Loading...

Pengertian, Definiai dan Arti Resiko Dalam Investasi

Loading...
Loading...
Para pakar investasi menyebutkan bahwa saat ini merupakan era investasi tanpa batas ruang dan waktu. Inilah masa ketika manusia dapat melakukan hubungan kapanpun dan dimanapun. Bisnis telah hidup dengan rotasi aktivitas 24 jam. Perkembangan teknologi dan informasi sangat pesat sehingga mendorong perubahan dalam ilmu investasi untuk menyesuaikan kondisi yang terkini. Saat ini keputusan dan tindakan investasi tidak lagi serumit dahulu, ketika antara kedua belah pihak harus hadir dan mensetujuinya.

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat ini sekaranga tidak perlu berjumpa hanya dengan menggunakan perangkat lunak yaitu internet para investor bisa mensetujuinya dengan jarak jauh. Tentunya dengan mengharap imbah hasil yang besar dengan resiko yang rendah. Berikut akan menjelaskan pengertian risiko (risk) dan pengertian imbal hasil dalam investasi.

Risiko dan Imbal Hasil

Definisi Risiko

Risiko dapat diartikan sebagai bentuk ketidak pastian tentang suatu keadaan yang akan tejadi di kemudian hari akibat keputusan yang diambil berdasarkan berbagai pertimbangan pada saat ini.

Pembahasan risiko memiliki keterkaitan kuat dengan pembahasan investasi. Sebagaimana yang dikemukakan oleh Raharjo, risiko adalah tingkat potensi kerugian yang timbul karena perolehan hasil investasi yang diharapkan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Setiap keputusan investasi memiliki keterkaitan yang kuat dengan terjadinya risiko, karena perangkat keputusan investasi tidak selamanya lengkap dan dapat dianggap sempurna.

Namun demikian, dalam keputusan tersebut terdapat kelemahan yang tidak dianalisis dengan tidak baik dan sempurna, sehingga risiko selalu dijadikan barometer utama untuk menganalisiskeputusan investasi yang akan dilakukan. Joel G. Siegel dan K. Shim menjelaskan bahwa analisis risiko adalah proses pengukuran yang disatukan dengan keputusan keuangan dan investasi.

Sementara David K. Eiteman, Athur I. Stonehill dan Michael H. Moffet mengatakan bahwa risiko dasar adalah

the mismatching of interest rate bases for associated assets and liabilities.’’

Berdasarkan penjelasan tersebut secara umum risiko dapat dianggap sebagai ketidak pastian tentang suatu keadaan yang akan terjadi nantinya dengan keputusan yang diambil berdasarkan suatu pertimbangan.

Pengertian, Definiai dan Arti Resiko Dalam Investasi

Definisi Imbal Hasil

Imbal hasil adalah keuntungan yang diperoleh oleh perusahaan, individu dan institusi dari hasil kebijakan investasi yang telah dilakukan. R. J. Shook mendefinisikan imbal hasil sebagai laba investasi, baik melalui bunga maupun dividen.

Ada beberapa pengertian imbal hasil yang dipakai dalam dunia investasi yaitu:

a. Imbal hasil atas ekuitas ROE (return or equity), yang diperoleh dengan membagi pendapatan bersih dengan ekuitas pemegang saham.

b. Imbal hasil atas modal (return of capital) merupakan pembanyaran kas tidak kena pajak kepada pemegang saham yang mewakili imbal hasil modal yang diinvestasikan, bukan distribusi dividen. Investor mengurangi biaya investor dengan jumblah pembayaran.

c. Imbal hasil atas investasi (return of investment) ROI diperoleh dengan cara membagi pendapatan sebelum pajak dengan investasi untuk memperoleh angka yang mencerminkan hubungan anatara investasi dan kaba.

d. Imbal hasil atas modal investasi (return on invested capital) yang diperoleh dari membagi pendapatan bersih dan pengeluaran bunga perusahaan dengan total kapitalitas perusahaan.

e. Imbal hasil realisasi (realized return) merupakan imbal hasil yang telah tejadi.

f. Imbal hasil atas kekayaan bersih (return on net work) merupakan imbal hasil yang diperoleh dengan cara membandingan laba bersih setelah pajak dengan kekayaan bersihnya.

g. Imbal hasil atas penjualan (return on sales). Ini untuk menentukan efesiensi oprasi perusahaan. Seseorang dapat membandingkan presentase penjualan bersihnya (yang mencerminkan laba sebelum pajak) terhadap variabel yang sama pada priode sebelumnya. Persentase yang menunjukan tingkat efisiensi oprasi ini bervariasi antar industry.

h. Expected return merupakan imbal hasil yang diharapkan akan diperoleh oleh investor di masa mendatang.

i. Total return merupakan keseluruhan imbal hasil yang diperoleh dari suatu investasi pada periode tertentu.

j. Imbal hasil realisasi portofolio (portofolio realized return) merupakan rata-rata tertimbang dari imbal hasil yang terealisasi dari masing-masing sekuritas tunggal yang ada di dalam portofolio tersebut.

k. Portoflolio expected return merupakan rata-rata tertimbang dari imbal hasil yang diharapkan dari masing-masing sekuritas tunggal yang ada dalam portofolio.

Loading...
Loading...

0 Response to "Pengertian, Definiai dan Arti Resiko Dalam Investasi"

Post a Comment

wdcfawqafwef