Pengertian Neraca Perdagangan dan Neraca Pembayaran Menurut Para Ahli

Perdagangan internasional tidak lepas dari neraca perdagangan dan neraca pembayaran. Keadaan neraca perdagangan suatu negara ada tiga kemungkinan yaitu surplus, defisit atau seimbang. Sebelum melanjutkan pembahasan yang lebih jeuh lagi, ada beberapa hal yang perlu diketahui seperti pengertian neraca pembayaran, neraca pembayaran indonesia, neraca pembayaran internasional, fungsi neraca pembayaran, neraca perdagangan dan neraca pembayaran, contoh neraca perdagangan dan pengertian neraca perdagangan

Neraca Pembayaran dan Neraca Perdagangan

Neraca Perdagangan

Neraca perdagangan adalah catatan yang berisi nilai barang-barang yang diekspor maupun diimpor oleh suatu negara. 

Kegiatan ekspor suatu negara menimbulkan hak yang berupa penerimaan pembayaran atau piutang, sedangkan impor barang dari luar negeri menimbulkan kewajiban membayar ke luar negeri atau utang negeri.

Neraca perdagangan dibuat agar suatu negara dapat mengetahui perkembangan perdagangan internasional yang dilakukan.

Keadaan neraca perdagangan suatu negara ada tiga kemungkinan yaitu surplus, defisit, atau seimbang. Neraca perdagangan disebut surplus jika nilai ekspor lebih besar daripada nilai impor.

Sebaliknya, neraca perdagangan disebut defisit jika nilai ekspor lebih kecil daripada nilai impor. Neraca perdagangan disebut seimbang jika nilai ekspor yang sama dengan nilai impor.

Neraca Pembayaran

Neraca pembayaran merupakan catatan yang berisi pembayaran dan penerimaan dari luar negeri. Neraca pembayaran tidak hanya mencatat hak dan kewajiban yang timbul karena adanya perdagangan, tetapi juga mencatat hak dan kewajiban keuangan dengan luar negeri yang tidak hanya karena perdagangan.

Pengertian Neraca Perdagangan dan Neraca Pembayaran Menurut Para Ahli

Namun demikian, yang dicatat di dalam neraca pembayaran hanyalah transaksi ekonomi. Transaksi yang menimbulkan hak untuk menerima pembayaran dari penduduk negara lain disebut transaksi kredit, sedangkan transaksi yang menimbulkan kewajiban untuk membayar penduduk negara lain disebut transaksi debit.

Untuk menentukan apakah seseorang sebagai penduduk (orang dalam negeri) ataukah sebagai orang luar negeri, perlu diperhatikan tempat tinggalnya. Seseorang dianggap penduduk suatu negara apabila bertempat tinggal di negara tersebut.

Orang yang telah menetap dalam enam bulan atau lebih baik warga negara Indonesia atau warga negara asing, dianggap sebagai penduduk Indonesia. Namun, para wisatawan asing dan para diplomat tidak dapat dianggap sebagai penduduk Indonesia.

Alasannya adalah, mereka hanya bertempat tinggal sementara. Transaksi yang dicatat di dalam neraca pembayaran dapat dibedakan menjadi transaksi sedang berjalan dan transaksi kapital.

Yang dimaksud dengan transaksi sedang berjalan (current account) adalah transaksi yang meliputi barang barang dan jasa. Adapun yang dimaksud dengan transaksi kapital (capital account) adalah transaksi yang menyangkut investasi modal dan emas.

Transaksi satu arah (bukan transaksi timbal balik) antara lain pemberian hadiah (gift), bantuan (aid), dan pemberian yang lain dapat digolongkan ke dalam transaksi sedang berjalan (transaksi tersendiri).

Pos-pos yang tertuang di dalam neraca pembayaran antara lain transaksi:

1) Barang.

2) Jasa-jasa.

3) Bunga modal dan dividen.

4) Hadiah.

5) Investasi jangka panjang.

6) Investasi jangka pendek.

7) Perpindahan emas moneter.

Negara yang menyusun neraca pembayaran memperoleh manfaat yaitu dapat mengetahui:

1) Keadaan keuangan 

Keadaan keuangan yang terkait dengan pembayaran luar negeri dengan mencermati neraca pembayaran, kita dapat mengetahui apakah sebaiknya suatu negara menambah impor atau sebaliknya justru harus menambah ekspor.

2) Sumbangan

Sumbangan dari transaksi ekonomi internasional terhadap penerimaan negara yang bersangkutan.

3) Perdagangan Luar Negri 

Hal-hal yang berhubungan dengan perdagangan luar negeri.

4) Hubungan ekonomi 

Hubungan ekonomi suatu negara dengan negara-negara tertentu.

0 Response to "Pengertian Neraca Perdagangan dan Neraca Pembayaran Menurut Para Ahli"

Post a Comment

wdcfawqafwef