Pengertian pendapatan perorangan (Personal Income) dan Pendapatan Siap Dibelanjakan (Diposible Income) Beserta Cara Menghitungnya

Pendapatan perorangan (personal income) dan pendapatan siap dibelanjakan (diposibel imcome)

Pengertian personal income dan diposibel income

Pengertian pendapatan perorangan (Personal income) adalah pendapatan yang diperoleh rumah tangga.

Pengertian pendapatan yang siap dibelanjakan (diposibel imcome) adalah pendapatan perorangan (personal income)  yang telah dikurangi dengan pajak yang langsung dibebankan pada rumah tangga dan hibah yang diberikan oleh rumah tangga. 

Cara menghitung pendapatan perorangan (personal income)

Apakah pengetian dari pendapatan regional (regional income)? Apabila pendapatan regional (regional income) dikurangi pajak pendapatan perusahaan (corporate income taxe), keuntungannya tidak dibagikan (undistributed profit), iuran kesejahteraan sosial (social security contribution), ditambah transfer yang diterima oleh rumah tangga dari pemerintah, bunga neto atas utang pemerintah, sama dengan pendapatan perorangan (personal income).

Apabila pendapatan perorangan dikurangi pajak pendapatan perorangan, pajak rumah tangga atau PBB, dan transfer yang dibayarkan oleh rumah tangga akan sama dengan pendapatan yang siap dibelanjakan.
Pengertian pendapatan perorangan (Personal Income) dan Pendapatan Siap Dibelanjakan (Diposible Income) Beserta Cara Menghitungnya

Dengan susunan ini dapat dilihat bahwa pendapatan perorangan merupakan pendapan yang diterima oleh rumah tangga. Ternyata tidak seluruh pendapatan regional diterima oleh rumah tangga.

Pajak pendapatan perusahaan diterima oleh pemerintah, keuntungan yang tidak dibagikan ditahan diperusahaan-perusahaan dan dana jaminan sosial dibayar kepada instansi  yang berwenang.

Akan tetapi sebaliknya rumah tangga masih menerima tambahan berupa transfer payments baik dari pemerintah maupun dari perusahaan dan bunga neto atas utang pemerintah.

Apabila pendapatan perorangan dikurangi dengan pajak yang langsung dibebankan pada rumah tangga dan hibah yang diberikan oleh rumah tangga, hasilnya merupakan pendapatan yang siap dibelanjakan.

1 Response to "Pengertian pendapatan perorangan (Personal Income) dan Pendapatan Siap Dibelanjakan (Diposible Income) Beserta Cara Menghitungnya"

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

wdcfawqafwef