Pengertian Ilmu Ekonomi Regional Menurut Para Ahli

Ilmuekonomi.net-Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari bagaimana manusia dapat memenuhi kebutuhan hidupnya yang ketersediaannya atau kemampuan orang mendapatkannya terbatas. Ilmu ekonomi regional (IER) atau ilmu ekonoi wilayah suatu cabang dari ilmu ekonomi yang dalam pembahasannya memasukkan unsur perbedaan potensi satu wilayah ekonomi yang dalam pembahasannya memasukan unsur perbedaan potensi satu wilayah dengan wilayah lain.

IER Ilmu Ekonomi Regional

Sebetulnya sangat sulit meletakkan posisi ilmu ekonomi regional dalam kaitannya dengan ilmu lain, terutama dengan ilmu bumi ekonomi (economic geography). Hal ini yang menyebabkan banyak buku ilmu ekonomi regional tidak memberikan definisi tentang ilmu tersebut.

Ilmu bumi ekonomi adalah ilmu yang mempelajari keberadaan suatu kegiatan disuatu lokasi dan bagaimana wilayah sekitarnya bereaksi atas kegiatan tersebut. Ilmu bumi ekonomi mempelajari gejala-gejala dari suatu kegiatan yang bersangkut paut dengan tempat lokasi sehingga ditemukannya prinsip-prinsip penggunaan ruang yang berlaku umum.

Prinsip-prinsip ini dapat dipakai dalam bentuk kebijakan pengaturan penggunaan ruang wilayah yang efektif dan efisien berdasarkan tujuan umum yang hendak dicapai.

Hal-hal yang dibahas dalam ilmu bumi ekonomi antara lain mengenai teori lokasi. Dengan demikian perlu dipertanyakan apakah IER masih memiliki bidang yang dapat  digarapnya yang bereda dengan bidang yang telah digarap dengan ilmu lain.

Jawabannya adalah ya, ilmu bumi ekonomi menggarap ilmu tersebut dengan cara individual, yaitu mempelajadi dampak satu atau sekelompok kegiatan disuatu lokasi itu sebagai akibat dekat atau jauhnya lokasi lain, atau bagaimana kinerja kegiatan di lokasi itu sebagai akibat dekat atau jauhnya lokasi itu dari lokasi kegiatan lain. Tetapi lokasi tersebut saling berhubungan atau berintraksi.

Pengertian Ilmu Ekonomi Regional Menurut Para Ahli

Ilmu ekonomi regional tidak membahas kegiatan individu.
Pengertian ilmu ekonomi regional adalah  menganalisis suatu wilayah dengan potensinya yang beragam dan bagaimana mengatur suatu kebijakan yang dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi diseluruh wilayah. 

Memang baik itu ilmu bumi ekonomi maupun ekonomi regional mengenal dan mempergunakan istilah yang sama, misalnya wilayah modal, wilayah homogeny, kota, dan wilayah belakangan, tetapi dengan menggunakan metode pendekatan yang berbeda.

Masalah yang pelik adalah bahwa para pemikir pertama tentang ekonomi dan lokasi seperti Von Thunen (1826), Weber (1929), Ohlim (1939), dan Losh (1954) diangga sebagai pemberi landasan teori, baik itu dari ilmu ekonomi bumi atau ilmu ekonomi regional.

Akan tetapi keduanya masih bisa dibedakan yaitu ilmu bumi ekonomi melihatnya dari segi kegiatan individual sendangkan ilmu ekonomi regional dari segi wilayah. Unit analisis ekonomi regional adalah wilayah ataupun sektor dan bukan kegiatan individual.

Ilmu ekonomi regional termasuk salah satu cabang yang baru dari ilmu ekonomi. Cabang ilmu ekonomi lain yang terakhir berkembang adalah ilmu ekonomi lingkungan.

Ilmu ekonomi regional baru masuk di Indonesia pada awal tahun 1970 an  karena pemerintah baru menyadari pentingnya pembangunan ekonomi daerah sebagai bagian dari cara untuk mencapai tujuan pembangunan nasional.

Artinya pemerintah mulai menyadari bahwa kebijakan ekonomi tidaklah boleh dibuat seragam untuk semua daerah padahal kondisi dan potensi daerah itu tidak sama antara satu dengan yang lainnya.

0 Response to "Pengertian Ilmu Ekonomi Regional Menurut Para Ahli"

Post a Comment

wdcfawqafwef