Loading...

Teori Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi Klasik Menurut Adam Smith dan David Ricardo

Loading...
Loading...
Ilmuekonomi.net-Dari dahulu hingga sekarang, perekonomian terus dan terus mengalami perubahan dan perkembangan. Diharapkan perkembangan itu menjadi lebih baik, namun dalam realitanya perkembangan ekonomi tidak bisa berjalan semulus yang diharapkan.

Dari pemikir ekonom bermazhab Historismus seperti Friedrich List, Bruno Hilderbrand, Karl Bucher dan W W Ricardo. Kemudian diteruskan pada generasi pemikir ekonomi klasik seperti teori teori pertumbuhan ekonomi klasik Adam Smith dan David Ricardo. Setelahnya mazhab Keynesian tokohnya yaitu Harrod Domar kemudian teori pertumbuhan neoklasik Solow swan, teori pertumbuhan endogen dan teori pertumbuhan Schumpeter.

Teori Pertumbuhan Ekonomi Klasik

Ada banyak faktor yang mempengaruhi pengembangan perekonomian, hal tersebutlah yang kadang menjadi kendala dalam menciptakan perekonomian yang lebih bagus. Selain karena perekonomian sifatnya sangat mengglobal dan perekonomian satu daerah kedaerah lain maupun dari satu negara ke negara lain saling mempengaruhi maka tidak hanya satu atau dua negara saja yang memikirkan bagaimana cara mengembangkan perekonomian menuju arah yang lebih baik, bahkan seluruh dunia memikirkannya.

Berbicara masalah ekonomi, dari periode satu ke periode berikutnya perkembangan ekonomian senantiasa menjadi pokok pembicaraan yang menarik. Oleh karena itu munculah berbagai tokoh-tokoh ekonomi yang mengemukakan berbagai pendapat, dari generasi ke generasi munculah tokoh-tokoh ekonomi baru yang membawa pemikiran yang berbeda dengan tokoh-tokoh ekonomi generasi sebelumnya.

Pemikiran tersebut biasanya merupakan penyempurnaan pemikiran tokoh sebelumnya atau pembenahan apabila ada pemikiran tokoh yang setelah diuji ada suatu kesalahan.

Walaupun berbagai pemikiran bermunculan, namun pada dasarnya pemikiran-pemikiran tersebut merngharapkan adanya pengembangan perekonomian menuju yang lebih baik. Dan dari berbagai macam pemikiran dan teori-teori dari para tokoh inilah kita bisa mengambil suatu tindakan ekonomi yang tepat guna meningkatkan perekonomian.

Mazhab Klasik

Diantara para pemikir ekonom klasik, Adam Smith dan David Ricardo meletakkan landasan bagi perkembagan pemikiran ekonomi selanjutnya. Beberapa tokoh aliran klasik lainnya Jean Baptist Say, Jeremy Bentham, John Stuart Mill dan Thomas Robert Malthus.

Seringkali terjadi silang pendapat mengenai satu pokok permasalahan namun pada dasarnya mempunyai beberapa persepsi yang sama mengenai tatanan ekonomi masyarakat, yaitu :

a. Kebijakan pasar bebas.

b. Kegiatan ekonomi yang dilakukan atas dasar mekanisme pasar akan jauh lebih bermanfaat bagi masyarakat secara keseluruhan daripada jika ada campur tangan pemerintah didalamnya.

c. Nilai dan harga barang, tingkat upah, tingkat sewa tanah dan tingkat laba ditentukan oleh mekanisme tarik menarik antara permintaan dan penawaran dipasar.

