaat yang di peroleh dari penggunaannya baik itu bersifat nyata atau tidak nyata.

Macam-macam nilai guna barang

1. Kegunaan Dasar (Element Utility

Kegunaan barang dasar artinya benda tersebut akan sangat berguna dikarnakan mempunyai zat asli yang dibutuhkan, bisa dirasakan langsung dan nyata oleh panca indra manusia. Seseorang akan langsung berkomentar atau bisa langsung dengan mudah berpendapat ketika mendapatakan manfaat dari barang tersebut.
Pengertian dan 6 Macam Nilai Guna Barang
Gambar: Kerajinan dari Kertas Koran 

Misalnya ketika memakan umbi-umbian, ketika merasakan masis, pahit dan asamnya buah-buahan, dan ketika memasak sayur-sayuran namun kurang bumbu, apakah itu kurang asing, kurang pedas, kurang asam dan lain-lain.

2. Kegunaan Waktu (Time Utility

Kegunaan waktu artinya benda akan lebih sangat berfaedah dan bermanfaat bila digunakan dengan semestinya pada waktu yang tepat dan sesuai.

Sebagai contoh menimbun gabah untuk persiapan pada masa paceklik, payung pada saat musim hujan, air minum ketika haus, makanan ketika lapar, berbelanja ketiak diskon besar-besaran dan berlibur ketika waktu libur sekolah.

3. Kegunaan Tempat (Place Utility) 

Kegunaan tempat artinya benda yang akan lebih sangat berfaedah bagi manusia setelah dipindahkan pada tempat yang semestinya ditempatkan. Misalnya pasir di sungai dipindahkan ke kota dan kayu di hutan dipindahkan ke kota dipakai sebagai bahan bangunan.

4. Kegunaan Bentuk (Form Utility) 

Kegunaa bentuk artinya benda dapat lebih berfaedah bagi manusia setelah diubah bentuk sesuai keinginan.

Misalnya kayu diubah mejadi mebel, kain diubah menjadi baju/celana, gandum diubah menjadi roti, besi diubah menjadi pisau, pelastik diubah menjadi gelas plastik, sampah di ubah menjadi barang bermanfaat seperti tas, pas bunga dan piringdan sebagainya.

5. Kegunaan Pelayanan (Service Utility) 

Kegunaan pelayanan artinya benda akan berguna jika ada jasa pelayanan. Misalnya televisi akan berguna apabila ada siaran

6. Kegunaan hak milik (Ownership Utility

Kegunaan hak milik artinya benda yang dapat berfaedah setelah dimiliki. Misalnya buku yang masih di toko akan menjadi lebih berguna setelah dibeli oleh konsumen.

3 Responses to "Pengertian dan 6 Macam Nilai Guna Barang"

wdcfawqafwef