Loading...

Pengertian Definisi dan Arti PNB (produk national Bruto) atau GNP (gross national produk) Beserta Cara Menghitungnya.

Loading...
Loading...

Pendapatan Nasional

Salah satu indicator telah terjadinya alokasi yang efisiensi secara makro adalah nilai output nasional yang dihasilkan sebuah perekonomian pada sustu pereode tertentu. Sebaba, besarnya output nasional dapat menunjukan beberapa hal penting dalam sebuah perekonomian.

1.  Besarnya nasional merupakan gambaran awal tentang seberapa besar efisiensi sumber daya yang ada dalam perekonomian (tenaga kerja, barang modal, uang, dan kemampuan kewirausahawan) digunakan untuk memproduksi barang dan jasa.

Secara umum, makin besar pendapatan nasional suatu Negara, semakin baik efesiensi alokasi sumber daya ekonominya.

2. Besarnya outpun nasional merupakan gambaran awal tentang produktivitas dan tingkat kemakmuran suatu Negara. Alat ukur yang disepakati tentang tingkat kemakmuran adalah aouput nasional per kapita.

Nilai output perkapita diperoleh dengan cara membagi besarnya output nasional dengan jumlah penduduk pada tahun yang bersangkutan.

Jika angka output perkapita makin besar, tingkat kemakmuran dianggap makin tinggi. Sementara itu alat ukur tentang produktivitas rata-rata adalah output per tenaga kerja. Makin besar angkanya, makin tinggi produktivitas tenaga kerja.

3. Besarnya output nasional merupakan gambaran awal tentang masalah-masalah mendasar yang dihadapi suatu perekonomian. Jika sebagian besar output nasional dinikmati oleh sebagian kecil penduduk, maka perekonomian tersebut mempunyai masalah dengan distribusi pendapatannya.

Jika sebagaian besar output nasional besar berasal dari sektor pertanian, maka perekonomian tersebut berhadapan dengan masalah ketimpangan struktur produksi.

Dalam arti, perekonomian harus segera memodernisasikan diri, dengan memperkuat industrinya, agar ada keseimbangan kontribusi antar sektor pertanian yang dianggap sebagai sektor ekonomi tradisional dengan sektor industry yang dianggap sebgai sektor ekonomi modern.

Pengertian Definisi dan Arti PNB (produk national Bruto) atau GNP (gross national produk) Beserta Cara Menghitungnya.

Pengertian GNP (gross national produk)

Pengertian produk Nasional Bruto (Gross National Product) adalah jumlah total pendapatan ekonomi suatu negara dalam kurun waktu tertentu, biasanya selama satu tahun, termasuk juga nilai produksi yang dihasilkan oleh penduduk dari negara tersebut (di dalam dan di luar wilayah negara).

Mengenai perhitungan GNP adalah dengan menjumlahkan pendapatan seluruh penduduk yang ada dinegara tersebut terkecuali ada orang asing yang memiliki produksi di Negara tersebut, itu tidak dihitung dalam perhitungan GNP, kecuali memang dia sudah menjadi kewarga negaraan Indonesia secara resmi, dengan ketentuan-ketentuan yang sudah tertera.

Sedangkan untuk penduduk asli daerah tersebut memili investasi atau kegiatan produksi di luar negri namun dia masih menjadi warga Negara yang sah, maka yang demikina juga masuk dalam perhitungan GND.

Rumus GNP

Sedangkan cara untuk menghitung GNP yaitu dengan menggunakan rumus:
GNP = GDP + Pendapatan Bersih Aset Nasional di Luar Negeri
Ada perbedaan perhitungan GNP dengan GDP, jadi untuk mengetahui produk nasional produk yaitu dengan cara menjumlahkan hasil GDP ditambah dengan pendapatan bersih aset negara tersebut yang berada di luar negri.

Loading...
Loading...

0 Response to "Pengertian Definisi dan Arti PNB (produk national Bruto) atau GNP (gross national produk) Beserta Cara Menghitungnya."

Post a Comment

wdcfawqafwef