Loading...

Pengertian Utang Obligasi, Sukuk dan Obligasi Syariah Lengkap

Loading...
Loading...
Salah satu kebijakan perusahaan agar dapat memperoleh dana tanpa harus mengajukan pinjaman ke bank atau menerbitkan saham baru adalah melalui penrbitan obligasi. Obligasi diterbitkan oleh suatu perusahaan dengan tujuan untuk menghindari risiko yang kemungkinan terjadi dikemudian hari. Jika kita amati obligasi juga termasuk bagian dari manajemen risiko dengan cara mengalihkan risiko yang mungkin terjadi dikemudian hari. Apabila pihak perusahaan tidak sanggup membayar bunga obligasi, maka obligasi tersebut dapat dialihkan ke dalam bentuk saham atau yang lainnya.

Bentuk pengalihan tersebut dianggap sebagai salah satu solusi yang ditempuh oleh pihak perusahaan untuk menghadapi berbagai permasalahan yang terjadi di lapanga. Mekanisme pengalihan tentunya dilakukan dengan cara merundingkan dengan pihak pemegang obligasi apakah penawaran itu disetujui atau tidak. Jika penawarannya ditolak, bentuk alternatif seperti apa yang diinginkan? Mungkin saja jika pihak pemegang obligasi ingin terlibat dan masuk sebagai salah satu manajemen perusahaan. Adanya kesepakatan merupakan salah satu bentuk dari penyelesaian risiko.

Difinisi Obligasi

Obligasi juga bisa disebut sebagai jaminan utang. Dan juga untuk obligasi bagi hasilnya sudah ditentukan diawal. Yang membedakan antara obligasi dan sukuk yaitu jika sukuk memiliki jaminan yang berupa asset sedangkan obligasi tidak memiliki jaminan.

Pengertian obligasi adalah merupakan bentuk surat berharga yang dijual kepada publik, yang didalamnya tercantum ketentuan-ketentuan yang menjelaskan betbagai hal seperti nilai nominal, tingkat suku bunga, jangka waktu, nama penerbit, dan beberapa ketentuan lain yang dijelaskan dalam undang-undang yang disahkan oleh lembaga yang terkait.

Ada beberapa pendapat yang mendefinisikan obligasi yaitu:

1. Obligasi (bond) merupakan janji tertulis dari sebuah perusahaan, pemerintah atau lembaga keuangan lainnya untuk membayar sebanyak nilai nominal pada waktu jatuh tempo.

2. Obligasi (bond) adalah sekutiras hutang jangka panjang yang diterbitkan oelh sebuah perusahaan atu pemerintah, yang memiliki suku bunga dan tanggal jatuh tempo yang tepat.

3. A dictionary og economics, business and finance, memberikan beberapa pengertian obligasi sebagai berikut.

a. Persetujuan dan perjanjian tertulis yang telah ditetapkan pemerintah atau pihak lainnya. Perjanjian tersebut menjelaskan bahwa perusahaan harus membayar sejumlah harta dan bunga pada tanggal yang telah ditetapkan.

b. Perjanjian antara dua orang atau lebih, dengan tujuan antara salah satu pihak mempunyai kewajiban untuk membayar hutang pada pihak lain.

Sukuk dan Konsep Obligasi Syariah

Pembahasan mengenai sukuk dan obligasi memang sudah sangat sering menjadi perbincangan diantara para akademisi maupun orang yang bersangkutan langsung dengan sukuk tersebut.

Hal tersebut dimaksudkan untuk memecahkan berbagai masalah di lapangan tentang keinginan memiliki obligasi berbasis syariah. Seiring dengan pesatnya pertumbuhan dan perkembangan bank syariah, dapat dikatakan bahwa sukuk merupakan aplikasi lanjutan dari dasar konsep perbankan syariah.

Pengertian Utang Obligasi, Sukuk dan Obligasi Syariah Lengkap

Pengertian sukuk adalah bentuk obligasi syariah yang dikeluarkan oleh bank syariah.
Istilah sukuk berasal dari bahasa arap yaitu shak berarti sertifikat atau hak. Konsep dasar sukuk ini adalah bagi hasil dan menghindari sistem bunga sebagaimana  yang berlaku pada obligasi konvesional. Oleh karna itu, sukuk diciptakan dengan acuan menghindari tiga konsep yaitu:

1. Riba
2. Gharar
3. Maysir

Selanjutnya penerbitan sukuk harus memenuhi empar akad, yaitu ijaroh (pemindahan hak guna atau manfaat), kafalah (jaminan), mudharabah (pendapatan atau investasi), dan wakalah (pelimpahan kekuasaan). Dengan begitu penerbitan sukuk ini memerlukan penerapan underlying asset. Dalam surat Al-Maidah ayat 2 telah disebutka

“dan tolong menolonglah kamu dalam mengerjakan kebajikan dan takwa, dan jangan tolong menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran”

Berdasarkan ayat tersebut sukuk merupakan jawaban aplikasi terhadap keinginan untuk tolong menolong secara islam tanpa memberatkan pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Sebagai cacatan penting, beberapa Negara yang mayoritas penduduknya beragama islam telah menjual obligasi ke pasar internasional seperti Malaysia dan Pakistan.

Penjualan sukuk di pasar internasional dianggap memiliki prospek yang sangat cerah. Hal tersebut dilihat dari daya serap sukuk yang sangat cepat.

Melalui penjualan obligasi syariah yang prospektif ini, diharapkan dimasa yang akan datang bank syariah dan konvesional akan tumbuh dan berkembang serta mampu bersaing di pasar. Saat ini beberapa modal bank syariah masih tergantung kepada bank konvesional, diharapkan ketergantungan seperti itu perlahan dihilangkan.

Loading...
Loading...

0 Response to "Pengertian Utang Obligasi, Sukuk dan Obligasi Syariah Lengkap"

Post a Comment