Pengertian dan Rumus Perputaran Persediaan Menurut Para Ahli

Untuk mengetahui sebesar apa efektifitas suatau perusahaan dalam mengelola aktiva yang dimiliki perusahaan tersebut, rasio aktivitas lah yang digunakan. Serta untuk mengetahui rasio aktivitas maka ada beberapa rasio yang digunakan yaitu rasio perputaran persedian, perputaran aktiva tetap, rasio perputaran total aktiva dan perputaran piutang. Berikut penjelasan mengenai pengertian beserta rumusnya.

Rasio Aktivitas 

Rasio aktivitas adalah rasio digunakan untuk mengetahui seberapa besar tingkat rasio yang digunakan untuk mengukur efisiensi atau efektivitas suatu perusahaan dalam memakai aktiva yang dimilikinya.

Rasio aktivitas yang rendah pada tingkat penjualan tertentu akan mengakibatkan semakin besarnya dana kelebihan yang tertenam pada aktiva lain yang lebih produktif. Rasio yang digunakan adalah;

1. Rasio Perputaran Persediaan (Inventory turnover ratio

Rasio perputaran persediaan digunakan untuk mengukur aktivitas atau likuiditas dari persediaan perusahaan. Maksudnya yaitu mengukur tingkat efisiensi suatu perusahaan dalam mengelola dan menjual persediaan yang dimiliki oleh perusahaan.

Efektifitas manajemen persediaan ditunjukan oleh tingginya perputaran persediaan dalam satu tahun. Sedangkan pengendalian atas perediaan yang kurang efektif ditunjukan dengan rendahnya perputaran persediaan dalam satu tahun. Rumus yang digunakan adalah:

                                                                                  Harga  Pokok  Penjualan
Inventory Turn-over (perputaran persediaan)  = --------------------------------------- x 1 kali
                                                                                  Rata-rata Persediaan

Rasio ini digunakan untuk mengetahui seberapa tingkat efektivitas perusahaan dalam mengelola persediaannya. Semakin tinggi tingka perputarannya maka semakin efektif juga pengelolaan pesediaannya.

Pengertian dan Rumus Perputaran Persediaan Menurut Para Ahli

2. Perputaran aktiva tetap

Rasio ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar suatau perusahaan dalam menghasilkan laba dalam penjualannya berdasarkan aktiva tetap yang dimiliki perusahaan. Rasio ini digunakan untuk mengetahui seberapa efektivitas suatu perusahaan dalam menggunakan aktiva tetap tersebut.

Semakin tinggi rasio ini berarti semakin efektif proporsi aktiva tetap tersebut. Mungkin tingkat penilayai setiap industry berbeda-beda, ada yang mengangap bahwa rasio ini penting untuk diperhatikan sehingga perusahaan tersebut memiliki aktiva tetap yang tinggi.

Sedangkan ada beberapa industri jasa yang menilai bahwa rasio tersebut tidak terlalu penting untuk diperhatikan, sehingga perusahaan tersebut memiliki proporsi aktiva tetap yang kecil. Untuk menghitung perputaran aktiva tetap dapat menggunakan rumus sebagai berikut:

                                                 Penjualan
Perputaran Aktiva Tetap = ----------------------
                                               Aktiva Tetap

Rasio ini digunakan untuk mengetahui efektivitas perusahaan dalam penggunaak aktiva tetap untuk menghasilkan laba. Sehingga semakin tingkat perputarannya maka semakin efektif penggunaan aktiva tetapnya.

3. Rasio Perputaran Total Aktiva (Total Asset Turn Over Ratio

Sama halnya dengan rasio perputaran aktiva tetap, rasio ini menghitung efektivitas penggunaan total aktiva tetap. Perputaran total aktiva menunjukkan efisiensi dimana perusahaan menggunakan seluruh aktivanya untuk menghasilkan penjualan.

Tingkat rasio yang tinggi menunjukan bahwa perusahaan tersebut memiliki manajemen yang baik, begitu sebaliknya tingkat rasio yang rendah menunjukan perusahaan tersebut memiliki tingkat manajerial yang rendah juga, dan seharusnya perusahaan tersebut harus membentuk manajemen mengevaluasi strategi, pemasarannya, dan pengeluaran investasi atau modalnya.
Rumus yang digunakan adalah:

                                                Penjualan
Total Asset Turn-over = ----------------------- x 1 kali
                                            Modal  Aktiva

Rasio ini digunakan untuk mengukur efektivitas pemanfaatan aktiva dalam memperoleh penjualan. Jadi semakin tinggi tingkat perputarannya maka semakin efektif perusahaan dalam memanfaatkan aktivanya.

4. Perputaran piutang

Rasio ini digunakan untuk mengetahui berapa rata-rata piutang yang terkumpul dalam satu tahun. Rasio ini digunakan untuk mengetahui tingkat efissiensi dan kualitas utang suatu perusahaan dalam mengumpulkan piutang dan kebijakan kreditnya.

Semakin lama jangka waktu pelunasannya,semakin besar pula resiko kemungkinan tidak tertagihnya piutang. Rumus yang digunakan adalah:

Penjualan bersih
Perputaran piutang = ----------------
Rata-rata piutang dagang


0 Response to "Pengertian dan Rumus Perputaran Persediaan Menurut Para Ahli"

Post a Comment

wdcfawqafwef