Pengertian dan Cara Menghitung Biaya Peluang (Opportunity Cost) Beserta Rumusnya

Pembahasan kali ini akan membahas mengenai macam macam biaya, pengertian opportunity cost, opportunity cost adalah, contoh opportunity cost, cara menghitung biaya peluang, cara menghitung peluang, menghitung biaya peluang, rumus biaya peluang dan macam macam biaya peluang.

Biaya Peluang (Opportunity Cost)

Pembahasan mengenai biaya peluang sangat berkaitan dengan kebutuhan manusia yang bersifat tidak terbatas. Ketakterbatasan kebutuhan manusialah yang memunculkan terjadinya biaya peluang.

Ketakterbatasan kebutuhan manusia mengharuskan manusia melakukan pilihan dalam memenuhi kebutuhannya. Pilihan inilah yang menciptakan biaya peluang (opportunity cost).

Dalam kehidupan sehari-hari kita akan selalu bertemu dengan biaya peluang.
Biaya adalah segala sesuatu yang kita keluarkan atau kita korbankan urituk memperoleh sesuatu.  
Biaya yang berhubungan dengan uang disebut sebagai biaya langsung.

Macam-macam Biaya

1) Biaya Sehari-hari

Biaya sehari-hari adalah biaya yang dikeluarkan secara rutin untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia yang vital.

Ciri khas biaya sehari-hari:

  • Merupakan prioritas pengeluaran
  • Harus dikeluarkan untuk memenuhi kebutuhan yang tidak bisa ditunda. Bila perlu mengorbankan kepentingan lain

2) Biaya Peluang

Biaya peluang adalah pengorbanan yang dilakukan seseorang karena mengambil sebuah pilihan. Dengan kata lain biaya peluang adalah alternatif terbaik yang dikorbankan ketika kita membuat pilihan atau menentukan keputusan. Berbeda dengan biaya langsung yang berhubungan dengan uang, biaya peluang tidak harus berupa uang.
Pengertian dan Cara Menghitung Biaya Peluang (Opportunity Cost) Beserta Rumusnya

Ciri khas biaya peluang :

1. Perhitungan biaya peluang tidak selalu berhubungan dengan uang. Bisa berupa waktu, kesenangan, keuntungan di masa depan, dan Iain-Iain.

2. Memiliki banyak kemungkinan penggunaan.

3. Pengambilan keputusan biaya peluang tergantung pada tujuan dan situasi individu. Contoh :


  • Bila Terry pada malam hari memilih menghabiskan waktunya untuk menonton pertandingan sepak bola maka Terry akan kehilangan waktu tidurnya. Di sini biaya peluangnya adalah kepuasan tidursemalam.
  • Bila Drogba memutuskan untuk menggunakan uangnya yang terbatas untuk membeli buku pelajaran maka Drogba kehilangan kesempatan untuk membeli satu kaset Jikustik. Di sini biaya peluangnya adalah satu kaset Jikustik.

Cara menghitung Biaya Peluang

Sebagai lulusan terbaik dari sebuah perguruan tinggi terkemuka, Lampard mendapat 5 tawaran pekerjaan. Di Jakarta Rp6.000.000,- Medan Rp4.000.000,- Irian Rp6.000.000,- Tangerang Rp7.000.000,- Bali Rp4.500.000,-

Dari lima tawaran tersebut, tinggal dua tawaran yang menarik hati Lampard. Lampard memutuskan memilih bekerja di Jakarta dengan gaji Rp6.000.000,- per bulan. Pilihan Lampard untuk bekerja di

Jakarta telah menghilangkan peluang terbaiknya untuk bekerja di Tangerang dengan gaji Rp7.000.000,- per bulan. Karena opportunity cost selalu diukur dari nilai peluang terbaik yang dikorbankan atau yang tidak dipilih maka besarnya biaya peluang yang ditanggung Lampard dengan bekerja di Jakarta adalah sebesar Rp7.000.000,- per bulan.

0 Response to "Pengertian dan Cara Menghitung Biaya Peluang (Opportunity Cost) Beserta Rumusnya"

Post a Comment

wdcfawqafwef