Loading...

Pengertian Deviden dan Agio Saham Beserta Macam-Macamnya.

Loading...
Loading...
Pembahsan kali ini akan membahas mengenai pengertia dividen, pengertian agio saham, macam-macam deviden,jenis-jenis deviden, dividen tunai, deviden barang dan dividen likuiditas.

Deviden dan Agio saham

Deviden

Dividen adalah pembagian laba kepada pemegang saham berdasarkan banyaknya saham yang dimiliki. Pembagian ini akan mengurangi laba ditahan dan kas yang tersedia bagi perusahaan, tapi distribusi keuntungan kepada para pemilik memang adalah tujuan utama suatu bisnis. sumber wikipedia. dividen adalah pemabagian sisa laba bersih perusahaan yang didisrtribusikan kepada pemegang saham.

Jenis Dviden dan Pembayarannya

Salah satu keuntungan memiliki sahan adalh memperoleh dividen. Menurut Black's Law Dictionary, dividen diartikan sebagai
"The distribution of current of accumulated earning to the shareholdres of corporation pro rate based on the numer of shares owned"
Pembayaran dividen dapat dilakukan dalam benruk yang tunai (cash), namun ada juga pembayaran dividen yang dilakukan dalam bentuk pemberian saham, bahkan barang. Beberapa realisasi dari bentuk pembayaran dividn antara lain.

Pengertian Deviden dan Agio Saham Beserta Macam-Macamnya.

1. Dividen tunai (cash Dividend

Dividen tunai adalah declared and paid at reguler intervals from legally available funds. Dividen tunai dinyatakan dan dibayarkan pada jangka waktu tertentu dan berasal dari dana yang diperoleh secara legal. Jumlah deviden yang dibayarkan dapat bervariasi, tergantung keuntungan yang dihasilkan perusahaan.

2. Dividen barang (property dividend)

Dividen barang adalah a distribtion of earnings in the from of property. Dividen berupa barang mmerupakan distribusi keuntungan perusahaan dalam bentuk barang.

3. Dividen likuidasi (liquidating dividend)

Dividen likuidasi  adalah a distribution of capital assets to shareholder is reffered to as liquidating dividends. Dividen likuidasi merupakan distribusi kekayaan perusahaan kepada pemegang saham ketika perusahaan tersebut dilikuidasi.

Agio Saham 

Pengertian agio saham adalah merupakan selisih dari harga jual dan harga beli suatu saham. Misalnya diketahui harga jual suatu saham adalah Rp 750,00 perlembar sedangkan harga belinya Rp 820,00 perlembar. Berdasarkan infoemasi yang telah disampaikan, diketahui agio saham yang dicatat adalah Rp 70,00 per lembar saham (Rp 820,00 dikurang Rp 750,00).

Loading...
Loading...

0 Response to "Pengertian Deviden dan Agio Saham Beserta Macam-Macamnya."

Post a Comment