Pengertian Portofolio Menurut Para Ahli Lengkap

Sebelum jauh memahami mengenai portofolio lebih baiknya mengetahui pengertian portofolio, tujuan dibenruknya portofolio, portofolio efisien, arti dari portofolio, definisi dari portofolio, Portofolio dan Diversifikasi Investasi.

Portofolio Dalam Pasar Modal


Pengertian portofolio

Pengenalan konsep portofolio dalam dunia incestasi mengalami proses peribahan yang cepat setiap waktunya. Pemahaman portofolio konvesional dan modern memberikan arti bahwa penelitian investasi adalah mulai muncul untuk dikaji dan didiskusikan secara intinsif dan dinamis. 

Ada banyak difinisi tentang portofolio yang dikemukakan oleh berbagai pakar dari berbagai Negara, terutama pakar dari Negara maju seperti Amerika Serikat, Italia, Jerman, Kanada, Prancis, Inggris dan juga Negara di kawasan Eropa TImur seperti Rusia.

Berdasarkan definisi dari berbagai sumber kita dapat menyimpulkan bahwa 
Pengertian portofolio adalah sebuah bidang ilmu yang secara khusus mengkaji tentang upaya yang dilakukan oleh investor untuk menurunkan risiko dalam berinvestasi seminimal mungkin, termasuk dalam menganekaragamkan risiko tersebut.

Pengertian Portofolio Menurut Para Ahli Lengkap

Tujuan pembentukan Fortofolio


Banyak pakar merumuskan bahwa pembentukan portofolio secara umum memiliki dua tujuan. Kedua tujuan tersebut diupayakan untuk memberikan kepuasan yang maksimal kepada pemegang saham karna pemegang saham selalu menuntut pihak menajemen untuk bekerja dan mampu meningkatkan keuntungan secara maksimal setiap tahunnya. Jika pihak manajemen tidak mampu meningkatkan keuntungan  maka para pemegang saham (khususnya komisaris perusahaan) akan langsung mendapat terguran. Hal tersebut dikarnakankarna komisaris perusahaan biasanya memiliki karakteristik sebagai penghindar risiko.

Adapun tujuan pembentukan portofolio yang dimaksud adalah:

a. Berusaha untuk memberikan keuntungan yang maksimum sesuai dengan yang diharapkan atau adanya imbalan hasil yang diharapkan (expected teurn).

b. Menciptakan risiko yang minimum dan menciptakan kontinuitas dalam bisnis.

Portofolio Efisien

Portofolio Efisien adalah portofolio yang berada di dalam kelompok yang layak menawarkan imbal hasil yang diharapkan maksimum ke para investor atas berbagai level risiko dan juga risiko minimum untuk berbagai level imbal hasil yang diharakpan. 
Efisien selalu dilihat dari segi biaya, maka portofolio yang efisien juga melihat dari segi biaya yang paling efektif dari berbagai portofolio yang ditawarkan, karena investor tidak ingin menginvestasikan dananya pada tempat-tempat yang dianggap tidak efisien.

Portofolio dan Diversifikasi Investasi

Berdasarkan jenjelasan sebelumnya, kita dapat memahami definisi dan tujuan portofolio efisien, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa portofolio merupakan sebuah cara yang dilakukan oleh investor untuk menempatkan sejumlah dana pada tempat-tempat yang jauh dari risiko namun menghasilkan keuntungan maksimal.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mewujudkan kedua factor tersebut adalah dengan melakukan diversifikasi investasi. Diversifikasi investasi dapat diartikan sebagai benruk solusi untuk menghindari risiko dan memperbesar keuntungan. 

Dengan begitu portofolio dan investasi dilihat sebagai bentuk menganekaragaman investasi dangan cara menepatkan dana pada lebih dari saru tempat bisnis atau lebih dari satu sekuritas. Minimal keputusan portofolio yang dibuat adalah menempatkandana pada dua sekuritas, dan akan lebih baik lagi jika ditempatkan pada lebih dari dua sekuritas. 

0 Response to "Pengertian Portofolio Menurut Para Ahli Lengkap"

Post a Comment

wdcfawqafwef