Loading...

Pengertian dan Macam-Macam Elastisitas Penawaran

Loading...
Loading...
Setelah kamu mempelajari pengertian penawaran maka pembahasan kali ini akan membahas mengenai pengertian elastisitas, macam macam elastisitas penawaran, elastisitas penawaran, macam macam elastisitas, pengertian elastisitas penawaran, Pembahasan kali ini akan membahas mengenai pengaruh pajak terhadap keseimbangan pasar, pengaruh subsidi terhadap keseimbangan pasar, kurva permintaan, pengertian keseimbangan pasar dan pengertian subsidi. Penawaran inelastis sempurna, Penawaran Inelastis, penawaran elastis uniter, penawaran elastis dan penawaran elastis sempurna

Elastisitas Penawaran

Pengertian Elastisitas

Secara sederhana elastisitas dapat diartikan sebagai derajat kepekaan suatu gejala ekonomi terhadap perubahan gejala ekonomi lain. Pengertian lain elastisitas dapat diartikan sebagai tingkat kepekaan perubahan kuantitas suatu barang yang disebabkan oleh adanya perubahan faktor-faktor lain.

Pengertian Elastisitas Penawaran

Elastisitas penawaran (Es) adalah sebagai derajat kepekaan perubahan kuantitas barang yang ditawarkan yang disebabkan karena perubahan harga barang itu sendiri. 
Pengertian lain, Elastisitas penawaran sering diartikan sebagai perbandingan persentase perubahan kuantitas barang yang ditawarkan dengan persentase perubahan harga barang itu sendiri.

Kurva Penawaran (Supply Curve)

Kurva penawaran adalah garis yang menghubungkan titik-titik pada tingkat harga (Price) dengan jumlah barang/jasa yang ditawarkan (quantity supplied).

Tabel penwaran (Supply schedule) adalh tabel yang menunjukkan kuantitas suatu barang dan jasayang ditawarkan selama periode tertentupada berbagai tingkat harga, cateris paribus.

Kurva penawaran bergerak dari kiri bawah ke kanan atas yang menunjukkan bahwa jika harga barang tinggi, para penjual/produsen akan menjual dalam jumlah yang lebih banyak.

pengertian dan macam-macam elastisitas penawaran
Kurva Penawaran

Macam-Macam Elastisitas Penawaran

1. Penawaran Inelastis Sempurna

Penawaran inelastis sempurna terjadi jika tidak ada perubahan jumlah yang ditawarkan meskipun ada perubahan harga, atau ΔQs = 0, meskipun ΔP ada. Secara matematis %ΔQs = 0, berapapun perubahan dalam %ΔP. Kasus penawaran inelastis dalam kenyataan agak sulit ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Koefisien Es = 0
Pengertian dan Macam-Macam Elastisitas Penawaran
Kurfa Penawaran  Inelastis Sempurna 

2.  Penawaran Inelastis

Penawaran Inelastis Terjadi kalau persentase perubahan jumlah yang ditawarkan relatif lebih kecil dibanding persentase perubahan harga. Secara matematis %ΔQs < %ΔP.

Biasanya terjadi pada barang-barang hasil pertanian, karena barang-barang produk pertanian tidak mudah untukmenambah atau mengurangi produksinya dalam jangka pendek. Koefesien Es < 1
pengertian dan macam-macam elastisitas penawaran
Kurva Penawaran Inelastis 

3. Penawaran Elastis Uniter

Terjadi kalau perubahan harga pengaruhnya sebanding terhadap perubahan kuantitas barang yang ditawarkan. Secara matematis %ΔQd = %ΔP.

Penawaran yang elastis uniter atau elastis proporsional sulit ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, kalaupun terjadi sebenarnya hanyalah secara kebetulan. Koefesien  Es = 1
pengertian dan macam-macam elastisitas penawaran
Kurva Penawaran Elastis Unier

4. Penawaran Elastis 

Terjadi kalau perubahan harga pengaruhnya cukup besar terhadap perubahan kuantitas barang yang ditawarkan. Secara matematis %ΔQd > %ΔP.

Penawaran yang elastis atau peka terhadap harga dapat ditemukan dalam kehidupan sehari-hari biasanya terjadi pada barang hasil industri yang mudah ditambah atau dikurangi produksinya. Koefesien Es > 1
pengertian dan macam-macam elastisitas penawaran
Kurva Penawaran Elastis

5. Penawaran Elastis Sempurna

Penawaran elastisitas sempurna terjadi jika ada perubahan jumlah yang ditawarkan meskipun tidak ada perubahan harga, atau ΔQs = Ada perubahan, meskipun ΔP=0. Secara matematis %ΔQs = Ada, %ΔP = 0. Kasus penawaran elastis sempurna terjadi pada bila penawaran suatu barang dapat berubah-ubah meskipun harga barang tersebut tetap.
pengertian dan macam-macam elastisitas penawaran
Kurfa Penawaran Elastis Sempurna

Contoh kasus ini bisa terjadi pada berbagai produk, yang jelas kalau penawaran akan produk tersebut bisa berubah-ubah walaupun harga produk itu tetap, sehingga kurva penawarannya sejajar dengan sumbu Q. Koefesien Es = ~

Loading...
Loading...

0 Response to "Pengertian dan Macam-Macam Elastisitas Penawaran"

Post a Comment