Fungsi Pajak Dalam Pembangunan Suatu Negara Beserta Contohnya

Menurut supramono pajak mempunyai peranna yang sangat penting dalam kehidupan bernegara, khususunya di dalam pelaksanaan pembangunan karena pajak merupakan sumber pendapatan Negara untuk membiayai semua pengeluaran termasuk pengeluaran pembangunan. Berdasarkan hal tersebut maka pajak memiliki fungsi sebagai budgetair, anggaran atau penerima, pengatur (regulered), stabilitas dan pajak sebagai pendapatan. berikut penjelasannya.

Fungsi Pajak

Fungsi pajak sebgai anggaran (Budgetair)

Sebagai sumber pendaptan negara, pajak berfungsi untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran Negara. Untuk menjalankan tugas-tugas rutin Negara dan melaksanakan pembangunan, oleh sebab itu Negara sangat membutuhkan biaya. 

Biaya tersebut dapat diperoleh dari pembayaran wajib pajak. Dewasa ini pajak digunakan untuk pembiayaan rutin seperti belanja begawai, belanja barang, perawatan, dan lain sebagainya. Untuk pembiayaan pembangunan uang dikeluarkan dari tabungan pemerintah, yakni penerimaan dalam negri dikurang pengeluaran rutin.

Tabungan pemerinta ini dari tahun ketahun harus ditingkatkan sesuai dengan kebutuhan pembiayaan pembangunan yang semakin meningkat dan ini terutama diharapkan dari sektor pajak.

Fungsi pajak sebagai pengatur (Regulered)

Pemerintah dapat mengatur pertumbuhan ekonomi negaranya melalui kebijakan pajak. Dengan fungsi mengatur, pajak bisa digunakan sebagai alat untuk mencapai tujuan. 

Contohnya dalam rangka menggiring penanaman modal, baik dalam negeri maupun luar negri, diberikan beberapa fasilitas serta keringanan pajak.

Dalam rangka melindungi produksi dalam negri pemerintah menentapkan bea masuk yang tinggi untuk produsi luar negri. 

Contoh pajak sebagai pengatur yaitu pajak PPnBM yang dikenakan pada barang mewah, dengan tujuan untuk mengatur agar masyarakat tidak berkonsumtif dalam berbelanja barang mewah.

Kemudian penetapan peraturan bahwa semakin tinggi komoditi ekspornya maka semakin kecil bea yang dikenakan dan sebaliknya. Hal tersebut bertujuan untuk mendorong perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia meningkatkan komoditi ekspornya.

Fungsi Pajak Dalam Pembangunan Suatu Negara Beserta Contohnya
PPnBM (Pajak Penjualan Atas Barang Mewah)

Kemudia pajak yang diberikan kepada miras atau minuman keras dan rokok, bertujuan untuk mengurangi konsumsi barang tersebut bahkan tidak mengonsumsinya. Seharusnya hal tersebut dibuat peraturan atas pelarangannya bukan sekedar ditekan dengan pajak. 

Realitanya setinggi apapun pajak yang dikenakan pada miras tersebut atau rokok, tetap saja pabrikan-panrikannya tetap berdiri.

Dikarnakan pajaknya telah ditanggung oleh konsumen, dari pemberian harganya. Dan seolah olah Negara sekarang ketergantungan dengan pajak rokok tersebut. Karna pajak yang dikeluarkan pabrikan rokok tersebut besar, sehingga menjadi perselisihan mengenai pelarangannya.

Fungsi pajak sebagai stabilitas

Dengan adanya pajak pemerintah memiliki dana untuk menjalankan kebijakan yang berhubungan dengan stabilitas harga sehingga inflasi bisa ditekan atau dikendalikan. Hal tersebut bisa dilakukan. Ketika uang yang beredar pada masyarakat itu banyak sehingga terjadi inflasi. 

Maka untuk menekan inflasi dengan cara menarik uang yang beredar pada masyarakat dengan cara meninggikan pajak pada masyarakat. Sehingga uang yang beredar dapat terkendali. Contoh pajak sebagai stabilitas yaitu mengatur predaran uang agar tidak terjadi inflasi

Fungsi pajak sebagai retribusi pendapatan

Pajak yang sudah terkumpul pada Negara maka akan dialokasikan untuk pembiayaan semua kepentingan umum, termasuk juga pembiayaan pembangunan sehingga dapat membuka kesempatan kerja. Yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan masyarakat. Dan tentunya akan meningkatkan pendapatan Negara tersebut. 

0 Response to "Fungsi Pajak Dalam Pembangunan Suatu Negara Beserta Contohnya "

Post a Comment

wdcfawqafwef