Pengaruh Kepadatan Penduduk Terhadap Lingkungan Atau Sumberdaya Alam

Akibat kepadatan penduduk juga akan berdampak terhadap lingkungan. Karna dengan populasi manusia yang begitu banyak, maka permintaan atas sumberdaya alam dan lahan akan semakin banyak juga. 

Contohnya saja ketika lahan sudah tidak ada lagi sedangkan over population, maka lahan pertanian atau hutan akan dijadikan sebagai tempat solusi untuk menampung penduduk tersebut. disinilah terjadi perluasan lahan yang merugikan lingkungan walau hal tersebut terbilang sebagai solusi.

Kepadatan Penduduk

Dengan meningkatnya angka kelahiran maka pertambahan pendudukpun melonjak tinggi. Sehingga kepadatan populasi meningkat. Hal ini akan mempengaruhi daya dukung lingkungan. Daya dukung yang terbatas menyebabakan akan terjadinya kelangkaan sumberdaya alam dan akan timbul persaingan yang lebih ketat.

Angka kelahiran yang tingga tanpa diimbangi dengan pertumbuhan ekonomi yang seimbang, seringkali hanya dapat mencetak sumberdaya manusia yang kurang berkualitas.

Masalah kependudukan dan kerusakan lingkungan yang kali ini masih di hadapi oleh bangsa Indonesia dan Negara-negara lain.

Keperhatinan tersebut tidak hanya memberikan solusi penanganan masalah lingkungan yang bijak. Melainkan juga merupakan ancaman bagi kehidupan, bahwa kondisi lingkungan hidup sedang pada tahap yang memeperhatinkan.

Jika tidak ada upaya yang dilakukan sedini mungkin, lambat tahun dunia ini akan musnah. Dikarnakan alam sudah tidak bisa lagi memberikan apa apa terhadap manusia lagi. Sedangkan manusia tergolong bagian internal dari lingkungan hidup. 

Manusia tidak bisa lepas dari alam. Kepadatan penduduk yang disebabkan oleh kelahiran yang tinggi pada suatu daerah akan menyebabkan runga gerak daerah tersebut semakin ciut. Hal ini dikarnakan  manusia termasuk bagian internal dari ekosistem. Dimana manusia hidup dengan mengekploitasi lingkungan.
Pengaruh Kepadatan Penduduk Terhadap Lingkungan Atau Sumberdaya Alam
Gambar: Kepadatan Penduduk

Angka kelahiran yang cepat meningkatkan permintaan atas sumberdaya alam pada saat yang sama ketika meningkatnya suatu konsumsi. Yang disebabkan oleh membengkaknya jumlah penduduk, yang akhirnya dapat mempengaruhi produktifitas SDA tersebut. 

Kondisi tersebut bisa diibaratkan lilin, pertumbuhan penduduk yang cepat dikarnakan angka kelahiran yang tinggi layaknya api besar yang melelehkan lilin dengan cepat. Dan pada akhirnya lilin tersebut akan cepat habis.

Berikut penjelasan mengenai dampak pertumbuhan yang tinggi terhadap sumber daya yang tersedia.

1. Ketersedian pangan

Untuk tetap hidup manusia membutuhkan makanan. Dengan semakin padat penduduk maka semakin banyak pula sumberdaya alam yang dibutuhkan. Dengan angka kelahiran yang tinggi tapi tidak diiringi dengan bertambahnya produk pangan, dapat mempengaruhi kualitas kehidupan manusia sehingga akan kekurangan gizi dan pangan.

Didaerah kota-kota besar kondisi lahan-lahan pertanian hampir tidak ada, dikarnakan sebagian besar digunakan untuk pembangunan pabrik perumahan kantor dan pusat belanja.

Masyarakat kota sangat tergantung pada sumberdaya alam atau kebutuhan pangan yang dihasilkan dari desa. Jadi dengan meningkatnya jumlah penduduk maka akan meningkatnya kebutuhan pangan dan lahan.

2. Padatnya Lahan

Padatnya penduduk dapat meningkatkan kebutuhan lahan, baik itu untuk tinggal, sarana prasarana atau sarana penunggang kehidupan, industry serta pertanian. Untuk mengatasi kekurangan lahan yang akan dijadikan sebagai tempat tinggal dan industri adalah dengan menggunakan lahan pertanian atau penebangan hutan. 

Walaupun hal tersebut adalah solusi untuk mengatasi kekurangn lahan, dibalik itu semua sesungguhnya merusak lingkungan hidup yang akan mengganggu keseimbagnan lingkungan. Jadi pertumbuhan penduduk yang pesat dapat memicu terjadinya kerusakan lingkungan.

0 Response to "Pengaruh Kepadatan Penduduk Terhadap Lingkungan Atau Sumberdaya Alam"

Post a Comment

wdcfawqafwef