Pengertian Dinamika Penduduk Menurut Para Ahli

Loading...
Loading...
Salah satu faktor yang menyebabkan kepadatan penduduk adalah kelahiran sebelum itu ada hal yang perlu anda ketahui yaitu pengertian dinamika penduduk dan kepadatan penduduk.

Dinamika Kependudukan

Pengertian Dinamika Penduduk

Pengertian dinamika penduduk adalah meningkatnya jumlah penduduk pada suatu daerah dari masa kemasa atau bertmabhanya distribusi sehingga dapat mempengaruhi kondisi penduduk tersebut.

Faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk

Faktor-faktor yang mempengaruhi dinamika penduduk yaitu kelahiran, kematian dan migrasi. Berikt penjelasannya

a. Kelahiran

Lahirnya bayi dimuka bumi ini menandakan bahwa akan lahir pula generasi penerus atau sebgai generasi baru yang akan mengubah peradaban yang telah ada.

Bisa jadi mereka akan mengembangkan dan memperbaiki yang rusak bisa juga mereka malah tidak berguna sama sekali bahkan yang lebih parah lagi sebagai perusak. Semua itu berawal dari pendidikan yang mereka dapatkan.

Sebagaimana yang diketahui bahwa Indonesia termasuk Negara yang tingkat kelahirannya tinggi. Yang sampai ini pemerintah belum bisa menekannya.

Angka kelahiran yang tinggi jika tidak diiringi dengan sumber daya alam yang memadai maka akan terjadi permintaan yang tinggi atas sumber daya alam tersebut. Sedangkan alam tidak mampu memeberikan nya, maka tejadilah kelangkaan.

Pengertian Dinamika Penduduk Menurut Para Ahli
Gambar: Tingginya angka kelahiran di Indonesia

Akan tetai islam memandang bahwa sesungguhnya bukannya sumber daya alam yang terbatas melainkan karna manusia yang rakus dan tama’. Ketika mereka memiliki emas sebesar satu gunung maka mereka akan meminta sebesar gunung tersebut dan begitu tidak akan berhenti sampai tanam memenuhi mulutnya maka dia tidak akan meminta lagi.


Faktor penghambat dan penunjang kelahiran


Adapun faktor-faktor yang menghambat dan menunjang terjadinya tingkat kelahiran di suatu Negara.

1. Faktor Penghambat terjadinya kelahiran

- KB (keluarga berencana)

Keluarga berencana menurapan salah satu faktor yang dapat menghambat terjadinya kelahiran yang tidak terkendali, yaitu dimana setiap anggota keluarga hanya memiliki dua anak saja. Seperti selogannya “Dua Anak Baik”, lebih dari itu lebih baik hehe.

Contoh Negara yang sudah mewajibkan KB setiap anggota keluarganya yaitu Negara China. Bahkan pemerintahnya sudah melegalkan aborsi, dikarnakan sudah tidak terkendali lagi.

- Pendidikan

Tidak sedikit kita dapati di era sekarang ini banyak dikalangan para aktifis atau akademisi yang mengorbankan waktunya untuk mengejar prestasi yang diimpikannya.

Contohnya saja ketika seorang wanita masih menyelesaikan kuliah sarjananya atau S1, mereka menganggap bahwa pernikahan akan mengganggu aktifitas dalam rangkan mengejar prestasinya.

Kemudian dia akan melanjutkan S2nya, tidak terasa umurnya sedah menginjak yang ke 26 tahun. Sekarang sudah menereapkan bahwa untuk menyelesaikan kliah S2 harus 4 tahun. Kemudian dia akan melanjutkan studi S3nya. Dengan demikian dia telah menunda pernikahan yang akan menambah angka kelahiran pada akhirnya.

- Wanita karir
Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kebanyakan orang ketiak ingin mengejar karirnya dia akan menyamping semua urusan yang menghalanginya, sehingga ketika dia sudah menikmati prosesnya dia akan lupa dengan umur yang telah dimilikinya. Yang seharusnya sudah layak menikah namun dia melewatinya.

2. Faktor penunjang tejadinya kelahiran

- Nikah muda

Faktor yang menjadi pendukung terjadinya angka kelahiran yang tinggi yaitu nikah dalam usia muda. Mengapa demikian? Karna ketika usia muda dia sudah memiliki anak, mereka pasti akan menambah lagi dikarnakan mereka menganggap usianya masih layak dan pantas untuk melahirkan anak.

Berbeda halnya dengan seorang wanita yang menikah dalam usia 30 ke atas, untuk usia wanita umur tersebut bisa dikatakan terlambat. Sedangkan monupouse (masa tidak produktif lagi) pada wanita di usia 40 tahun. Dalam jarak 10 tahun sangat kecil kemungkinan memiliki anak lebih dari 2.

- Banyak anak banyak rezeki.

