4 Perbedaan Pajak Dengan Retribusi dan Sumbangan Serta Jenis Pungutan Lainnya

adsense 336x280
Loading...
Pajak merupakan iuran wajib yang harus dibayarkan oleh wajib pajak berdasarkan undang-undang. Sedangkan retribusi iuran yang diambil dari pembayaran jasa seperti dipasar-pasar, untuk setiap penjual harus membayar retribusi kebersihan. Sedangkan apa perbedaan pajak dengan retribusi, berikut penjelasannya.

Pajak, Retribusi dan Sumbangan

Pengertian pajak adalah iuran kepada Negara yang dapat dipaksakan yang berhutang oleh yang wajib membayarnya menurut peraturan-peraturan dengan tidak mendapat prestasi kembali (tidak bisa mendapatkan imbalan yang langsung), yang langsund dapat ditunjuk, dan yang menggunakannya untuk membiayai pengeluaran-pengeluran umum berhubungan dengan tugas Negara yang menyelenggarakan pemerintahan.

Retribusi menurut UU no. 28 tahun 2009 adalah pungutan daerah sebagai pembayaran atas jasa atau pemberian izin tertentu yang khusus disediakan dan/atau diberikan oleh Pemerintah Daerah untuk kepentingan pribadi atau badan. 

Berbeda dengan pajak pusat seperti Pajak Penghasilan dan Pajak Pertambahan Nilai yang dikelola oleh Direktorat Jenderal Pajak, Retribusi yang dapat di sebut sebagai Pajak Daerah dikelola oleh Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda).

Sumbangan adalah pungutan yang dilakukan pemerintah kepada segolongan orang tertentu untuk pengumpulan dana dalam mencapai suatu tujuan dan hasilnya dimasukkan ke dalam kas negara atau daerah.

Perbedaan pajak, retribusi dan sumbangan

Pajak

- Tidak ada kontraprestasi individual secara langsung atau pembayaran. Maksudnya yaitu bagi individu yang telah membayar pajak mereka tidak dapat timbal balik secara langsung dari pajak yang telah mereka bayarkan.

- Berdasarkan pada ketentuan umum perpajakan yaitu undang-undang No. 16 tahun 2000.

Pasal 1
Dalam Undang-undang ini, yang dimaksud dengan :

1. Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan UndangUndang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

2. Wajib Pajak adalah orang pribadi atau badan, meliputi pembayar pajak, pemotong pajak, dan pemungut pajak, yang mempunyai hak dan kewajiban perpajakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.


- Cara pengambilannya oleh pemerintah pusat dan daerah.

- Dipungut sesuai dengan surat ketetapan pajak.

4 Perbedaan Pajak Dengan Retribusi dan Sumbangan Serta Jenis Pungutan Lainnya
Gambar; Pajak dan Retribusi daerah

Retribusi.

- Ada hubungan langsung dari kembalinya prestasi individu setelah dibayarkan. Maksudnya mereka akan mendapatkan timbal hasil secara langsung dari retribusi yang telah mereka bayar.

- Berdasarkan pada undang-undang No. 34 tahun 2000 tentang pajak daeran dan retribusi daerah. 

Kemudian diganti dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2009 Tentang Pajak Daerah Dan Retribusi Daerah bahwa pajak daerah dan retribusi daerah merupakan salah satu sumber pendapatan daerah yang penting guna membiayai pelaksanaan pemerintahan daerah;

Pasal 1:  Daerah Otonom, yang selanjutnya disebut Daerah, adalah kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batas-batas wilayah yang berwenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.

- Cara pengambilannya khusus melalui pemerintah daerah saja.

- Dipungut sesuai dengan surat ketetapan retribusi daerah.

Sumbangan.

- Tidak ada bentuk imbalan atau pembayaran, karna sifatnya sukarela dikarnakan tidak ada unsur paksaan serta golongan yang tertentu saja yang ditunjuk dapat menikmati atas pembayaran tersebut.

- Tidak ada undang-undang yang mengatur khusus mengenai pelaksanaannya dan dipungut menurut prosedur pembayaran yang dapat dilanjutkan.

- Dipungut tidak hanya pemerintah pusat atau pemerintah daerah tetapi bisa juga dipungut oleh yayasan, lembaga kemanusiaan atau sebagainya.

- Tidak ada surat keputusan mengenai pemungutan dan tatacara pembayaran akan tetapi berupa pelayanan kepada public.
Loading...
adsense 336x280
Loading...

0 Response to "4 Perbedaan Pajak Dengan Retribusi dan Sumbangan Serta Jenis Pungutan Lainnya"

Post a Comment