Pengertian dan Jenis Investasi Reksadana Saham Menurut Para Ahli

Semakin berkembangnya teknologi pada saat ini membuat orang semakin mudah untuk menginvestasikan hartanya, dikarnakan sudah tidak perlu bertemu untuk mensepakatinya. Cukup dengan internet semua teratasi. Tidak sedikit para investor yang menginginkan dana yang ia investasikan memperoleh imbal hasil yang menjanjikan dengan risiko yang minim, hal tersebut tentu tidak terlalu susah bagi memang mereka yang memahami ilmu mengenai investasi. Lalu  bagaiman jika itu mereka ingin menginvestasikan uangnya tapi mereka tidak paham mengenai ilmu investasi. Oleh sebab itu hadirlah reksa dana. Taukah anda apa pengertian reksadana dalam investasi? Berikut penjelasannya.

Reksa Dana


Reksa dana merupakan salah satu alternatif investasi dalam bidang investasi keuangan (financial investment).

Pengertian reksadana adalah sebuah lembaga investasi yang dipakai untuk mereka yang tertarik pada investasi saham dan obligasi namun memiliki kelemahan ilmu dalam bidang investasi keuangan, 

Sehingga danan tersebut dapat dipercayakan kepada lembaga reksa dana untuk dikelola dan diberikan keuntungan sesuai dengan besarnya porsi dana yang disetorkan, serta mengikuti dan menanndatangani persyaratan administrasi sesyai dengan yang dilepaskan.

Jenis Reksa dana

Menurut Farida dan Siswanto, berdasarkan jenis investasinya reksa dana dapa dibedakan menjadi beberpa yaitu:

1. Reksa dana pasar uang yang hanya melakukan investasi pada efek ersifat utang dengan jatuh tempo kurang dari satu tahun.

2. Reksa dana pendapatan tetap, yaitu reksa dana yang melakuka invetasi sekurang-kurangnya 80 persen dari aktivanya dalam obligasi dalam bunga tetap, dan bukan oligasi yang berbunga mengambang (floating rate bond).

3. Reksa dana saham dalam reksa dana yang melakukan investasi yang sekurang-kurangnya 80 persen dari aktiva dalam efek berbentuk ekuitas.

4. Reksa dana campuran, dengan tidak menggunakan perbandingan seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Pengertian dan Jenis Investasi Reksadana Saham Menurut Para Ahli
Gambar: Contoh sertifikat reksa dana

Soal dan Jawaban

Soal
Mengapa pada saat terjadi masalah pada suatu perusahaan baik itu dari segi keuangan maupun non keuangan, beberapa pihak sering melakukan usulan untuk mengambil tindakan penggambungan sebagai solusi untuk mengatasi masalah?

Jawaban
Sebernarnya merger atau penggabungan bukan satu-satunya solusi, namun metode tersebut sering dianggap sebagai suatu solusi yang efektif jika dibandingkan dengan solusi yang lain. Merger dapat dilakukan secara vertikal dan horizontal. Keputusan merger bagi banyak pihak dianggap sebagai solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah karna ditinjau dati berbagai manfaat seperti:

1. Terjadinya pengatan finansial, SDM, network organistion, konsep dan beberapa sektor lainnya, karena dua buah perusahaan telah digabungkan menjadi satu.

2. Memiliki kekuatan untuk memengaruhi pasar atas dasar untuk sudah memiliki sisi historis hubungan dengan konsumen, yaitu konsumen yang loyal terhadap produk mereka.

3. Tidak terjadi PHK pada karyawan dalam jumlah yang besar seperti yang terjadi pada kasus akuisisi.

4. Kebutuhan terhadap kekurangan dana dapat diselesaikan tanpa harus meminjam ke pihak lain atau ke institusi perbankan.

5. Memiliki tim kerja yang lebih selektif dan solid karena berdasarkan pengalaman terdahulu ketika perusahaan mengalami kesulitan keuangan, perusahaan dapat membentuk tim yang jauh lebih solid dan penuh kehati hatian.

0 Response to "Pengertian dan Jenis Investasi Reksadana Saham Menurut Para Ahli"

Post a Comment

wdcfawqafwef