Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi dan Contoh Valuta Asing

Pembahasan kali ini akan membahas mengenai pengertian valuta asing, valuta asing sebaagai alat pembayaran Internasional, Valuta asing sebagai pengendali kurs, kurs jual, kurs beli, mata uang asing, contoh valuta asing, jenis-jenis valuta asing, dan fungsi faluta asing.

Fungsi Valuta Asing


Valuta asing bagi setiap negara saat ini memiliki peran yang cukup besar dalam melakukan hubungan dengan luar negeri, terutama hubungan dagang atau perdagangan internasional.

Pengertian Valuta asing adalah Jenis mata uang yang bisa digunakan sebagai alat teransaksi internasional.

Fungsi faluta Asing

Adapun fungsi valuta Asing

1. Sebagai Alat Tukar Internasional 

Valuta asing dapat dipergunakan sebagai alat teransaksi ekspor impor atau membeli dan menjual barang atau jasa dengan negara lain.

Contohnya, jika Indonesia mengimpor anggur dari Negara Italia maka pembayarannya tidak dilakukan dengan mata uang rupiah, tetapi menggunakan valuta asing (misalnya dengan Valas Euro atau Dollar).

2. Sebagai Alat Pembayaran Internasional 

Ketika Negara Kita memiliki hutang dengan negara lain, maka bisa membayarnya dengan Valuta Asing.

3. Sebagai Alat Pengendali Kurs 

Kurs sendiri dapat diartikan sebagai perbandingan nilai mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lain, dimana kurs mata uang suatu negara bisa menguat ataupun melemah.

Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi dan Contoh Valuta Asing
Gambar: Contoh Uang Euro

Valuta asing dapat digunakan sebagai dapat alat untuk mengendalikan kurs/nilai rupiah terhadap mata uang asing.

4. Sebagai Alat Memperlancar Perdagangan Internasional 


Jenis-Jenis Valuta Asing 


Valuta Asing Fisik

Valuta asing fisik adalah uang asing dalam pengertian uang asing yang sebenarnya artinya, uang asing dalam pengertian ini berbentuk uang kartal baik dalam bentuk coin (uang logam), uang kertas negara maupun uang kertas bank. 
Dalam jenis valuta asing fisik ini sama dengan pengertian uang kartal, valuta asing ini dapat dipakai dalam perdagangan internasional.

Valuta Asing Non-Fisik 

Valuta asing non fisik yaitu dalam bentuk surat-surat berharga/uang giral seperti dalam bentuk wesel, cek, travelers, cheque, internasional money order dan lain-lain. 
Dilihat dari bentuknya, jenis valuta asing yang umum di jual belikan dapat dibedakan menjadi beberapa yaitu.

Mata Uang Asing 

Mata uang asing seperti mata uang Euro Dollar, Yen Jepang, Dollar Amerika Sertikat, Frank Swiss, Dollar Canada, Deutch Mark Jerman dan lain-lain

Saldo Kredit 

Saldo Kredit yang terdapat pada bank-bank devisa suatu negara di luar negeri

Surat-surat Wesel Luar Negeri : Surat-surat wesel luar negeri ini dapat kita ketahui dengan contoh seperti berikut : ada seorang eksportir Indonesia menarik wesel atas Importir (dari negara lain).

Hak-Hak Penerimaan Pembayaran : hak-hak penerimaan pembayaran dari penduduk negara dalam bentuk yang berbeda dengan tingkat likuiditas yang terbilang tinggi.

Mata Uang Asing

Setiap negara mempunyai mata uang yang berbeda-beda. Mata uang negara satu dengan negara lainnya memiliki nilai yang berbeda. Nilai perbandingan antara mata uang negara satu dengan mata uang negara lain disebut kurs.

a. Kurs Jual dan Kurs Beli

Jika kita akan pergi ke negara lain, tentu kita tidak dapat membawa uang yang berlaku di negara kita. Agar dapat membeli barang dan jasa di negara tujuan kita itu, maka kita harus menukarkan uang kita dengan uang yang berlaku di negara tujuan. Penukaran uang itu dapat dilakukan di bank atau money changer.

Kalian bisa datang di bank untuk menukar uang rupiah dengan mata uang asing seperti yen, dollar, atau mata uang asing lainnya. Penukaran uang tersebut didasarkan pada kurs yang berlaku.

Dalam penukaran mata uang, bank tentu saja menginginkan adanya keuntungan. Oleh karena itu bank menetapkan kurs jual dan kurs beli terhadap mata uang asing.

Pengertian kurs jual adalah kurs yang berlaku/ditetapkan oleh bank apabila bank menjual mata uang asing.

Pengertian kurs beli adalah kurs yang diberlakukan oleh bank apabila bank membeli mata uang asing. 
Kurs jual selalu lebih tinggi daripada kurs beli. Selisih antara kurs jual dan kurs beli merupakan keuntungan bank.

Kurs valuta asing setiap saat bisa berubah, yaitu naik atau turun tergantung kekuatan permintaan dan penawaran mata uang yang bersangkutan.

Apabila permintaan terhadap mata uang dollar sangat kuat maka kurs dollar akan naik. Sebaliknya jika permintaan terhadap mata uang dollar melemah maka kurs dollar menjadi turun.

b. Macam-Macam Mata Uang Asing

Setiap negara tentu memiliki mata uang sendiri. Di bawah ini disajikan daftar macammacam
mata uang asing yang dimiliki negara-negara di dunia.
Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi dan Contoh Valuta Asing
Gambar: Tabel Macam-Macam Mata Uang Asing
Mungkin sekian pembahasan mengenai pengertian valuta asing, jenis-jenis valuta asing, macam-macam valuta asing, pengertian kurs jual dan pengertian kurs beli, semoga bermanfaat.....

1 Response to "Pengertian, Jenis-Jenis, Fungsi dan Contoh Valuta Asing"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

wdcfawqafwef