Loading...

Pengertian dan Dampak Kepadatan Penduduk Terhadap Penganguran

Loading...
Loading...
Pernahkah kamu mendengar berita di televisi bahwa penduduk dunia saat ini makin meningkat? Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti makin majunya ilmu kedokteran sehingga bisa menurunkan angka kematian. Selain itu, bayi yang dilahirkan makin meningkat. Apa pengaruh kepadatan penduduk bagi lingkungan, dan bagaimana manusia mengatasi pencemaran lingkungan?

Kepadatan Penduduk

Dinamika Penduduk Penduduk merupakan sekumpulan orang-orang yang telah lama menempati suatu daerah. Kepadatan penduduk dapat dihitung berdasarkan jumlah penduduk untuk setiap satu kilometer persegi. Cara menghitungnya adalah dengan membandingkan jumlah penduduk di suatu daerah dengan luas daerah yang ditempati.

                                           Jumalah penduduk
Kepadatan penduduk     = -------------------------------
                                           Luas daerah

Jumlah penduduk di suatu daerah atau negara mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Perubahan ini disebut dinamika penduduk. Perubahan penduduk ini meliputi kelahiran, kematian, dan migrasi.

Sedangkan, jumlah penduduk yang meningkat dari tahun ke tahun disebut pertumbuhan penduduk. Pertumbuhan penduduk sangat dipengaruhi oleh kelahiran, kematian, dan migrasi. Pertumbuhan penduduk dikatakan meningkat bila kelahiran lebih tinggi daripada kematian.

Selain itu, jumlah orang yang datang (bermigrasi) lebih banyak daripada kematian. Pertumbuhan penduduk dikatakan menurun bila kematian lebih tinggi daripada kelahiran.

Sedangkan factor yang menyebabkan kepadatan penduduk diantaranya yaitu pertumbuhan penduduk adalah pertumbuhan penduduk.
Pertumbuhan penduduk adalah perubahan populasi sewaktu-waktu, dan dapat dihitung sebagai perubahan dalam jumlah individu dalam sebuah populasi menggunakan “per waktu unit” untuk pengukuran. Berdasarkan statistik negara 2013/2014 bahwa Indonesia masuk ke rangking 4 dengan jumlah 237.641.326 juta jiwa diatasnya adalah Amerika serikat dan di bawahnya adalah Brazil.
Dari banyak penelitian kita mengetahui bahwa faktor utama yang menentukan perkembangan penduduk adalah tingkat kematian, tingkat kelahiran, dan tingkat perpindahan penduduk (migrasi). Dua faktor yang pertama sangat besar perananya dalam memengaruhi laju pertumbuhan penduduk1.

Disamping itu jumlah penduduk yang besar secara absolut akan bertambah lebih cepat daripada jumlah penduduk yang kecil, walaupun laju pertumbuhanya sama. Dari pengalaman yang ada, laju pertumbuhan penduduk selalu meningkat bagi dunia secara keseluruhan samapi awal abad ke-20.

Kemudian dapat diperkirakan lamanya waktu yang dibutuhkan bagi suatu jumlah penduduk untuk menjadi dua kali lipat apabila kita mengetahui tingginya laju pertumbuhan penduduk itu.

Misalnya laju pertumbuhan penduduk 2% per tahun, maka waktu pelipatan dua adalah 70:2 atau 35.

Pengertian dan Dampak Kepadatan Penduduk Terhadap Penganguran
Gambar: Kepadatn Dijalanan

Dampak dari pertumbuhan penduduk

Sebagai akibat dari adanya dua keadaan yang saling bertentangan diatas. Jika pertumbuhan penduduk tidak didasari dengan kesempatan kerja yang memadai maka akan menimbulkan pengangguran.

Jika berbicara mengenai teori adam smith mengenai kepadatan penduduk memang dia mengatakan bahwa, dengan jumlah penduduk yang banyak maka dengan sendirinya Negara tersebut akan berkembang.

Memang benar teori tersebut jika ditempatkan untuk Negara yang sudah maju. Dimana sumberdaya manusianya memang sudah berkembang, berbedahalnya di Negara berkembang. Sumberdaya manusianya kebanyakan masih sangat primitif pemikirannya, tidak mau berkembang, atau memang kurang berpotensi.

Jika dihadapkan dengan pekerjaan maka mereka akan mudah disingkirkan dengan masyarakat kota. Lalu bagaimana nasip mereka? Sudah mencoba mencari pekerjaan sana sini namun tidak ada yang menerima, sehingga merekapun menganggur.

Pengangguran

Pengangguran secara teknis adalah semua orang dalam referensi waktu tertentu, yaitu pada usia angkatan kerja yang tidak bekerja, baik dalam arti mendapatkan upah atau bekerja mandiri, kemudian mencari pekerjaan, dalam arti mempunyai kegiatan aktif dalam mencari kerja tersebut.

Menurut Sadono Sukirno ''Pengangguran adalah suatu keadaan dimana seseorang yang tergolong dalam angkatan kerja ingin mendapatkan pekerjaan tetapi belum dapat memperolehnya.''
Menurut Payman J. Simanjuntak Pengangguran adalah orang yang tidak bekerja berusia angkatan kerja yang tidak bekerja sama sekali atau bekerja kurang dari dua hari selama seminggu sebelum pencacahan dan berusaha memperoleh pekerjaan.

Pengangguran berdasarkan istilah umum dari pusat dan latihan tenaga kerja Pengangguran adalah orang yang tidak mampu mendapatkan pekerjaan yang menghasilkan uang meskipun dapat dan mampu melakukan kerja.

Definisi pengangguran menurut Menakertrans Pengangguran adalah orang yang tidak bekerja, sedang mencari pekerjaan, mempersiapkan suatu usaha baru, dan tidak mencari pekerjaan karena merasa tidak mungkin mendapatkan pekerjaan.

Loading...
Loading...

0 Response to "Pengertian dan Dampak Kepadatan Penduduk Terhadap Penganguran"

Post a Comment

wdcfawqafwef