Pengertian Macam-Macam dan Cara Mengatasi Kemiskinan di Indonesia

adsense 336x280
Loading...
Pembahasan kali ini akan membahas mengenai kemiskinan cara mengatasi kemiskinan, cara mengatasi kemiskinan di indonesia, pengertian kemiskinan, macam-macam kemiskinan, kemiskinan individu, kemiskinan alamiah, kemiskinan struktural, kemiskinan kultural, penyebab kemiskinan  dan faktor penyebab kemiskinan di Indonesia.

Faktor Penyebab Kemiskinan dan Cara Menagatasi Kemiskinan

Pengertian Kemiskinan
Kemiskinan adalah keadaan dimana ketidakmampun untuk memenuhi kebutuhan dasar, seperti pakaian, makanan, tempat tinggal, pendidikan, dan kesehatan.
Kemiskinan bukanlah hal baru yang terjadi di Negara Indonesia, bahkan di setiap Negara lain sekalipun. Dan tidak dipungkiri  bahwa kemiskinan merupakan musuh terbesar  dari setiap bangsa. Dampak dari kemiskinan terhadap masyarakat umumnya begitu banyak.

Dampak-dampak tersebut bisa terjadi bukan hanya dari masing-masing masyarakatnya saja, namun kemiskinan juga dapat terjadi akibat pengaturan sistem pemerintahannyayang  tidak benar.

Salah satu contoh hal yang dapat menyebabkan kemiskinan adalah  keterbatasannya lapangan kerja untuk masyarakat dan kekurang adaannya sumber daya  yang nantinya menyebabkan banyaknya pengangguran di setiap Negara.

Pengertian Macam-Macam dan Cara Mengatasi Kemiskinan di Indonesia

Dan dengan adanya hal tersebut, maka akan banyak masyarakat yang berstatus sebagai pengagguran tidak berpenghasilan da tidak dapat memenuhi kebutuhannya karena mereka tidak bisa bekerja.

Macam-macam kemiskinan

Dan berikut ini merupakan kemiskinan yang dapat dilihat dari penyebab terjadinya kemiskinanannya itu sendiri, yaitu :

a. Kemiskinan Individu

Kemiskinan indivdu adalah yaitu kemiskinan yang disebabkan oleh kondisi alami seseorang; misalnya cacat mental atau fisik, usia lanjut sehingga tidak mampu bekerja, dan lain-lain.

b. Kemiskinan Alamiah

Kemiskinan alamiyah adalah kemiskinan yang disebabkan oleh masalah alam; misalnya kondisi alam yang tidak bersahabat dengan daerah para penduduk sehingga menyebabkan masyarakata tidak bisa melakukan aktivitasnya masing-masing.

c. Kemiskinan Kultural

Kemsikinan kultural adalah kemiskinan yang disebabkan rendahnya kualitas SDM akibat kultur masyarakat tertentu; misalnya rasa malas, tidak produktif, terlalu bergantung pada harta warisan, dan lain-lain.

d. Kemiskinan Struktural

Kemiskinan struktural adalah kemiskinan yang disebabkan oleh kesalahan system pemerintahan suatu Negara.

Bentuk kemiskinan di Indonesia tidak hanya dirasakan oleh orang tua saja, bahkan anak-anak yang masih dibawah umur pun yang seharusnya mereka belum harus memikirkan masalah perekonomian di suatu bangsa justru mau tidak mau harus turut ikut campur dalam hal tersebut.

Salah satu contohnya yaitu banyak anak kecil yang masih dibawah umur harus mencari nafkah dijalanan dengan cara mengamen atau meminta-minta dan lain sebagainya untuk bisa menambahi kebutuhan keluarga mereka, sehingga karena terlalu seringnya mereka melakukan hal tersebut dijalanan mereka sampai-sampai harus rela kehilangan masa depannya dengan cara berhenti bersekolah karena keadaan perekonomian yang begitu sulit dihadapinya.

Faktor penyebab kemiskinan

Setiap kemiskinan yang terjadi pasti disebabkan oleh beberapa faktor-faktor tertentu, dan berikut ini adalah faktor penyebab kemiskinan, yaitu :

  • Tingkat pendidikan yang rendah.
  • Produktivitas tenaga kerja rendah.
  • Tingkat upah yang rencah.
  • Distribusi pendapatan yang timpang.
  • Kesempatan kerja yang kurang.
  • Kualitas sumberdaya alam masih rendah.
  • Penggunaan teknologi masih kurang.
  • Etos kerja dan motivasi pekerja yang rendah.
  • Kultur/budaya (tradisi).
  • Politik yang belum stabil

Masalah kemiskinan bukan hanya sebagai musuh para bangsa saja, namun kemiskinan juga dapat menghambat proses pengembangan suatu Negara.

Dalam hal ini pemerintah memiliki peran penting dalam menghilangkan kemiskinan yang ada disuatu Negara, namun perlu diketahui bahwa sebenarnya kemiskinan itu belum dapat dihilangkan seutuhnya, tapi yang lebih tepatnya adalah mengurangi terjadinya kemiskinan pada setiap Negara.

Cara mengatasi kemiskinan

Untuk dapat mengurangi kemiskinan tersebut berikut ini ada beberapa cara dapat pemerintah lakukan dalam menguragi kemiskinan, yaitu :

a. Diadakan pelatihan/kursus agar warga punya keterampilan dan bisa memanfaatkan keterampilannya tersebut untuk mencari nafkah.

b. Diadakan pendidikan yang benar-benar bebas pendidikan dengan kualitas yang baik agar semua warga bisa mengenyam pendidikan yang berkualitas namun bebas biaya dan mengurangi jumlah warga yang berpendidikan rendah.

c. Memfasilitasi Usaha Kecil Menegah, agar warga yang punya UKM bisa meningkatkan pendapatan melalui fasilitas yang memadai serta bisa merekrut warga lain untuk di pekerjakan. Dengan begitu pengangguran diharapkan bisa berkurang.

d. Infrastruktur di daerah-daerah di perbaiki agar akses ke tempat lain bisa lebih mudah dan juga murah, dengan begitu warga miskin di harapkan bisa mencari pekerjaan ke daerah-daerah lain dengan mudah.

Loading...
adsense 336x280
Loading...

1 Response to "Pengertian Macam-Macam dan Cara Mengatasi Kemiskinan di Indonesia"

  1. stuju gan kalo kemiskinan merupakan masalah utama dalam pembangunan ekonomi. jadi masih erlu di perhatikan lagi :D. thnks sharenya keren

    ReplyDelete