Pengertian dan jenis Ilmu Ekonomi (Deskriptif, Teori dan Terapan) Beserta Contohnya

Pembahasan kali ini akan membahas mengenai  pembagian ilmu ekonomi, pengertian ekonomi teori, contoh ekonomi teori, pengertian ekonomi terapan, contoh ekonomi terapan, jenis ilmu ekonomi, pengertian ilmu ekonomi, ekonomi deskriptif, ilmu ekonomi deskriptif, pengertian ekonomi deskriptif dan contoh ekonomi deskriptif

Pengertian Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi sering dikaitkan dengan uang. Kalau belajar ekonomi harus bisa mengatur dan memiliki uang. Padahal seorang sarjana ekonomi tidak harus kaya dan belum tentu dapat didup hemat.

Uang memang dipelajari dalam ilmu ekonomi. Tetapi bukan satu-satunya studi. Bahkan uang hanya sebagian kecil materi studi ekonomi. Jadi apa yang sebenarnya dipelajari dalam ilmu ekonomi?

jawaban atas pertanyaan di atas, dimulai dengan pertanyaan tentang siapakah diri kita? jawaban yang paling sering adalah makhluk yang serba terbatas.

Karna itu manusia harus bisa menentukan pilihan. Keputusan dalam menentukan pilihan bukanlah pekerjaan yang mudah, sebab harus melalui pertimbangan pertimbangan tertentu. Karnanya manusia harus belajar bagaimana menentukan pilihan. Hal inilah yang dipelajari dalam ilmu ekonomi.

A. Kelangkaan 

Keterbatasan menyebabkan banyak hal menjadi langka. kelangkaan mencangkup kuantitas, kualitas, dan waktu. sesuatu tidak akan langka jika jumlah atau kuantitas yang tersedia sesuai dengan kebutuhan, berkualitas baik, tersedia dimana saja, disetiap tempat, dan kapan saja dibutuhkan.

B. Pilihan Pilihan

Terbatasnya sumber daya tersedia dibandingkan kebutuhan atau keinginan, menyebabkan manusia harus menentukan pilihan-pilihan yang bersifat individu maupun kolektif. Pilihan yang bersifat individu, contohnya baju apa yang harus dipakai hari ini?
Pengertian dan jenis Ilmu Ekonomi (Deskriptif, Teori dan Terapan) Beserta Contohnya

Pilihan kolektif contohnya kemana kita piknik hari sabtu nanti. Ada juga pilihan yang sangat kompleks atau sulit. Contohnya mana yang harus di dahulukan sekolah yang tinggi atau cepat-cepat kerja.

C. Biaya Kesempatan

Biaya kesempatan yaitu hilangnya kesempatan ketika kita mengambil kesempatan lain. Sampai disini ilmu ekonomi baru bisa didefinisikan, kita dapat merumuskan sebagai ilmu memilih karna mempelajari perilaku manusia dalam menentukan pilihan.

Definisi yang lebih rinci adalah ilmu ekonomi mempelajari perilaku individu dan masyarakat dalam emnentukan pilihan untuk menentukan ssumber daya sumber daya yang langka dengan tanpa uang dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup

Pembagian Ilmu Ekonomi

1. Ekonomi Deskriptif (Descriptive Economics)

Bagian dari ilmu ekonomi yang memaparkan secara apa adanya tentang kehidupan ekonomi suatu daerah/negara pada suatu masa tertentu. Contoh : Hasil produksi ikan di Flores Timur untuk tahun 2009, Ekonomi Indonesia menjelang PJP II

2. Ekonomi Teori (Economic Analysis)

Ilmu yang menganalisis tentang hubungan antara variabel-variabel ekonomi. Ekonomi teori dibagi atas ekonomi mikro dan ekonomi makro.

3. Ekonomi Terapan (Applied Economics)

Bagian dari ilmu ekonomi yang membahas penerapan teori ekonomi dalam menyelesaikan permasalahan ekonomi secara langsung dan aplikatif di masyarakat. Ekonomi terapan bersifat mempraktikkan atau menerapkan ekonomi teori untuk digunakan dalam pemecahan masalah ekonomi.

Contoh : Ekonomi Perusahaan, Ekonomi Pertanian, Ekonomi Koperasi

0 Response to "Pengertian dan jenis Ilmu Ekonomi (Deskriptif, Teori dan Terapan) Beserta Contohnya"

Post a Comment

wdcfawqafwef