Macam-Macam dan Cara Mengatasi Pengangguran Terbuka Menurut Para Ahli

Pengangguran termasuk masalah yang masih menjadi persoalan yang belum mendapatkan solusi yang mampu untuk menekan atau mengurangi. Mungkin dikarnakan terlalu seringnya masyarakat diberikan berupa bantuan instan yang seringnya dalam bentuk uang muka. Dengan tidak sengaja itu mencetak manusia yang manja tidak mau berusaha. Sehingga pada akhirnya mereka lebih suka menunggu dari pada menciptakan lowongan pekerjaan. 

Pengangguran Terbuka

Penganggurun terbuka adalah mereka yang tidak mau bekerja karena mengaharapkan pekerjaan yang lebih baik (sukarela) dan maupun secara terpaksa yaitu mereka yang mau bekerja namun tidak memperoleh pekerjaan. Pengangguran ini terjadi karena angkatan kerja tersebut belum mendapat pekerjaan padahal telah berusaha secara maksimal atau dikarenakan faktor malas mencari pekerjaan atau malas bekerja.

Macam-macam pengangguran terbuka

Pengangguran musiman 

Pengangguran musiman yaitu pengangguran yang terjadi dikarnakan pergantian tren atau musim sehingga orang yang bekerja tersebut kehilangan pekerjaannya dikarnakan semakin hilangnya tren tersebut. 

Contohnya yang sebelumnya masih tren batu akik di indonesia, angka pengangguran sangat drastis turun dari yang tinggi menjadi lebih rendah dikarnakan kebanyakan masyarakat membuka usaha batu akik. Selain itu angka perceraian juga berkurang, bisa disimpulkan bahwa perceraian bisa disebabkan oleh keadaan ekonomi.

Namun ketika semakin hilangnnya isu batu akik maka semakin banyak penjual batu akik yang menganggur karna hanya bergantung pada usaha tersebut.

Pengangguran Konjungtural 

Pengangguran Konjungtural  yang disebabkan berkurangnnya permintaan barang atau jasa. Contohnya ketika masih jarang buah duku atau pepaya, maka para penjual akan menjualnya dengan harga tinggi. 

Sedangkan ketika musim duku atau pepaya itu secara bersamaan datang maka harganya semakin rendah bahkan tidak ada lagi permintaan atas barang tersebut dikarnakan begitu banyaknya buah yang didapatkan tanpa harus dibeli (dengan memanen). Jadi para penjual buah duku atau pepaya tersebut harus mencari solusi lain jika tidak mereka akan menganggur.

Macam-Macam dan Cara Mengatasi Pengangguran Terbuka Menurut Para Ahli
Jadikan pekerjaan anda sebuah ibadah

Pengangguran sukarela 

Pengangguran sukarela yaitu pengangguran yang terjadi karna merasa cukup akan penghasilan yang dia peroleh, padahal jika dia mau untuk menambah penghasilannya bisa, namun dia memilih untuk mencukupinya.

Pengangguran deflasioner 

Pengangguran deflasioner yaitu penganggruan yang disebabkan oleh sedikirnya lowongan pekerjaan namun tingginya tingkat angkatan kerja tiap tahunnya, sehingga terbatas.

Pengangguran teknologi 

Pengangguran teknologi  yaitu dikarnakan semakin berkembangnya teknologi di era ini. Yang kebanyakan pabrikan lebih memilih untuk menggurangi karyawannya kemudian digangti dengan teknologi yang lebih canggih. 

Mengingat biaya oprasional yang irit simpel, dan lebih sepat serta lebih akurat dibandingkan dengan penyakit human eror yang sewaktu-waktu akan terjadi. Selain itu mudah untuk diarahkan dan untuk diperbarui,

Cara mengatasi pengangguran terbuka

1. Peningkatan SDI (sumber daya insani), yaitu dengan mengadakan pelatihan kewirausahaan kepada masyarakat yang sesuai dengan kemampuan kebanyakan masyarakat tersebut ditambah dengan sumberdaya yang tersedia. Selain itu diberikan modal yang akan digunakan untuk menunjang usaha tersebut. 

2. Pemerdayaan Zakat yang maksimal, yaitu dengan memperdayakan uang zakat secara maksimal yaitu dengan pemberian pelatihan dan pemodalan kepada mustahik (yang berhak menerima zakat) dengan harapan tahun depannya mereka sudah menjadi muzakki (yang membayar zakat).

3. Memperluas kesempatan kerja dengan cara memanfaatkan usaha-usaha yang mampu menampung pekerja yang banyak. 

4. Mempermudah ijin usaha, terutama UMKM yang dimana saat ini masih sangat membutuhkan dukungan dari masyarakat. 

0 Response to "Macam-Macam dan Cara Mengatasi Pengangguran Terbuka Menurut Para Ahli"

Post a Comment

wdcfawqafwef