Pengertian Retribusi Daerah Beserta Ciri-Cirinya

Retribusi Daerah

Pengertian retribusi adalah pungutan daerah yang diambil oleh pemerintah daerah sebagai pembayaran atas jasa penggunaan fasilitas umum, khusus diberikan oleh pemerintah daerah untuk kepentingan sebuah lembaga atau daerah tersebut.

Retribusi termasuk sumber pembiayaan pemerintah daerah yang digunakan untuk penyelenggarakan semua kebijakan yang telah ditetapkan serta sebgai pembiayaan untuk pembangunan daerah tersebut guna memeratakan kesejahteraan masyarakat.

Untuk daerah seperti kabupaten atau kota diberi wewenang untuk mengelola sumber daya yang tersedia di daerah tersebut, termasuk juga menggali sumber-sumber pemasukan dengan menentukan jenis-jenis retribusi selain yang telah ditetapkan.

Selagi itu sudah memenuhi prosedur yang telah ada kemudian tidak memberatkan masyarakat setempat.

Contoh dari retribusi derah adalah pemerintah daerah memberikan fasilitas umum seperti tempat jual beli, pasar misalnya. Bagi masyarakat yang ingin menyewa dan berjualan dipasar tersebut, maka harus memenuhi persaratan yang ada seperti harus membayar retribusi kebersihan, penggunaan lokasi dan lain-lain. 

Uang tersebut akan menjadi pendapatan daerah yang akhirnya juga akan kembali untuk kesejahteraan pasar. Yaitu untuk membiayai oprasional baik itu dari sisi kebersihan maupun keamanan pasar.

Contoh lainnya yaitu penyediaan retribusi paskir, uang yang terkumpul dari pemakaian jasa parkir tersbut harus diterima oleh daerah tersebut, yang selain berguna sebagai pendapatan asli daerah juga sebagai pembiayaan keperluan-keperluan baik itu ditunjuk untuk individu atau lembaga.

Pengertian Retribusi Daerah Beserta Ciri-Cirinya
Gambar: Penyediaan Retribusi Parkir Oleh Pemerintah Daerah

Pengertian retribusi daerah menurut UU no. 28 tahun 2009 adalah pungutan daerah sebagai pembayaran atas jasa atau pemberian izin tertentu yang khusus disediakan dan/atau diberikan oleh Pemerintah Daerah untuk kepentingan pribadi atau badan. 

Menurut Ahmad Yani Daerah provinsi, kabupaten/kota diberi peluang dalam menggali potensi sumber-sumber keuangannya dengan menetapkan jenis retribusi selain yang telah ditetapkan, sepanjang memenuhi kriteria yang telah ditetapkan dan sesuai dengan aspirasi masyarakat.

Ciri-ciri retribusi daerah 

- Pungutannya melalui pemerintah daerah.

- Dalam pungutannya bisa paksaan, karna telah memakai fasilitas umum daerah.

- Adanya timbul balik secara langsung dari apa yang telah mereka bayarkan (kontraprestasi langsung).

- Penarikan dijatuhkan kepada individu atau lembaga yang telah memanfaatkan jasa-jasa yang telah disediakan oleh Negara.

Tujuan retribusi daerah

  • Untuk mengisi kas Negara bertujuan untuk memenuhi kebutuhan rutin Negara.
  • Untuk memberikan kemakmuran kepada masyarakat dengan penyediaan jasa yang diberikan secara langsung kepada masyarakat dalam bentuk fasilitas umum milik Negara.

0 Response to "Pengertian Retribusi Daerah Beserta Ciri-Cirinya"

Post a Comment

wdcfawqafwef