Banyak masyarakat yang meyakini dengan banyak anak banyak rezeki. Itu artinya semakin meningkatkan angka kelahiran. Dan memang benar bahwa setiap anak sudah ada rezekinya masing-masing, hanya saja melalui ayahnya.

- Meninggikan status sosial

Ketika seorang anak sukses dalam karirnya pastinya tidak lepas dari ridho orang tuanya. Dari kesuksesannya tersebut mulai lah dikenal banyak kalangan masyarakat sehingga  harum namanya dikalangan masyarakat, secara tidak langsung orang tua anak tersebut akan terbawa namanya.


b. Kematian

Berikut penjelasan mengenai faktor penghambat dan penunjang kematian


1. Faktor-faktor yang dapat menghambat terjadinya sebuah kematian yaitu

- Menerakpan prinsip PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat). Dengan perilaku PHBS maka masyarakat akan dipahamkan bagaimana mengatur dan memakai cara sehat dalam hidupnya. Terlebih lagi tidak memakai NAFZA.

- Fasilitas medi yang memadai. Dengan fasilitas medis yang memadai dalam suatu daerah akan menghambat terjadinya kematian. Tidak sedikit pasyen meninggal dalam perjalanan menuju rumah sakit yang ada di luar kota, hal ini dikarnakan kurangnnya fasilitas dalam rumah sakit di daerahnya.

- Gizi yang cukup. Dengan mangatuh pola makan 4 sehat 5 sempurna, maka tubuh akan mendapatkan gizi yang cukup. Banyak tapi satu jenis bukan berarti bergizi, namun yang beragamlah yang bergizi. Kita harus tahu kebutuhan tubuh kita baik itu kalori, fitamin, protein, karbohidrat dll.

- Meningkatkan tenaga medis. Jika fasilitas sudah terpenuhi maka tingkatkan lagi tenaga medis yang ada didaerah tersebut. Dengan semakin banyak tenaga medis yang ada di rumah sakit. Dengan ijin Allah setiap orang yang sakit dapat ditolong dengan mudah.

2. Penunjang kematian

Faktor-faktor yang dapat menunjang terjadinya kematian kebalikannya yang telah dijelaskan diatas, diantaranya yaitu.

- Rendahnya tingkat kesadaran hidup sehat. Dengan seperti ini masyarakat akan acuh taacung dengan kondisi lingkungan sekitarnya. Tidak mempedulikan air yang mereka konsumsi, dari mana asalnya, bersih atau tidak. Terlebih lagi bagi pengguna narkoba, hanya sebah kepuasan semata saja yang mereka tuju. Setelahnya maut akan menghampirinya. Dikarnakan obat-obatan terlarang tersebut akan merusak semua organ manusia.

- Fasilitas kesehatan yang kurang memadai. Walaupun tenaga medis yang berada di rumah sakit tersebut terbilang bagus namun jika fasilitas yang digunakan tidak ada, bagaimana mungkin seorang dokter menyembuhkan tanpa alat.

- Gizi buruk. Berbicara masalah gizi itu artinya berbicara masalah asupan yang dimakan setiap harinya. Jika semua kebutuhan tubuh sudah terpenuhi itu artinya gizi anda sudah terpenuhi. Banyak yang menderita busung lapar dikarnakan Gizi buruk.

Coba kita tengok orang-orang yang hidupnya tergantung dari pemberian orang lain, hidupnya hanya berlinduk dibalik kardus-kardus yang tersusun menjadi atap.

Lantas bagaimana dia bisa memenuhi gizi mereka sedangkan makan sehari saja sudah sangat menguntungkan bagi mereka. Ini adalah tugas Negara melindungi masyarakatnya dari kemiskinan. Apakah pemerintahan sekarang sudah menangani kemiskinan tersebut? Bahakan media saja dilarang untuk memberitakannya.

- Bencana alam atau peranga. Bencana alam merupakan bencana yang datangnya tidak terduga-duga dan tidak diharapkan kedatangannya oleh kebanyakan manusia. Sekali terjadi bencana alam contohnya saja suami, ribuan bahkan juataan orang mati seketika.


c. Migrasi

Berikut beberapa istilah mengenai perpindahan penduduk.


- Imigrasi adalah perpindahan penduduk dari Negara ke Negara.

- Emigrasi adalah pulangnya kembali seorang warna Negara tersebut dari Negara luar selepas kepergianya.

- Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dari desa ke kota.

- Transmigrsi adalah perpindahan penduduk dari pulau ke pulau. Contoh pulau jawa ke Sumatra.

- Ruralisasi adalah perpindahan penduduk dari kota ke desa. Seperti yang sering kita jumpai ketika hari raya idul fitri.

0 Response to "Pengertian Dinamika Penduduk Menurut Para Ahli "

Post a Comment