Loading...

Pengertian Definisi dan Arti PDB (produk domestik Bruto) atau GDP (gross domestic produk) Beserta Cara Menghitungnya.

Loading...

Pengertian PDB (produk domestik Bruto) atau GDP (gross domestic produk)

Pengertian PDB

PDB (produk domestik Bruto) atau GDP (gross domestic produk) para pemikir ekonomi telah memberikan pengertian bahwa pengertian PDB adalah total keseluruhan nilai output baik itu barang atau jasa yang diproduksi pada suatu wilayah pada kurun waktu tertentu, biasanya satu tahun. 

Sedangkan untuk perhitungan PDB (produk domestic bruto) yaitu dengan caran menghitung secara keseluruhan tanpa terkecuali tanpa memperhatikan siapa pemilik faktor produksi tersebut, baik itu adalah milik asing atau milik Negara.

Seluruh faktor produksi yang berlokasi pada perekonomian tersebut hasilnya diperhitungkan dalam PDB. Hal ini mengakibatkan bahwa perhitungan PDB kurang memberikan gambaran mengenai seberapa besar jumlah produksi baik itu barang atau jasa yang telah dihasilkan oleh perekonomian wilayah (domestik) tersebut.

Dalam perekonomian suatu Negara baik itu Negara maju atau Negara berkembang, barang atau jasa tidak hanya diproduksi oleh perusahaan meilik Negara tersebut melainkan oleh pihak luar negri terutama Negara yang sedang berkembang seperti Indonesia ini.

Realitanya produk nasional selalu ada pihak asing bahkan ada diciptakan oleh faktor-faktor produksi yang berasal dari pihak asing, mereka banyak menanamkan sahamnya pada faktor produksi tersebut. Dikarnakan saham yang mereka miliki besar maka hak suara dan output yang dihasilkan faktor produksi tersebut mayoritas miliknya.

Perusahaan multinasional banyak beroprasi dibeberapa Negara serta ikut andil dalam peningkatan baran dan jasa yang dihasilkan oleh faktor produksi tersebut.

Perusahaan multinasional tersebut banyak menyediakan atau membantu pelaksaan oprasi pengelolaan sumberdaya yang dikelola oleh perusahaan tersebut baik itu dari segi modal, fasilitas teknologi yang tidak dimiliki perusahaan tersebut dan tenaga ahli dimana prusahaan tersebut beroprasi.

Ini menandakan bahwa setiap Negara tidak bisa berdiri sendiri walaupun begitu banyak sumber daya alam yang terdapat pada Negara tersebut, jika Negara tersebut tidak bisa mengelolanya dikarnakan keterbatasan alat. Maka sumber daya alamnya akan terdiam dan tidak menghasilkan.

Begitu pula Negara yang sangat maju teknologinya tapi tidak ada sumberdaya alam di negaranya, apa yang mereka kelola? Disinilah menandakan bahwa suatu Negara tidak bisa berdiri sendiri melainkan butuh Negara lain untuk menjaga keseimbangan roda perekonomian.

Pengertian Definisi dan Arti PDB (produk domestik Bruto) atau GDP (gross domestic produk) Beserta Cara Menghitungnya.

Cara Menghitung PDB (produk domestic bruto) 

Istilah yang paling sering digunakan untuk pendapatan nasional adalah PDB (produk domestik bruto) atau GDB (gross domestik produk). Istilah tersebut merujuk pada pengertian:
“NIlai barang dan jasa akhir berdasarkan harga pasar, yang diproduksi oleh sebuah perekonomian dalam satu preode (kurun waktu) dengan menggunakan faktor-faktor produksi yang berada dalam perekonomian tersebut.’’
“The total market value of all goods and services produced within a given perio, by factors of production lacated within a country.’’ 
1. Produk dan jasa akhir, dalam pengertian barang dan jasa yang dihitung dalam PDB adalah barang dan jasa yang digunakan pemakai terakhir (untuk konsumsi).

2. Harga pasar, yang menunjukan bahwa nilai output nasional tersebut dihitung berdasarkan tingkat harga yang berlaku pada periode yang bersankutan.

3. Faktor-faktor produksi yang berlokasi di Negara yang bersangkutan, dalam arti perhitungan PDB tidak mempertimbangkan asal faktor produksi (milik perekonomian atau milik asing) yang digunakan dalam menghasilkan output.

Mungkin yang menjadi pertanyaannya adalah cara menghitungnya dan masalah-masalah apa yang timbul dari cara perhitungan tersebut. Mengingat konteks kegiatan yang dianalisis dalam teori ekonomi mikro, maka ada dua langkah yang harus dilakukan sebelum mampu menghitung PDB.

Langkah pertama adalah pemahaman atas siklus aliran pendapatan dan pengeluaran dalam konteks makro. Langkah kedua adalah bagaimana (lewat pasar-pasar apa saja) para pelaku ekonomi berintraksi.

untuk menghitung PDB dapat menggunakan rumus:

                    PNB                  Pendapatan
PDB =  -------------------  =   --------------
             Jumlah Produk            capital

atau bisa dengan menggunakan rumus

GDP = C + I + G + (X-M)

Keterangan:
C = Konsumsi
I  = Investasi
G= Pengeluaran Pemerintah
X= Ekspor
M= Impor
PDB = produk domestik bruto atau GDB
PNB = produk national bruto atau GNP
Loading...
Loading...

0 Response to "Pengertian Definisi dan Arti PDB (produk domestik Bruto) atau GDP (gross domestic produk) Beserta Cara Menghitungnya."

Post a Comment