Menurut pandangan klasik, ada tiga syarat mutlak yang diprlukan guna mencapai keserasian dalam kehidupan ekonomi dan kesejahteraan umu yaitu  spesialisasi, efisinsi, dan pasar bebas.

a. Adam Smith

Menurut pandangan Smith, pengembangan hak milik, spesialisasi dan pembagian kerja merupakan faktor-faktor yang terjalin dalam proses pertumbuhan ekonomi secara historis. Smith membagi sejarah peradaban manusia kedalam empat tahap yaitu :

1) Tahap beburu (hunting)
2) Tahap beternak (pastoral)
3) Tahap pertanian (agricultural)
4) Tahap perdagangan (commerce)

Teori Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi Klasik Menurut Adam Smith dan David Ricardo
Gambar: Adam Smith

Agar inti dari proses dan teori pertumbuhan ekonomi menurut adam smith  ini mudah dipahami. Kita bedakan menjadi dua aspek utama dalam pertumbuhan ekonomi, yaitu: teori pertumbuhan ekonomi menurut adam smith

1) Pertumbuhan Output Total

Menurut Smith, unsur pokok dari sistem produksi suatu negara ada tiga yaitu:

  • Sumber daya alam yang tersedia
  • Sumber daya manusia
  • Akumulasi modal yang dimiliki

Selain itu ada dua faktor lain yang mempengaruhi pertumbuhan output disamping akumulasi modal yaitu :
a) Makin meluasnya pasar
b) Adanya tingkat keuntungan diatas tingkat keuntungan minimal

2) Pertumbuhan Penduduk

Menurut Smith, pertumbuhan penduduk dinilai mampu mendorong pertumbuhan ekonomi bertambahnya penduduk akan meluas pasar. Dan meluasnya pasar akan memperolh tingkat spesialisasi dalam perekonomian.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, teori smith ini telah memberikan sumbangan yang sangat berarti dalam pemikiran ekonomi. Namun demikian, ada beberapa kritik terhadap teori smith ini yaitu:

a) Adanya pembagian kelas dalam masyarakat
b) Alasan menabung
c) Asumsi persaingan sempurna
d) Pengabaian peranan entrepreneur
e) Asumsi stasioner

b. David Ricardo (1772-1823)

Ricardo adalah seorang praktisi yang berasal dari keluarga pedagang menengah dan tidak pernah – seperti yang telah disinggung dimuka menuntu pendidikan formal di lembaga pendidikan tinggi.

Dalam menganalisis masalah-masalah ekonomi ada dua perbedaan antara pemikiran Ricardo dengan Smith, yaitu :

a. Smith menggunakan pendekatan yang bersifat empiris-induktif. Analisisnya didasarkan atas pengalman empiris dan kemudian kesimpulan yang diperoleh disusun dalam suatu pola kerangka pemikiran yang sistematis.

Sedangkan Ricardo dapat dikatakan sebagai ekonom pertama yang meletakkan pondasi untuk pendekatan yang bersifat teoritis-deduktif.

b. Smith memandang masa depan perkembangan masyarakat dengan nada optimis, sedangkan Ricardo memberikan isyarat tentang masa depan yang suram.
Dalam bukunya Principles of Political Economy and taxation (1817), Ricardo megungkapkan beberapa teori, yaitu :

a. Teori tentang nilai dan harga barang

b. Teori tentang distribusi endapatan atas faktor-faktor produksi yang di uraikan dalam teori upah, teori sewa tanah, teori bunga dan teori laba

c. Teori tentang perdagangan internasional

d. Teori tentang akumulasi dan pertumbuhan ekonomi

Proses Pertumbuhan

Asumsi-asumsi yang digunakan dalam teori ini adalah :
a) Jumlah tanah terbatas
b) Tenaga kerja (penduduk) ajkan meningkat atau menurun tergantung pada tingkt upah nominal
c) Akumulasi modal terjadi jika tingkat keuntungan yang diperoleh oleh para pemilik modal berada diatas tingkat keuntungan minimal
d) Kemajuan sektor teknologi terjadi sepanjang waktu
e) Sektor pertanian sangat dominan

Kritik terhadap teori Ricardo

a. Pengabaian pengaruh kemajuan teknologi
b. Pengertian yang salah tentang keadaan stasioner
c. Pegabaian faktor-faktor kelembagaan
d. Teori Ricardo bukan teori pertumbuhan
e. Pengabaian suku bunga

Loading...
Loading...

0 Response to "Teori Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi Klasik Menurut Adam Smith dan David Ricardo"

Post a Comment