Cara Mengatasi Pengangguran Secara Umum

Loading...
Loading...
Cara mengatasi pengangguran secara umum bisa dengan meningkatkan kepercayaan, menimbulkan jiwa kewirausahaan, memaksimalkan zakat produktif dan membidik usaha-usaha yang besar peluangnnya.

Cara Mengatasi Masalah Pengangguran 

Peningkatan Kepercayaan Diri Remaja Penganggur

Sebagian besar remaja penganggur akan menilai dir inya kurang bila dibanding remaja lain yang masih bersekolah atau sudah bekerja.

Penilaian ini dapat mengakibatkan rendahnya harga diri remaja penganggur, selanjutnya hal ini juga berpengaruh terhadap kepercayaan dirinya.

Remaja penganggur yang rendah kepercayaan dirinya akan “terbenam” pada perasaan tidak mampu, tidak berguna dan merasa pesimis. Hal ini akan sangat merugikan perkembangan kepribadiannya. Untuk itu perlu diupayakan intervensinya.

Salah satu alternatif untuk meningkatkan kepercayaan diri individu adalah dengan kelompok dukungan sosial, remaja penganggur akan lebih dapat menerima dirinya karena ia menyadari bahwa ia tidak sendiri (universalitas) dan melalui kelompok itu ia dapat memperoleh dukungan pada saat diperlukan. Selain itu remaja penganggur dapat saling membantu satu dengan yang lain (altruisme).

Proses ini akan menimbulkan perasaan berarti dan selanjutnya harga diri serta kepercayaan dirinya. Sebagai ringkasan, mekanisme kelompok dukungan sosial untuk meningkatkan kepercayaan diri remaja penganggur adalah sebagai berikut:

Cara Mengatasi Pengangguran Secara Umum
Mekanisme pengingkatan kepercayaan diri melalui kelompok dukungan sosial

Menimbulkan Jiwa Kewirausahaan

Kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses. Inti dari kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (creat new and different) melalui berpikir kreatif dan inovatif. 

Lembaga pendidikan melalui para praktisinya harus lebih konkret dalam menyiapkan program kegiatan pembelajaran yang benar-benar dapat mendorong tumbuh dan berkembangnya spirit kewirausahaan mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. 

Disamping melakukan upaya yang bersifat teknis ilmiah, menurut logika orang beragama, juga harus melakukan upaya yang bersifat non-teknis, yakni meningkatkan intensitas maupun kualitas spiritual. 

Pepatah mengatakan, 
Suatu usaha tanpa disertai do‟a adalah sombong, sedang do‟a tanpa dibarengi usaha adalah kosong”. 
Upaya yang bersifat spiritual ini diasumsikan dapat memberikan optimisme baru akan keberhasilan dalam melakukan aktivitas di bidang kewirausahaan. 

Kecilnya minat berwirausaha di kalangan lulusan perguruan tinggi sangat disayangkan. Harusnya, para lulusan melihat kenyataan bahwa lapangan kerja yang ada tidak memungkinkan untuk menyerap seluruh lulusan perguruan tinggi di Indonesia, para lulusan perguruan tinggi mulai memilih berwirausaha sebagai pilihan karirnya, mengingat potensi yang ada di negeri ini sangat kondusif untuk melakukan wirausaha.

Solusi Mengatasi Pengangguran dengan Membidik Peluang Usaha

Berikut adalah beberapa macam peluang usaha :

1. Peluang usaha pakaian

Jika anda memiliki potensi dalam memahami fashion atau memiliki pengamatan yang baik dengan penilaian yang tepat untuk menghargai sebuah karya pakaian. 

Anda bisa memanfaatkan skill ini untuk mencari relasi yang dapat diajak kerjasama untuk membuka bisnis ini, tentunya dengan kesepakatan yang matang agar tidak merugikan, sebab bisnis ini terbilang laris jika anda selalu up to date dengan model yang sedang tren.

2. Peluang usaha waralaba

Bagi anda yang memiliki bakat memasak atau membuat resep-resep menarik yang sekiranya menjamin mendapat keuntungan. Anda bisa mencoba franchise, catering, ataupun sekedar membuka homerestaurant atau paling tidak warung burjo. Asal jeli melihat pasar, dan mampu bersaiang dengan ide-ide inovatif, niscaya keuntungan akan didapat.

3. Peluang usaha otomotif

Peluang usaha otomotif dijaman sekarang sangat menjamin sebab dijaman yang maju ini, sangat banyak orang kaya memiliki mobil, khususnya kaum pria yang mengoleksi roda.

4. Peluang usaha binatang peliharaan

Salah satu contoh yang kini banyak berkembang dari bisnis ini adalah penitipan barang dan salon peliharaan. Jadi, bukan hanya menjual alat peliharaan dan alat makan ataupun bahan pakannya, tetapi menawarkan fasilitas yang berbeda yang tentunya memiliki standar harga pelayanan yang lebih tinggi.

5. Peluang usaha online

Dengan internet, bisnis apapun yang anda kelola akan menghasilkan income yang lebih besar daripada anda berjualan langsung yang menghabiskan waktu dan tenaga. Dengan hanya bermodal kabel telepon, pulsa, dan computer atau laptop, anda dapat membukakan jaringan dan mitra kerja yang lebih efisien dan praktis.

Mengatasi pengangguran dengan cara memaksimalkan zakat produktif

Secara garis besar zakatproduktif tersebut dapat dikelola, dikembangkan sedemikian rupa sehingga bisa mendatangkan manfaat (hasil), yang mana hasilnya tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan para mustahik.

Harta zakat juga bisa digunakan untuk investasi produktif. Pendayagunaan harta zakat secara produktif untuk konteks sekarang ini sangat diperlukan karena harta zakat tersebut tidak habis begitu saja, melainkan bisa dikembangkan sesuai dengan kehendak dan tujuan dari syari’at zakat, yaitu menghilangkan kemiskinan serta mensejahterakan bagi kaum dhuafa, dengan harapan secara bertahap mereka tidak selamanya menjadi mustahiq melainkan beralih menjadi muzakki

0 Response to "Cara Mengatasi Pengangguran Secara Umum"

Post a Comment